Harga Terkini Kikil Bronggalan, Kuliner Populer di Surabaya

Jalan-jalan ke Surabaya, belum lengkap rasanya jika tidak berwisata kuliner. Ada banyak jajanan serta makanan lezat yang bisa Anda cicipi saat berkunjung ke Kota Pahlawan tersebut. Nah, salah satu warung yang menjadi primadona pelancong saat pergi ke ibukota Jawa Timur adalah Kikil Bronggalan yang menawarkan menu makanan dengan harga terjangkau.

Warung Kikil Bronggalan Surabaya (google: Malikul Amin)

Warung Kikil Bronggalan Surabaya (google: Malikul Amin)

Kikil sendiri merupakan tulang rawan pada bagian kaki sapi, kerbau, atau kambing. Sementara itu, jenis kikil yang digunakan oleh Kedai Kikil Bronggalan adalah kikil sapi. Secara umum, kikil sapi dapat ditemukan di bagian kaki sebelum tulang kaki. Bisa dibilang, kikil adalah lapisan yang membungkus tulang kaki maupun jari-jari tanpa bulu.

Rata-rata berat kikil adalah 1,2% dari berat seekor sapi. Tulang rawan kaki sapi tersebut memiliki rasa yang empuk dan kenyal saat dimasak. Hal ini karena kikil tersusun atas beberapa komponen, seperti polimer yang berbentuk kolagen. Kolagen inilah yang membuat tekstur kikil menjadi elastis dan kenyal.[1]

Menu Makanan di Kikil Bronggalan

Kelezatan kikil di warung Kikil Bronggalan tampaknya sudah sangat terkenal di kalangan para penggemar makanan berkuah dan pedas. Terletak di Jl. Bronggalan No. 26, Tambaksari, Surabaya, kedai kikil tersebut tidak pernah sepi pelanggan. Pengunjungnya tidak hanya datang dari kalangan dewasa, bahkan banyak juga remaja yang rela mengantre untuk membeli kikil.

Baca juga  Update Harga Pudding Holland Bakery (Semua Varian)

Selain itu, letak resto yang strategis menjadi salah satu alasan kuat mengapa warung tersebut tak pernah sepi pengunjung. Letaknya yang berada di pinggir jalan dan tak jauh dari Taman Hiburan Rakyat, membuat tempat makan tersebut mudah dikenali orang.

Setibanya di warung, Anda bisa langsung memesan menu makanan yang Anda inginkan. Ada beberapa macam menu autentik yang ditawarkan pada para pengunjung. Bagi Anda yang suka dengan makanan berkuah, Anda bisa memesan menu kikil kuah bening yang dilengkapi dengan taburan daun bawang dan bawang . Sebagai penyegar, ada jeruk nipis yang bisa Anda tambahkan pada mangkuk sup kikil Anda.

Bagi Anda yang lapar, warung tersebut juga menyediakan lontong dan ketupat sebagai pelengkapnya. Agar lebih nikmat lagi, biasanya para pelanggan menambahkan sambal dan kecap sebagai pelengkap. Sambal yang disajikan adalah jenis sambal berwarna oranye kental dengan rasa pedas.

Baca juga  Info Harga dan Review Minuman Kopi Susu Viral di Kopi Tuku

Menu lainnya yang cukup populer dan diburu banyak orang adalah sumsum. Sumsum sapi disajikan di piring dengan sedikit kuah dan bumbu yang gurih. Sumsum di warung Kikil Bronggalan ini memiliki citarasa yang creamy dan sedikit asin. Sebagai pelengkap, di atas sumsum ditaburi dengan bawang goreng yang renyah dan daun bawang.

Untuk makan sumsum tulang sapi ini, cukup terbilang unik. Selain bisa menggunakan sendok, Anda bisa memakan sumsum menggunakan sedotan yang telah disediakan. Kebanyakan orang yang berkunjung biasanya lebih memilih menggunakan sedotan karena lebih mudah dan praktis.

Harga Kikil Bronggalan - (YouTube: TRANS7 OFFICIAL)

Harga Kikil Bronggalan - (YouTube: TRANS7 OFFICIAL)

Perlu Anda ketahui juga bahwa semua bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sup kikil dan sumsum di Kikil Bronggalan memiliki kualitas yang bagus. Sehingga, rasanya juga tidak perlu diragukan lagi. Anda juga tidak perlu khawatir dengan cara pengolahan kikil dan sumsum karena diolah dengan baik, sehingga tidak berbau amis.

Baca juga  Info Kandungan Gizi & Daftar Harga Coklat Dairy Milk Terbaru di Pasaran

Harga Kikil Bronggalan

Bagi Anda yang ingin menikmati kelezatan aneka menu makanan di Kikil Bronggalan, pastikan Anda datang di waktu yang tepat. Warung tersebut buka setiap hari pada pukul 17.00 WIB hingga 20.00 WIB. Semakin malam, warung tersebut akan semakin ramai dan beberapa menu bisa dipastikan sold out lebih awal. Biasanya yang paling laris dan hanya tersedia terbatas, yaitu sumsum.

Untuk harga menu makanannya sendiri terbilang terjangkau, karena rata-rata dipatok di bawah Rp50.000 per porsi. Terpantau pada 2021, harga menu kikil bronggalan dan sumsum berkuah bening yakni Rp30 ribu per porsi. Jika dibandingkan 2020 lalu, harga menu kikil bronggalan tersebut mengalami kenaikan yang awalnya hanya Rp25 ribu per porsi.

Informasi harga kikil Bronggalan di atas kami rangkum dari berbagai macam sumber. Perlu diketahui bahwa harga menu makanan di Kikil Bronggalan di atas tentunya tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, sesuai kebijakan pengelola.

[: Ditta]

[1]Suhartini, Wildan. 2016. Analisis Karakteristik Serbuk Kikil Sapi sebagai Sediaan Kosmetik(Kajian Jenis Pelarut dan Waktu Ekstraksi Lemak) (Tesis). Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang.

author

Leave a reply "Harga Terkini Kikil Bronggalan, Kuliner Populer di Surabaya"