Update Harga Korsvet untuk Membuat Pastry (Semua Merek)

Apabila Anda termasuk penikmat pastry, Anda tentunya tak asing dengan berbagai jajanan seperti danish pastry hingga kue bolen. Hal utama yang membuat pastry berbeda dari biasa adalah teksturnya yang cenderung kering, berminyak, dan tekstur bagian dalamnya yang menyerupai lembaran kertas. Rupanya yang membuat adonan puff pastry berwujud seperti lembaran adalah penambahan bahan unik bernama korsvet. Tampilan korsvet hampir mirip seperti margarin biasa, namun memiliki tekstur lebih padat. Harga korsvet pun umumnya lebih mahal dari margarine.

Ilustrasi: Kue Pastry (sumber: Pinterest)
Ilustrasi: Kue Pastry (sumber: Pinterest)

Korsvet Itu Apa?

Korsvet atau pastry fat atau pastry margarine adalah jenis lemak yang digunakan dalam pembuatan pastry. Korsvet membantu membentuk renyah dan pada puff pastry. Saat ini, banyak korsvet berasal dari lemak nabati, terutama yang dijual di Indonesia. Bentuknya mirip mentega putih, sehingga sering disalahartikan sebagai mentega putih. Korsvet memiliki kandungan bahan yang sudah disesuaikan untuk pembuatan pastry.[1]

Bacaan Lainnya

Korsvet mempunyai “melting point” 45°C. Kualitas puff pastry dapat ditentukan dari korsvet atau pastry margarin yang digunakan. Jaga jangan sampai korsvet meleleh atau terkena panas agar kualitas puff yang dihasilkan sempurna.[2]

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Dahulu, ketika belum ada korsvet, lemak lipat (roll-in-fat) yang digunakan adalah mentega (butter). Akan tetapi penggunaan mentega memang cukup sulit jika kita tinggal di wilayah tropis. Mentega akan cepat meleleh dan rawan bocor ketika digilas. Oleh karena itu, solusinya adalah mentega harus dimasukkan ke dalam kulkas dulu. Selain itu, kita juga harus memasukkan adonan puff pastry ke dalam kulkas setiap menyelesaikan lipatan.

Korsvet (sumber: shopee)
Korsvet (sumber: shopee)

Lemak lipat yang bocor akan menyebabkan puff pastry bantat. Berbeda sekali dengan korsvet yang lebih aman dari kebocoran saat proses penggilasan. Tekstur korsvet lebih padat daripada mentega bahkan margarin. Dari segi rasa, tentu saja menggunakan mentega akan lebih enak dan wangi dibanding korsvet.[3]

Di pasaran korsvet tersedia dalam berbagai merk, baik impor maupun lokal. Harga korsvet memang umumnya relatif lebih mahal dibanding mentega atau margarin biasa. Sebagian besar penjual bahan kue biasanya menawarkan korsvet dalam kemasan repack dari -merek luar negeri seperti Gold Bullion, Corman, dan lain-lain. Bagi Anda yang merupakan umat Muslim, sebaiknya lebih berhati-hati ketika hendak membeli korsvet. Pastikan korsvet yang Anda beli terbuat dari bahan nabati atau yang memang sudah dinyatakan halal. Berikut informasi harga korsvet di pasaran Indonesia dalam berbagai merek.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Harga Korsvet

Korsvet untuk Membuat Pastry - www.blibli.com
Korsvet untuk Membuat Pastry – www.blibli.com
Merek & Ukuran Korsvet Harga (Rp)
Korsvet Flake Pastry Shortening Gold Bullion repack 100 gram 7.000
Korsvet Flake Pastry Shortening Gold Bullion repack 250 gram 12.000
Flake Pastry/Korsvet Point 250 gr Halal 15.000
Korsvet Filma Puff Pastry Shortening repack 1/2 kg 19.000
Korsvet Flake Pastry Shortening Gold Bullion repack 500 gram 22.000
Korsvet Palmia Margarine & Shortening Pastry Specialist 500 g 25.000
Korsvet Flake Pastry Shortening Gold Bullion repack 1 kg 38.500
Korsvet Corman Margarine Sheet Premior 500 gr 44.000
Korsvet Margarine Sheet Excellence 500gr 50.000
Korsvet Margarine Sheet – Aristo 500 gr 55.000
1 Dus Korsvet Flake Pastry Shortening Gold Bullion (15 kg) 477.000

Jika dibandingkan , harga korsvet tersebut mengalami perubahan pada 2021 dan 2022. Misalnya, Korsvet Flake Pastry Shortening Gold Bullion repack 1 kg yang dijual mulai harga Rp25 ribu tahun 2020, naik menjadi Rp36 ribu tahun 2021, naik lagi menjadi Rp38 ribuan tahun 2022.

Korsvet Flake Pastry Shortening Gold Bullion repack 250 gram juga ikut naik dari harga Rp8.500 di tahun 2020, naik seharga Rp10.000 di tahun 2021, naik lagi menjadi Rp12 ribu di tahun 2022. Sedangkan Korsvet Flake Pastry Shortening Gold Bullion repack 500 gram naik dari harga Rp15 ribu di tahun 2020, menjadi Rp18 ribu di tahun 2021, naik lagi menjadi Rp22 ribu di tahun 2022.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Informasi harga korsvet di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap diingat bahwa harga korsvet dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga korsvet yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Apabila Anda sedang membutuhkan korsvet, Anda bisa membelinya di toko-toko bahan kue terdekat yang ada di sekitar Anda. Namun, jika Anda kesulitan untuk menemukan korsvet di toko-toko terdekat, tak ada salahnya untuk membeli korsvet secara online melalui sejumlah populer di Indonesia. Sebagai informasi, bahan korsvet bisa juga diganti dengan mentega putih. Jika Anda ingin adonan puff pastry terasa lebih enak dan wangi, Anda pun dapat menggantinya dengan butter, misalnya saja merk Anchor atau sebagainya.

[Update: Almas]

[1] Ide Masak. 2013. Resep Favorit untuk Usaha: Sajian Mini dalam Nampan. Intarina H dkk, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[2] Ismayani, Y. 2007. 100+ Tip Anti Gagal Bikin Kue. Jakarta: Kawan Pustaka.

[3] Dedik, R. 2018. Serba-Serbi Baking. Jakarta: Kawan Pustaka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *