Update Harga Meja Billiard Murrey Superior 7 Feet Baru dan Bekas

Di Indonesia, termasuk salah satu permainan yang cukup diminati banyak kalangan, meskipun masih kalah populer dibandingkan olahraga sepak bola atau badminton. billiard mulai dari cue ball, stik, kapur stik, rak billiard, sarung tangan, dan meja biliard. Meja billiard menjadi peralatan utama yang dibutuhkan saat bermain. Nah, salah satu merk meja billiard yang cukup hits adalah Murrey. Meja billiard Murrey sudah dijual di pasaran dengan kondisi baru dan bekas dengan harga berbeda-beda.

Bermain billiard (unsplash: Dimitri Bong)
Bermain billiard (unsplash: Dimitri Bong)

Sejarah Billiard 

Sebelum membahas lebih detail mengenai meja billiard merk Murrey, pasti banyak yang belum tahu terkait perkembangan permainan bola sodok yang satu ini. Banyak yang mempertanyakan asal permainan billiard. Beberapa sumber menyatakan billiard diduga berasal dari Perancis, Italia, Spanyol, hingga Tiongkok. Ada pula yang menyebutkan billiard berasal dari Eropa Timur, yang populer dengan olahraga croquet atau kriket. Pasalnya, kriket menjadi cikal bakal billiard.

Bacaan Lainnya

Kata dalam bahasa Inggris yakni billiard sendiri diperkirakan berasal dari kata billart yang berarti tongkat kayu atau bille yang berarti bola. Awalnya, permainan ini dimainkan dengan dua bola pada meja yang berkantong enam dengan gawang seperti dalam permainan croquet dan tongkat lurus yang digunakan sebagai sasaran. Biliar dikenal sebagai cabang olahraga yang masuk dalam kategori olahraga konsentrasi, sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental optimal serta kemampuan fisik yang prima.

Baca juga  Update Harga Granit Roman 60x60 dan 30x60

Pada abad ke-15, billiard dimainkan di lapangan atau taman hingga akhirnya berpindah ke dalam ruangan dengan meja yang diberi taplak berwarna hijau menyerupai rumput. Memasuki abad ke-18, gawang dan sasaran pun tidak lagi digunakan, hanya tinggal bola-bola dan -kantongnya saja. Tak heran, permainan yang sering dimainkan kaum bangsawan ini pernah populer dengan nama Noble of Billiards dan karya Shakespeare yang menyebut billiard sebagai old egyptian sport (olahraga Mesir kuno) yang tertera pada karyanya, Antony and Cleopatra. Di Inggris, permainan billiard semakin populer pada tahun 1675 hingga diterbitkan buku peraturan billiard.

Sementara itu, perkembangan billiard di Indonesia diketahui saat -negara Eropa melakukan penjajahan ke daratan Asia. Hal tersebut justru membuat olahraga billiard sangat populer di Asia, dibandingkan di negara asalnya. Bahkan, para pemain profesional billiard didominasi oleh orang-orang Asia. Terbukti dari munculnya pemain-pemain Asia yang sering menjuarai pertandingan billiard bergengsi, seperti Efren Reyes, Francisco Bustamante (Filipina), dan Cho Fong Pang (Taiwan).

Peralatan Billiard 

Dilihat dari perkembangannya, tongkat billiard awalnya memiliki ujung yang besar, sehingga terbilang sulit digunakan. Ujung tongkat billiard yang dipegang disebut “queue” yang berarti ekor. Kemudian didapatkan kata “cue”, yang digunakan sebagai istilah untuk pemukul bola hingga kini. Ujung cue dari kulit mulai disempurnakan pada tahun 1823, berguna bagi para pemain untuk menghasilkan putaran samping (side-spin). Kapur pun mulai digunakan untuk meningkatkan gesekan antara bola dengan cue, bahkan sebelum cue berujung.

Baca juga  Info Update Harga Hamster Campbell

Meja untuk permainan ini pada awalnya mempunyai pembatas vertikal di tepiannya yang berfungsi untuk mencegah bola jatuh. Pembatas tersebut serupa dengan tepi sungai (riverbanks) hingga disebut banks. Bola-bola tersebut dapat memantul hingga para pemain akan dengan sengaja mengarahkan pukulannya ke pembatas itu, yang kemudian terciptalah pukulan bank shot.

Dari sekian banyak brand meja billiard, Murrey merupakan salah satu merk meja billiard yang populer di pasaran. Hadir dalam beberapa varian, mulai dari 7 ft pool, 8 ft pool, 9 ft pool, 10 ft carom, dan 12 ft snooker, berikut ukuran meja billiard Murrey Superior selengkapnya.

Meja billiard Murrey (sumber: kaskus)
Meja billiard Murrey (sumber: kaskus)

Ukuran Meja Billiard Murrey Superior

Tipe Meja Ukuran Ruangan
7 ft Pool 397 cm x 498 cm
8 ft Pool 412 cm x 529 cm
9 ft Pool 422 cm x 549 cm
10 ft Carom 438 cm x 580 cm
12 Snooker 473 cm x 652 cm

Dari semua tipe meja di atas, dua jenis varian yang kerap dipakai yakni 7 feet dan 9 feet. Lalu, berapa harga meja billiard tersebut di pasaran saat ini?

Baca juga  Update Harga Cat Tembok Avitex Kemasan 5 Kg

Harga Meja Billiard Murrey Superior 7 Feet 

Kondisi Meja Billiard Harga
Meja Billiard Murrey Superior 7 Feet Baru Rp33.835.000
Meja Billiard Murrey Superior 7 Feet Bekas Rp12.500.000

Informasi harga meja billiard Murrey 7 Feet X Factor kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga meja billiard Murrey Superior 7 Feet di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, meja billiard Murrey 7 Feet X Factor baru semula dijual seharga Rp36 juta, sekarang turun menjadi Rp33,8 jutaan per unit. Sementara, harga meja billiard Murrey 7 Feet X Factor bekas naik dari Rp6,9 juta menjadi kisaran Rp7 juta hingga Rp12,5 juta per unit.

Ilustrasi: Meja Billiard Murrey Superior (credit: Facebook/Redball Billiard Taman Palem)
Ilustrasi: Meja Billiard Murrey Superior (credit: Facebook/Redball Billiard Taman Palem)

Selain 7 Feet X Factor, Murrey juga meluncurkan seri produk 9 Feet X Superior. Produk tersebut dapat dijadikan pilihan Anda meskipun harganya sedikit lebih mahal. Berikut kisaran harga meja billiard Murrey 9 Feet X Superior kondisi baru dan bekas.

Harga Meja Billiard Murrey 9 Feet X Superior

Kondisi Meja Billiard Harga
Meja Billiard Murrey 9 Feet X Superior Baru Rp38.100.000
Meja Billiard Murrey 9 Feet X Superior Bekas Rp17.500.000

Untuk billiard, Anda dapat membeli secara terpisah. Nah agar tidak bingung, Anda dapat membeli langsung di toko perlengkapan billiard terlengkap seperti Isak Billiard di Surabaya atau memesannya secara online melalui beberapa marketplace dengan harga terbaik. Perlu diketahui, harga jual meja billiard Murrey Superior tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *