Info Terbaru Harga Lem Kayu Rajawali Putih dan Kuning

Lem menjadi kebutuhan utama jika Anda memiliki usaha di bidang furniture. Selain itu, lem tersebut juga dibutuhkan jika ada perabotan berbahan kayu yang rusak. Sementara ada banyak merk lem kayu yang dijual di pasaran, brand Rajawali menjadi pilihan banyak orang karena dinilai memiliki harga ekonomis dengan banyak varian kemasan.

Lem kayu (sumber: apelusa.com)
Lem kayu (sumber: apelusa.com)

Lem Rajawali

Lem kayu Rajawali memiliki fungsi utama sebagai perekat antara kayu dengan kayu, sehingga kayu dapat melekat dengan kuat.[1] Kebanyakan orang memanfaatkan lem tersebut untuk membuat furniture dengan kayu sambungan. Sehingga, mebel yang dibuat bisa awet dan sambungannya tidak mudah patah.

Bacaan Lainnya

Selain dipakai untuk membuat mebel, lem kayu Rajawali memiliki banyak fungsi lainnya. Bagi Anda yang memiliki perabotan kayu rusak, Anda bisa memperbaikinya dengan lem ini. Contohnya, jika Anda memiliki lemari kayu dengan bagian yang lepas, Anda bisa merekatkan kembali memakai lem Rajawali.

Lem Rajawali juga sering dipakai untuk membuat aneka kerajinan tangan. Ini karena sifat lem yang bisa menjadi transparan setelah kering. Meskipun pada dasarnya lem Rajawali memiliki warna putih susu dan kuning, sesaat setelah dioleskan pada kayu atau benda lainnya, maka warna putih dan kuning tersebut akan pudar dan hilang. Sehingga, benda yang direkatkan tampak seperti melekat secara natural.

Tips Membuat Kerajinan dengan Lem Rajawali

Ada beberapa benda kerajinan tangan yang bisa Anda buat memakai lem Rajawali, seperti lampion. Untuk membuat lampion, Anda harus menyiapkan lem Rajawali, benang, gunting, balon, dan alat pompa. Pastikan Anda memilih balon dengan lapisan karet yang tebal dan tidak mudah pecah, sehingga lampion akan berbentuk bulat sempurna.

Tiup atau pompa balon hingga mengembang dan ikat bagian bawahnya menggunakan benang. Setelah itu, lapisi permukaan balon dengan lem kayu Rajawali hingga merata. Lilitkan benang untuk menutupi seluruh permukaan balon yang sudah dilapisi lem. Biarkan sekitar 2 menit, kemudian lapisi benang dengan lem Rajawali lagi hingga merata.

Agar lampion Anda kuat dan tidak mudah berubah bentuk, ulangi cara tersebut sebanyak tiga kali dengan lapisan akhir lem kayu Rajawali. Biarkan balon yang ditutupi benang dan lem selama 24 jam atau hingga benang mengeras dan kaku. Setelah itu, gunting bagian dalam balon untuk mengeluarkan balonnya.

Lubagi lampion di bagian atas dan bawah sebagai tempat untuk memasang lampu. Pasanglah lampu dengan rangkaian sederhana menggunakan fitting, kabel, dan colokan. bohlam pada fitting dan colokan kabel pada stop kontak, maka lampion Anda sudah jadi. Akan lebih baik lagi jika Anda memasang saklar pada bagian kabel, sehingga Anda bisa mengatur nyala dan matinya lampu.

Lem Rajawali juga bisa dijadikan sebagai bahan pendukung untuk membuat boneka kertas. Caranya tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyiapkan kertas koran, gunting, lidi, dan lem Rajawali. Sebagai pelengkap, Anda bisa menyiapkan sepasang mata boneka dan ornamen lainnya.

Potong kertas koran dengan bentuk memanjang dengan lebar 1 cm. Pada bagian ujung kertas koran, oleskan sedikit lem Rajawali dan pakailah lidi untuk menggulungnya. Gulung semua potongan kertas koran hingga menyerupai stick. Setelah itu, potong bagian ujung stick koran untuk merapikannya.

Buatlah gulungan kertas sebanyak mungkin. Setelah itu, rekatkan gulungan tersebut satu sama lain menggunakan lem Rajawali dengan pola dasar membuat patung atau boneka. Anda bisa mengkreasikan bentuk boneka yang lucu dan menarik. Pada bagian kepalanya, hias menggunakan ornamen yang Anda siapkan, dan pasang mata bonekanya.

Lem kayu Rajawali putih (sumber: olx.co.id)
Lem kayu Rajawali putih (sumber: olx.co.id)

Lapisi boneka yang sudah jadi dengan lem kayu Rajawali dan biarkan hingga boneka mengeras atau kering. Setelah itu, Anda bisa memajangnya di lemari kaca atau di meja belajar sebagai hiasan. Sebelum Anda membuat kerajinan tangan dengan lem kayu Rajawali, pastikan Anda membelinya dan mengetahui harganya.

Harga Lem Kayu Rajawali

Kemasan Lem Kayu Rajawali Harga
Lem Kayu Rajawali Kuning 70 gr Rp9.000 – Rp11.000
Lem Kayu Rajawali Putih 350 gr Rp12.000
Lem Kayu Rajawali Putih 800 gr Rp19.950
Lem Kayu Rajawali Kuning 300 gr Rp26.000
Lem Kayu Rajawali Power 2,5 kg Rp138.000 – Rp182.000
Lem Kayu Rajawali Power 10 kg Rp558.600

Informasi harga lem kayu Rajawali di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan bangunan dan situs e-commerce. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga lem kayu Rajawali kuning kemasan 70 gram turun dari Rp15 ribu menjadi Rp9 ribu sampai Rp11 ribuan. Sementara itu, harga lem kayu Rajawali putih kemasan 350 gram naik dari Rp8.750 menjadi Rp12 ribuan.

[Update: Panca]

[1] Brilliant, Mochammad Erwin. 2019. Redesain Pra Produksi Home Furniture CV. Amak Jaya (Laporan Kerja Praktik Lapangan). Fakultas Teknologi dan Informatika Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya.

Pos terkait