Karakteristik, Cara Merawat dan Harga Kucing British Shorthair

Selain kucing scottish fold, munchkin, dan persia, kucing British shorthair juga terbilang populer di kalangan pencinta hewan. Meskipun harganya tidak bisa dibilang murah, mamalia ini kerap diadopsi dari anakan, karena proses perawatannya yang mudah, bentuk fisik yang unik, dan cenderung pintar.

Ilustrasi: Kucing British Shorthair (credit: lordsandlabradors.co.uk)

Ilustrasi: Kucing British Shorthair (credit: lordsandlabradors.co.uk)

Karakteristik Kucing British Shorthair

Dilansir dari hewani.com, kucing British shorthair merupakan hewan yang tidak terlalu aktif dan suka bermalas-malasan, sehingga mudah menjadi gemuk. Ini membuat banyak orang memilih menjadikannya sebagai peliharaan, khususnya bagi mereka yang tidak punya banyak waktu untuk mengajak binatang peliharaan bermain.

British shorthair juga dikenal sebagai salah satu jenis kucing tertua di dunia dan sudah ada sejak abad pertama atau sekitar 2.000 tahun lalu. Kucing ini memiliki karakteristik yang kalem, sehingga mendapat julukan sebagai kucing boneka. Karena itu pula, kucing ini termasuk peliharaan keluarga yang ideal.

Seperti namanya, British shorthair adalah kucing yang berasal dari Inggris dan dikenal sebagai hewan dengan bentuk fisik gagah, kuat, berotot, serta berumur panjang. Menurut sumber yang sama, kebanyakan orang memelihara mamalia mungil ini sebagai pengusir di sektor pertanian yang mulai berkembang di Inggris.

Populasi hewan ini bisa dibilang berkembang dengan pesat, karena banyak ladang yang memerlukan British shorthair untuk mengembangkan hasil panen. Seiring berkembangnya zaman, kucing tersebut tidak hanya dipandang sebagai mesin berburu hama, tetapi juga sebagai hewan peliharaan. Apalagi, hewan ini memiliki sisi malas sebagai kelemahannya.

Meskipun populasinya kian meningkat, faktanya British shorthair pernah hampir punah pada tahun 1890. Ini karena efek Perang Dunia 1 dan 2, yang menyebabkan mamalia tersebut sulit berkembang biak. Selain itu, banyak lahan pertanian dan tanah kosong yang semula adalah habitat mereka, diubah menjadi tempat perang dan pembangunan gudang .

Baca juga  Info Terkini Harga Pianika Yamaha Original (P32D & P37D)

Sebagai kucing ras asli, British shorthair tidak hanya memiliki tubuh yang kekar, tetapi juga besar, dengan bobot hingga 10 kg untuk jantan dan 7 kg untuk . Kucing ini mampu bertahan hidup hingga 20 tahun dan bisa lebih jika Anda merawatnya dengan baik.

Ilustrasi: Karakteristik Kucing British Shorthair (credit: ukpets)

Ilustrasi: Karakteristik Kucing British Shorthair (credit: ukpets)

Meskipun British shorthair adalah jenis kucing pertanian, mamalia ini memiliki kepala yang cenderung bulat dengan pipi yang gembul. Hal ini jelas berbeda dengan kucing pertanian yang biasa berburu. Kebanyakan kucing hama biasanya memiliki bentuk kepala cenderung oval atau segitiga dengan pipi yang tirus.

Mamalia imut ini juga memiliki mata bundar dan hidung pesek. Sekilas hampir mirip dengan persia, tetapi hidungnya lebih pesek. Lehernya memiliki lekukan yang cukup lebar dan lurus, yang mengenai bagian dagunya. Sehingga, membuat kepala kucing dan leher seperti tidak ada batasan. Inilah yang membuat kucing terlihat gemuk atau gembul.

Selain memiliki kemiripan bentuk muka dengan kucing persia, sekilas British shorthair memiliki fisik yang hampir sama dengan scottish fold. Kucing ini bisa dibilang sangat identik dengan scotish fold karena bulunya yang tebal dan warnanya yang khas. Meskipun begitu, Anda bisa mengenali keduanya dengan mudah dengan cara melihat telinganya. British shorthair memiliki daun telinga yang tegak, sedangkan scottish fold memiliki daun telinga yang terlipat.

Bagi Anda yang ingin memelihara kucing ini, perlu sedikit waspada dan berhati-hati. Pastikan Anda tidak terkena cakarannya, karena British Shorthair memiliki kaki yang panjang dengan kuku yang kuat dan tajam. Hewan ini juga memiliki otot yang kuat di bagian lengan dan dada.

