Harga Kurma Yusuf Taiyoob di Pasaran

No comment766 views

merupakan khas Timur Tengah yang memiliki rasa manis dan banyak beredar ketika bulan Ramadan. Kurma sendiri memiliki beragam varian, dan telah didistribusikan oleh banyak perusahaan, salah satunya oleh Yusuf Taiyoob yang banyak diperdagangkan melalui toko maupun situs jual beli online di Malaysia. Harga kurma ini sendiri bervariasi, namun terbilang relatif terjangkau.

Tentang Kurma

Kurma, buah, pohon, harga, Malaysia, ringgit, Yusuf Taiyoob, manfaat, nutrisi, zat besi, Timur Tengah, Arab, Ramadan

Perkebunan palm kurma di Uni Emirat Arab

Dikutip dari Wikipedia, kurma bisa dikatakan sebagai tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, dengan buah yang dapat dimakan. Meski tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, namun kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah di sekitar Teluk Persia. Memiliki nama latin Phoenix dactylifera, pohon kurma berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15 meter sampai 25 meter, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal.

Kurma sendiri telah menjadi pokok masyarakat di kawasan Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon kurma diyakini berasal dari Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke masa pra-sejarah Mesir, yang kemungkinan pada awal tahun 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno diklaim menggunakan buah kurma untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya ketika panen. Ada bukti arkeologi kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM.

Seperti namanya, buah yang dihasikan pohon kurma dikenal sebagai buah kurma. Bentuk buahnya loonjong-silinder, dengan panjang sekitar 3 cm sampai 7 cm, berdiameter 2 cm sampai 3 cm. Ketika masih muda, warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jenisnya. Kurma memiliki biji tunggal dengan panjang sekitar 2 cm sampai 2,5 cm dan tebal mulai 6 mm sampai 8 mm.

Buah kurma sendiri dapat digolongkan menjadi tiga golongan utama, yaitu lunak (contohnya Barhee, Halaw,  Khadrawy, dan Medjool), semi-kering (contohnya Dayri, Deglet Noor, dan Zahidi), serta kering (contohnya Thoory). Jenis buah ini tergantung pada kandungan glukosa, fruktosa, dan juga sukrosa.

Manfaat Buah Kurma

Layaknya buah yang lainnya, kurma juga memiliki segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi tujuh butir buah kurma Ajwa setiap hari bahkan diklaim menghindarkan kita dari racun. Sementara, untuk kalangan perempuan, ekstrak buah kurma dipercaya dapat mengobati kemandulan.

Kurma, buah, pohon, harga, Malaysia, ringgit, Yusuf Taiyoob, manfaat, nutrisi, zat besi, Timur Tengah, Arab, Ramadan

Beberapa varian kurma yang dijual di

Menurut situs Liputan6, mengonsumsi dua butir buah kurma setiap hari, dikatakan dapat menjaga kesehatan . Meski demikian, sebelum melahapnya, Anda disarankan merendam kurma dalam air bersih selama semalaman dan sajikan kurma dalam menu sarapan. Di samping itu, rutin mengonsumsi dua butir kurma setiap hari juga dipercaya dapat:

  • Mengurangi risiko stroke sebesar 39 persen berkat kandungan kalium.
  • Memudahkan proses pencernaan karena kaya akan serat.
  • Menjaga libido jika Anda mengonsumsi dua butir buah kurma yang sebelumnya direndam dalam susu dan mencampurnya dengan beberapa tetes madu.
  • Membantu dalam mengurangi tekanan darah tinggi karena mengandung 20 mg hingga 25 mg magnesium.
  • Meningkatkan kekuatan otak karena mengandung fosfor.
  • Mencegah anemia berkat kandungan zat besi di dalamnya.

Sementara itu, menurut Dr. Endang Peddyawati, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinik dari RSUP Persahabatan, Jakarta, kurma mengandung karbohidrat, protein, lemak tumbuhan, vitamin, mineral, serta serat. Dengan beragam nutrisi tersebut, kurma diklaim memiliki kegunaan sebagai berikut.

