Update Harga Kipas Magnet Vespa PX (Baru dan Bekas)

Jika Anda penggemar skuter dan senang mengutak-atik bermotor Anda, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kipas magnet. Ini adalah perangkat yang berfungsi sebagai pendingin ketika mesin Vespa bekerja. Jika rusak, Anda disarankan untuk segera mengganti tersebut. Jika kebetulan skuter Anda adalah Vespa PX, kipas magnet dalam kondisi baru sekarang berada di kisaran angka Rp1 jutaan.

Kipas magnet Vespa (sumber: netlify.app)

Kipas magnet Vespa (sumber: netlify.app)

Dilansir dari situs Otosia.com, kipas magnet pada Vespa 2-stroke atau 2-tak, seperti diuraikan sebelumnya, berguna sebagai pendingin ketika mesin skuter bekerja. Namun, sebaliknya, jika beberapa sirip yang terdapat pada magnet tersebut rontok, bisa mengakibatkan mesin kendaraan menjadi panas dan akan menghambat kinerja mesin motor.

Memang, beberapa pemilik Vespa dengan mesin konvensional atau manual jarang yang mengalami kerontokan pada sirip-sirip kipas di magnet. Nah, apabila sirip-sirip kipas tersebut rontok, bisa diperbaiki atau direparasi dengan cara mengganti kipas dari bahan plastik atau babet. Namun, jika Anda memutuskan untuk mengganti kipas magnet dengan ori, baik baru maupun bekas, harganya tergolong cukup mahal.

Baca juga  Harga Ban Tubles Honda BeAT (Depan dan Belakang)

Harga Kipas Magnet Vespa PX

Berdasarkan penelusuran penulis di berbagai situs jual beli online yang ada di Tanah Air, harga kipas magnet untuk Vespa PX misalnya, berada di kisaran Rp162 ribu hingga Rp400 ribuan untuk produk copotan. Sementara, untuk yang baru dan diklaim original, harganya bisa mencapai Rp1 juta hingga Rp2,3 jutaan. Sebagai perbandingan, tahun sebelumnya, harga kipas magnet copotan sekitar Rp400 ribu hingga Rp600 ribuan, sedangkan harga produk baru dan asli sekitar Rp1.800.000.

Mesin, Vespa, harga, kipas, magnet, tukang, ongkos, biaya, bekas, second, baru, produk, baut, sepul, kendaraan, skuter, komponen, perangkat

Kipas magnet Vespa PX (youtube: Mista FreakMoPed)

Biaya Service Kipas Magnet Vespa

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu banyak, Anda bisa memperbaiki kipas magnet dengan mendatangi tukang bubut. Sebelumnya, lepas magnet dari mesin Vespa, lalu bawa magnet yang rontok tersebut ke bubut untuk memapas dan menghaluskan semua sisa-sisa sirip yang rontok. Sambil menunggu magnet selesai dibubut, Anda bisa membeli kipas magnet dari bahan plastik atau babet. Jika ingin awet, disarankan untuk membeli kipas dari bahan babet karena bahan dari plastik biasanya untuk spek balap yang hanya sekali pakai.

Baca juga  Update Harga & Cicilan Kredit Sepeda Motor Second (Bekas) Tanpa DP/Uang Muka 0%

Kipas magnet yang sudah dibubut kemudian dibor dan di-tap untuk lubang baut berukuran 11 inci. Siapkan empat lubang, sekaligus baut dan ring-nya. Selesai membuat empat lubang, pasang kipas babet dengan cara mengencangkan keempat baut. Perhatikan panjang baut, jangan sampai tembus dan mengenai sepul magnet. Setelah itu, pasang kembali kipas magnet hasil reparasi tersebut pada mesin Vespa Anda.

Lalu, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mereparasi kipas magnet Vespa yang rusak? Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp45 ribu sampai Rp50 ribuan untuk ongkos tukang bubut. Sementara, untuk pembelian kipas dari bahan plastik atau babet, biaya yang dikeluarkan hanya berkisar Rp50 ribuan. Cukup murah, bukan?

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Kipas Magnet Vespa PX (Baru dan Bekas)"