Baca juga  Update Harga Kalimba di Indonesia (Gecko, Kimi, Muspor dll)

British shorthair tidak hanya berwarna abu-abu, meskipun kebanyakan orang lebih suka dengan warna tersebut. Anda juga bisa memilih kucing yang berwarna biru, putih, hitam, keemasan, krem, bicolor, dan colorpoint. Bicolor adalah varian kucing British shorthair yang biasa disebut dengan tuxedo cat atau jellicle cat, karena memiliki bulu berwarna hitam dan putih di bagian kaki, perut, dada, dan wajah.[1] Sementara itu, colorpoint adalah kucing yang memiliki warna bulu seperti tas siamese (warna kaku, ekor, dan wajah akan berubah semakin gelap saat dewasa).

Cara Merawat Kucing British Shorthair

Ilustrasi: Cara Merawat Kucing British Shorthair Anakan (credit: petshealthsupplies)

Ilustrasi: Cara Merawat Kucing British Shorthair Anakan (credit: petshealthsupplies)

  • British shorthair yang dikenal sebagai kucing boneka memiliki nafsu makan yang cukup tinggi, sehingga mau tak mau, Anda harus memperhatikan gizi dan jenis yang akan diberikan. Jika makanan tersebut terlalu berlemak, kucing bisa saja terkena obesitas dan penyakit jantung.
  • Anda juga harus memperhatikan kesehatan kucing Anda dan British shorthair tidak bisa diperlakukan seperti kucing pada umumnya. Mamalia tersebut harus memiliki dokter hewan sendiri untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksin.
  • Sama seperti hewan lainnya, kesehatan mulut dan gigi British shorthair juga perlu diperhatikan. Anda perlu membersihkan gigi kucing dengan cara disikat memakai sikat dan pasta gigi khusus kucing.
  • Sediakan tempat khusus untuk kucing membuang kotorannya. Anda bisa meletakkan kotak pasir di samping kucing, karena British shorthair adalah kucing yang malas dan mereka tidak suka jika tempat BAB jauh dari kandang.
  • Supaya kucing Anda tetap sehat dan tidak terkena virus, Anda harus rajin membersihkan kandang kucing. Bila perlu, Anda bisa mencucinya setiap pagi dan menjemurnya di bawah sinar matahari. Ini juga bertujuan agar rumah Anda tidak bau amis.
  • Jangan malas untuk memandikan dan memotong kuku kucing. Meskipun kucing ini tidak suka air dan merasa kesal jika kukunya dipotong, Anda harus melakukannya agar mereka bersih dan tidak mudah sakit. Selain itu, ini bertujuan agar kuku kucing tidak melukai Anda.
  • Gunakan shampo kucing untuk membersihkan tubuh mamalia tersebut. Pastikan Anda tidak memakai sabun cuci atau sabun manusia, karena bisa membuat bulu mereka rontok dan berubah warna. Jika ini sudah terjadi, maka Anda perlu membawanya ke dokter dan melakukan perawatan khusus.
Baca juga  Harga Meja Billiard Mini Terbaru

Selain melakukan hal di atas, Anda juga perlu menyiapkan biaya terkait dengan adopsi British shorthair. Untuk bisa mendapatkan kucing tersebut, sepertinya tidak cukup murah. Sebagai referensi, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Kucing British Shorthair

Ilustrasi: Ciri British Shorthair (credit: perfectpets)

Ilustrasi: Ciri British Shorthair (credit: perfectpets)

Jenis Kucing British ShorthairHarga per Ekor (Rp)
Kucing British Shorthair Indukan 8 Bulan30.000.000
Kucing British Shorthair Ras Asli 6 Bulan28.000.000
Kucing British Shorthair Kitten 2,5 Bulan25.000.000
Anakan Kucing British Shorthair 3 Bulan20.000.000
Kucing British Shorthair Jantan Ped 4 Bulan18.000.000
Kucing British Shorthair Bicolor 2 Bulan17.000.000
Kucing British Shorthair Betina 1 Tahun7.200.000
Kucing British Shorthair Jantan 1 Tahun3.500.000
Kucing British Shorthair Mix Persia 5 Bulan850.000

Perlu Anda ketahui, harga kucing British shorthair di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Harga kucing tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk info lebih detail, Anda bisa datang ke petshop terdekat di sekitar rumah Anda.

[1] Fauhani, Sabila Anindita, Bing Bedjo Tanudjaja, Daniel Kurniawan Salamoon. 2017. Perancangan Buku Ilustrasi sebagai Panduan dalam Memelihara Kucing untuk Remaja dan Dewasa Muda Usia 16–24 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna Kristen Petra Surabaya, Vol. 1(9): 1-9.

author

Leave a reply "Karakteristik, Cara Merawat dan Harga Kucing British Shorthair"