  • Aman untuk diabetes. Ini dikarenakan jenis karbohidrat dalam kurma adalah karbohidrat sederhana, yaitu glukosa dan fruktosa. Glukosa adalah karbohidrat yang sudah siap serap dan membutuhkan insulin dalam proses penyerapan. Sementara, fruktosa adalah gula yang terdapat di dalam buah. Untuk masuk ke dalam sel, fruktosa tidak membutuhkan insulin, sehingga aman bagi pengidap diabetes melitus.
  • Menurut sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh WHO, zat gula yang terdapat di dalam kurma itu berbeda dengan gula pada buah-buahan lain, seperti gula tebu atau gula pasir, yang biasa mengandung sukrosa, yang tidak langsung terserap ke dalam tubuh. Ini membuat gula harus dipecah terlebih dulu oleh enzim sebelum berubah menjadi glukosa. Sebaliknya, kurma tidak membutuhkan proses demikian.
  • Karena tumbuh di lingkungan yang kering, seperti gurun, kurma menghasilkan lebih banyak polifenol yang bisa menjadi perlindungan dari stres. Bahkan, menurut Departemen Amerika Serikat (USDA), buah ini memiliki total polifenol yang lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran yang biasa Anda konsumsi.
  • Kurma tidak mengandung lemak, bebas lemak jenuh, kolesterol, dan sodium, sehingga merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Di samping itu, kurma juga mengandung potasium dan mangan.

Kurma Yusuf Taiyoob

Kurma, buah, pohon, harga, Malaysia, ringgit, Yusuf Taiyoob, manfaat, nutrisi, zat besi, Timur Tengah, Arab, Ramadan

Kurma Yusuf Taiyoob (Instagram: @dateandsuch)

Dilansir dari situs resminya, Yusuf Taiyoob merupakan sebuah perusahaan asal Penang, Malaysia, yang telah berdiri sejak tahun 1988 silam. Bernama lengkap Yusuf Taiyoob Sdn. Bhd., pabrikan ini diklaim sebagai importir dan distributor terkemuka untuk buah dan kacang-kacangan kering, kurma, bakery, sabun herbal, serta beberapa produk lainnya.

Untuk produk kurma, perusahaan ini menjual berbagai macam jenis kurma, seperti kurma Ajwa, kurma Ajmal, kurma Al-Essa, kurma B’ledi, kurma Emir, kurma Mesir, kurma Jewel, kurma Khalifa, kurma Lulu, kurma Le Palmier, kurma Madu Al-Rahim, kurma Mariami, kurma Mabroum, kurma Madu Yuta, kurma Marya, dan lain-lain.

Harga Kurma Yusuf Taiyoob

Jika Anda ingin membeli kurma Yusuf Taiyoob, Anda bisa menelusuri toko-toko online atau situs jual beli online asal Malaysia. Berikut kami sampaikan informasi mengenai harga kurma Yusuf Taiyoob di pasaran.

Jenis Kurma Yusuf TaiyoobHarga
Yusuf Taiyoob Kurma Safina Dates 500 gramRM 15,90
Yusuf Taiyoob Kurma Madu Yuta 600 gramRM 16,20
Yusuf Taiyoob Kurma Safina Bertangkai 500 gramRM 18,50
Yusuf Taiyoob Kurma Safawi 300 gramRM 22
Yusuf Taiyoob Kurma Mabroom 300 gramRM 28
Yusuf Taiyoob Kurma Ajwa 300 gramRM 54

Daftar harga kurma Yusuf Taiyoob di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Sekadar informasi, kurs ringgit Malaysia ke rupiah sekarang berada di kisaran Rp3.500.

Baca juga  Update: Harga Lebih Murah, Minyak Jagung Diklaim Baik Untuk Kesehatan Jantung
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Kurma Yusuf Taiyoob di Pasaran"