Harga Malkist Kokola 1 Dus dan Eceran

Biskuit termasuk camilan yang menjadi favorit banyak orang. Bahkan, tidak sedikit yang menjadikan ini sebagai pengisi perut lapar apabila masih enggan mengonsumsi nasi. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak varian biskuit yang dapat ditemukan, dan salah satu yang cukup populer adalah Malkist Kokola. Merupakan brand lokal, Anda bisa membeli produk ini secara eceran maupun langsung 1 dus dengan harga yang sangat terjangkau.

Harga Malkist Kokola - (shopee.co.id)
Harga Malkist Kokola – (shopee.co.id)

Sebagian besar dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan biskuit. Biskuit adalah merupakan sejenis makanan yang terbuat dari tepung terigu dengan penambahan bahan makanan lain, dengan proses pemanasan dan pencetakan.[1] Biskuit juga dapat dikatakan sebagai yang memiliki rasa , berbentuk , dan diperoleh dari proses pengovenan dengan bahan dasar tepung terigu, margarin, gula halus, dan kuning telur.[2]

Bacaan Lainnya

Umumnya, biskuit memiliki kadar air yang sangat rendah, mulai 2%. Namun, apabila dibiarkan dalam udara terbuka, produk tersebut akan menyerap air sehingga kadar airnya akan meningkat mencapai 4,5%. Peningkatan kadar air tersebut akan menyebabkan biskuit mengalami perubahan mutu, termasuk tekstur yang akan menjadi lembek.[3]

Meskipun memiliki tampilan yang mirip, ternyata biskuit yang dijual di pasaran hadir dalam beragam istilah. Ada biskuit crackers, biskuit sandwich, hingga biskuit malkist. Biasanya, penggolongan tersebut didasarkan pada bentuk dan rasanya. Selain itu, adonan, tekstur dan kerenyahan masing-masing jenis biskuit juga berbeda.

Review Malkist Kokola

Nah, salah satu varian biskuit yang populer di pasaran dalam negeri adalah malkist. Malkist, atau kerap juga disebut malkist crackers, adalah produk camilan kemasan yang terbuat dari tepung, biasanya memiliki permukaan yang menggembung dan tidak merata serta ditaburi tambahan seperti gula atau selai di permukaannya.[4] Karena kadar airnya sangat rendah, malkist memiliki tekstur yang renyah ketika digigit.

Sudah ada banyak merk biskuit malkist yang dapat Anda temukan, salah satunya produksi Kokola. Kokola sendiri adalah brand lokal yang berada di bawah naungan PT Mega Global Food Industry yang berbasis di Kabupaten Gresik. Biskuit Kokola dikatakan dikreasikan oleh putra-putri sejak lebih dari 40 tahun yang lalu dan diproses dari bahan pilihan serta teknologi terkini yang menjamin keamanan pangan.

Dilansir dari katalog resmi perusahaan, malkist Kokola diberi nama Kokola Malkist Susu. Seperti namanya, ini adalah biskuit dengan tambahan rasa susu di dalamnya, cocok sebagai camilan tidak hanya orang dewasa, tetapi juga balita. Pada tahun 2016 lalu, Kokola juga menghadirkan Kokola Malkist Susu Halal untuk mengakomodasi konsumen di Indonesia yang sebagian besar adalah Muslim.

Menurut review sejumlah konsumen, Kokola Malkist Susu merupakan camilan yang pas dijadikan teman saat bersantai minum teh atau . Produk ini juga bisa menjadi kudapan saat sibuk mengerjakan tugas kuliah atau skripsi. Bahkan, beberapa mengatakan bahwa biskuit tersebut menjadi andalan ketika sakit maag kambuh dan perut rewel.

Selain Malkist Susu, Kokola juga sempat meluncurkan Malkist Olezz, sebuah biskuit dengan krim seperti strawberry, cokelat, dan keju. Produk ini menjadi pilihan banyak orang karena menawarkan perpaduan kerenyahan biskuit dan olesan rasa-rasa. Walau sudah tidak terdapat dalam katalog resmi, tetapi masih banyak toko yang menjual varian ini.

Menurut keterangan resmi perusahaan, Kokola Malkist Susu sekarang tersedia dalam tiga kemasan. Apabila Anda tertarik dengan biskuit ini, Anda bisa membelinya di pasar tradisional, minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, swalayan, atau memesan lewat situs e-commerce. Sebagai referensi, berikut harga malkist Kokola saat ini di pasaran.

Camilan Biskuit Favorit - (www.scmp.com)
Camilan Biskuit Favorit – (www.scmp.com)

Harga Malkist Kokola 1 Dus

Kemasan Malkist Kokola Harga
Malkist Kokola 14,5 gr Rp83.000 per dus
Malkist Kokola Olezz 100 gr Rp142.500 – Rp160.000 per dus
Malkist Kokola 238 gr Rp157.300 – Rp183.000 per dus

Untuk malkist Kokola kemasan 14,5 gram, 1 dus biasanya berisi 180 pcs. Sementara itu, untuk kemasan 238 gram, 1 dus biasanya berisi 18 pcs. Selain membeli 1 dus langsung, Anda pun bisa membeli malkist Kokola secara eceran atau satu buah. Biasanya, ini menjadi pilihan anak-anak apabila ingin jajan dengan harga murah tetapi tetap menyehatkan. Sebagai referensi, berikut informasi terbaru harga malkist Kokola eceran di pasaran saat ini.

Harga Malkist Kokola Eceran

Kemasan Malkist Kokola Harga
Malkist Kokola 14,5 gr Rp1.000
Malkist Kokola Olezz 100 gr Rp6.300
Malkist Kokola 238 gr Rp7.350 – Rp8.820

Informasi harga malkist Kokola di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk swalayan dan sejumlah situs online. Perlu Anda ingat bahwa harga malkist Kokola tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai catatan, khusus untuk kemasan 238 gr, ada juga penjual yang menuliskannya 225 gram saat menawarkan produk ini di online shop.

[1] Badan Standardisasi Nasional. 1992. SNI 01-2973-1992 Mutu dan Cara Biskuit. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional.

[2] Wulandari, Mita dan Erma Handarsari, 2010.Pengaruh Penambahan Bekatul terhadap Kadar Protein dan Sifat Organoleptik Biskuit. Jurnal Pangan dan Gizi, Vol. 01(02): 55-62.

[3] Hariyadi, Purwiyatno. 2019. Masa Simpan dan Batas Kedaluwarsa Produk Pangan: Pendugaan, Pengelolaan, dan Penandaannya.. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm. 87.

[4] Barezky, Annisa Noranda. 2021. Strategi Pemasaran Malkist Crackers Produksi Indonesia Melalui Pendekatan Product Positioning (Tugas Akhir). Studi Teknik Industri Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Industri UPN Veteran Yogyakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *