Info Lengkap Manfaat hingga Efek Samping Mengonsumsi Kunyit Putih beserta Harga di Pasaran

Ternyata, tak hanya berwarna kuning saja. Rempah yang begitu banyak digunakan di dapur ini juga memiliki jenis lain dan berwarna putih, sehingga akhirnya disebut putih. Kunir putih, istilah lain dari putih menjadi bagian tanaman obat asli dari India dan Indonesia. Bahkan, putih kini lebih praktis diolah dalam bentuk bubuk/serbuk yang dijual di pasaran dengan harga beragam.

Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma Zedoaria ini menjadi jenis tanaman obat yang telah dibudidayakan di berbagai wilayah Asia, Amerika Serikat, hingga Eropa. Kunyit putih juga dapat Anda temui di sejumlah negara seperti India, Brazil, Nepal, Sri Lanka, Bangladesh, Tiongkok, Jepang dan Thailand. Jika di Indonesia, kunyit putih digunakan sebagai bumbu masakan, di Thailand irisan kunyit putih digunakan sebagai penyegar salad.

Harga Kunyit Putih - life.trubus.id

Harga Kunyit Putih - life.trubus.id

Seluruh bagian kunyit putih mulai dari akar, hingga daunnya dapat dimanfaatkan. Jika diamati daging kunyit putih tampak lunak mirip jahe dengan rasa pahitnya. Meski begitu, menurut beberapa studi kunyit putih mengandung esensial, pati, dan curcumin, yang seluruhnya diklaim mampu menangkal radikal bebas tertentu. Sebagai contoh di India, kunyit putih secara tradisional diracik untuk nyeri maag, muntah, menstruasi, hingga kanker.

Sudah banyak orang yang mendapatkan dari mengonsumsi kunyit putih secara rutin. Berikut deretan yang tidak banyak diketahui dari rempah yang satu ini.

Ragam Manfaat Kunyit Putih

Obat analgesik dan bakteri
White turmeric sebutan lain kunyit putih diyakini sebagai anti nyeri yang ampuh karena bahan alami di dalamnya. Anda dapat mengonsumsinya sesuai dosis untuk mengobati sejumlah keluhan seperti nyeri ulu hati, nyeri sendi, sakit perut, diare, hingga depresi. Sedikit orang yang tahu bahwa, kunyit putih ternyata mampu digunakan sebagai zat anti racun untuk penawar bisa ular. Sifatnya yang antibakteri membuat kunyit putih juga mampu mengurangi jumlah mikroba di dalam mulut. Tak heran, sebagian orang memanfaatkannya sebagai obat kumur karena mampu menghambat jamur.

Obat tukak lambung
Sakit lambung biasanya ditengarai jumlah asam yang meningkat. Nah, tepung dari akar kunyit putih dipercaya dapat mengurangi jumlah dan keasaman lambung tersebut. Namun, manfaat ini masih memerlukan penelitian klinis lebih lanjut pada manusia.

Berperan sebagai Antioksidan
Minyak esensial dari kunyit putih dinilai dapat mengurangi dampak dari radikal bebas tertentu. Selain berbagai manfaat di atas, kunyit putih juga diyakini dapat mengobati gejala arthritis, asma, anti-rematik dan obat diuretik. Sifat lainnya pada kandungan kunyit putih yakni anti-radangnya yang juga dapat meredakan pembengkakan.

Obat Antikanker
Karena kunyit putih disinyalir bersifat antioksidan, tentu saja manfaat lainnya jika dikonsumsi secara rutin yakni menjadi obat antikanker dengan kandungan senyawa ethyl pmethocyvinnatate, kurkuminoid, bisdemothxycurcumin, demothxycurcumin, dan flavonoid. Sistem kerja dari sejumlah zat itu dapat membantu mempercepat proses penyembuhan kanker. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan efektivitas penggunaan kunyit putih dalam mengobati kanker.

Walaupun masih terus diteliti, tetapi kandungan kunyit putih tersebut tetaplah tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itu, ada baiknya jika dikonsultasikan lebih dulu ke dokter sebelum mengonsumsi kunyit putih, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Berikut efek samping yang dapat terjadi jika Anda mengonsumsi kunyit putih tidak sesuai petunjuk dokter.

Manfaat Kunyit Putih - miamifruit.org

Manfaat Kunyit Putih - miamifruit.org

Efek Samping Mengonsumsi Kunyit Putih Berlebihan

Meningkatkan risiko anemia
Kandungan curcuminoid dalam kunyit putih dapat menyebabkan penurunan perlekatan zat besi oleh sel darah merah. Hal tersebut akan berdampak pada kondisi tekanan darah yang rendah atau kerap disebut anemia pada tubuh Anda.

Menyebabkan gangguan pencernaan
Meskipun diteliti dapat mengobati tukak lambung, mengonsumsi terlalu banyak kunyit putih dapat tetap mempengaruhi pencernaan dengan meningkatkan GERD atau refluks asam lambung kepada tenggorokan. Hal ini ditandai dengan rasa nyeri dan terbakar pada dada Anda. Saluran kemih juga akan merasakan akibat dari banyaknya mengonsumsi kunyit putih, sehingga dapat memperberat kerja ginjal dalam menyaring darah kemudian menimbulkan penyakit batu ginjal atau batu empedu.

Mempengaruhi gangguan kesuburan
Kunyit putih ternyata dapat menyebabkan gangguan kesuburan, terutama pada laki-laki. Hal ini dikarenakan kunyit putih dapat mengganggu produksi hormon testosteron dalam darah. Sedangkan bagi wanita, mengonsumsi kunyit secara berlebihan dapat menyebabkan kemandulan. Bagi Anda yang ingin segera memiliki keturunan, lebih baik untuk tidak mengonsumsi kunyit putih secara berlebihan. 

Meski terbilang langka, kunyit putih dapat Anda beli di online melalui marketplace tertentu. Pastikan Anda mendapatkan kunyit putih dengan kualitas terbaik. Terlebih saat ini, kunyit putih juga tersedia dalam bentuk bubuk. Berikut daftar harga kunyit putih di pasaran.

Harga Kunyit Putih di Pasaran

Varian Kunyit PutihKisaran Harga per Kg (Rp)
Kunyit putih segar15.000 – 20.000
Kunyit putih kering60.000
Bubuk kunyit putih premium69.500
Bubuk kunyit putih lokal55.000

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di situs online. Tentu saja, harga tersebut tidak mengikat karena dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Jika Anda ingin lebih praktis dalam menikmati kunyit putih, kini sudah tersedia dalam bentuk jamu atau suplemen yang dapat ditemui di toko obat maupun apotek terdekat. Seperti sari kunyit putih dari Sidomuncul yang dijual kisaran harga Rp55 ribu saja isi 30 kapsul transparan.

Baca juga  Info Lengkap Manfaat dan Harga Minyak Lavender Berbagai Merek
loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Manfaat hingga Efek Samping Mengonsumsi Kunyit Putih beserta Harga di Pasaran"