Info Harga Mangkok Ayam Jago 1 Lusin di Pasaran

Mangkuk atau mangkok adalah yang berbentuk setengah lingkaran, terbuat dari porselen, batu, plastik, logam, atau gelas. Bentuknya yang setengah lingkaran digunakan untuk meletakkan makanan yang berkuah banyak (tidak mudah tumpah). Di pasaran, tersedia berbagai macam model dan varian mangkok. Salah satu yang paling adalah mangkok cap jago yang dijual Rp100 ribuan per lusin.

Bakso di atas mangkuk ayam jago (youtube: YukepoTV)

Bakso di atas mangkuk ayam jago (youtube: YukepoTV)

Selain digunakan untuk kebutuhan dapur, beberapa mangkok berfungsi sebagai penghias ruangan, biasanya berupa mangkuk yang banyak hiasannya atau berbahan logam mulia atau batu mulia. Mangkuk juga ada bermacam-macam ukuran. Untuk mangkuk sekali pakai biasanya digunakan dari kertas atau styrofoam.

Nah, untuk jenis mangkok cap ayam jago sendiri, mangkok ini sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak lama. Mangkuk ini memiliki ciri khas yang tidak dimiliki mangkuk lain yakni gambar ayam jago berjengger merah yang berdiri di samping bunga.

Bagi yang sering menjelajahi kuliner lokal, mangkok bergambar ayam jago pasti melekat dalam ingatan. Saking ikoniknya, Anda mungkin tak ambil pusing atau bahkan memikirkannya ketika lagi makan. Yang pasti, Anda tahu mangkok ayam jago identik dengan jajanan pinggir jalan.

Sejarah Mangkok Ayam Jago

Mangkok ayam jago dikatakan sudah melegenda sejak tahun 1970 dan 1980-an. Bagi sebagian orang, mangkok ayam jago bisa menjadi pengikat ingatan kolektif ketika menyantap bakso atau mie ayam di warung favorit. 

Hampir di seluruh wilayah di Indonesia Anda dapat menemukan mangkok bergambar ayam jago ini. Kendati demikian faktanya mangkuk fenomenal itu bukanlah asli Indonesia. Jika Anda balik mangkuk itu Anda akan melihat tulisan berwarna hitam yang berbunyi ‘Made in China’.

Walaupun hanya sebagai makanan yang dipakai pedagang-pedagang kaki lima, mangkuk berlatar belakang putih itu ternyata punya sejarah panjang. Mangkuk ini menjadi bukti penyebaran budaya Tiongkok ke beberapa negara di Asia.

Mangkuk ayam jago (sumber: vice.com)

Mangkuk ayam jago (sumber: vice.com)

Pertama kali mangkuk ayam jago ini dipakai oleh bangsa Tiongkok kuno di Dinasti Ming. Mangkuk ini mulai tersebar ke berbagai negara berkat pedagang yang membawa mangkuk itu selama perjalanan.

Meski demikian banyak juga peneliti yang mengatakan kalau mangkuk ini berasal dari Thailand. Mereka percaya kalau gambar ayang yang ada di mangkuk tersebut adalah gambar ayam hutan Gallus gallus yang telah diternakkan sejak 8000 SM.

Gambar ayam jago yang terdapat pada mangkuk pun punya arti khusus. Berdasarkan berbagai sumber ayam jago pada mangkuk melambangkan kemakmuran. Dalam budaya Tiongkok, ayam jago dikaitkan dengan kelancaran rezeki.

Mangkok ayam jago nyatanya tidak hanya ada di Indonesia saja, di beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, Tiongkok, hingga Singapura juga memiliki mangkung dengan gambar ini. Bahkan lebih dari itu kepopuleran gambar ayam jago itu juga muncul di beberapa film.

Hati-Hati Dengan Gambar Ayam Jago

Hingga saat ini, gambar ayam jago yang melekat pada mangkuk yang legendaris tersebut menjadi inspirasi para kaum muda kreatif untuk membuat beragam aksesoris, seperti tas, kaos, topi, selendang, sarung bantal hingga selampai. Penggemarnya pun juga tak kalah heboh. Mereka bahkan menunjukkan rasa bangganya dengan melakukan swafoto bersama barang-barang bergambar ayam jago. 

Ada juga produsen alat makan yang memproduksi varian mangkok dan piring menggunakan gambar ayam jago. Melihat hal ini, produsen asli mangkok ayam jago mengimbau agar pengusaha lainnya tidak menggunakan desain gambar yang sama.

Meski punya sejarah panjang, sebaiknya Anda lebih berhati-hati jika ingin membuat mangkuk ayam jago atau mengkreasikannya ke media lain seperti tas, topi dan mug. Hal tersebut lantaran sudah ada satu perusahaan yang memiliki hak cipta atas gambar itu.

Mangkuk ayam jago (sumber: idntimes.com)

Mangkuk ayam jago (sumber: idntimes.com)

Pada surat kabar Kompas tanggal 4 September terdapat pengumuman dari PT Lucky Indah . Berdasarkan Sertifikat Pendaftaran Merek nomor IDM00366635, hanya PT Lucky Indah yang memiliki hak untuk memproduksi barang-barang dengan gambar ayam jago.

PT Lucky Indah Keramik juga memperingatkan bagi para produsen, importir, distributor, agen ataupun pengecer untuk tidak membeli, menyimpan, mengimpor dan memperdagangkan barang-barang yang bergambar ayam jago. PT Lucky Indah Keramik hanya menunjuk PT Kencana Makmur Mitra Abadi sebagai distributor tunggal.

Bagi orang atau perusahaan yang melanggar peringatan tersebut maka akan dikenakan sanksi atau pidana dengan Pasal 100 ayat 1 UU Nomor 20/2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis.

  1. Setiap orang yang dengan tanpa hak menggunakan Merek yang sama pada keseluruhannya dengan Merek terdaftar milik pihak lain untuk barang dan/atau jasa sejenis yang diproduksi dan/atau diperdagangkan, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp2.000.000.000 (dua miliar rupiah).
  2. Setiap orang yang dengan tanpa hak menggunakan Merek yang mempunyai persamaan pada pokoknya dengan Merek terdaftar milik pihak lain untuk barang dan/atau jasa sejenis yang diproduksi dan/atau diperdagangkan dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp2.000.000.000 (dua miliar rupiah).

Mangkok Ayam Jago

Seperti yang sudah dikatakan di atas, saat ini sudah banyak pedagang baik online maupun offline yang menjual mangkok ayam cap jago. Jika Anda melakukan penelusuran di situs jual beli online populer, Anda akan menemukan beragam harga jual mangkok cap ayam jago. Beberapa penjual menjual mangkok ayam jago ini dengan harga berkisar Rp70 ribu hingga Rp100 ribuan per 1 lusin.

Sementara, untuk 1 dinner set ayam jago berisi piring, mangkok, dan gelas dijual lebih mahal, yakni Rp270 ribuan. Anda juga bisa membeli mangkok ayam jago berukuran kecil atau mini yang dibanderol dengan harga lebih murah, yakni berkisar Rp40 ribu hingga Rp60 ribu per lusin (isi 12). 

Baca juga  Harga Terbaru Handbody Natur E (All Varian) dan Produk Lainnya
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Info Harga Mangkok Ayam Jago 1 Lusin di Pasaran"