Spesifikasi dan Harga Mobil Toyota Starlet 1994 di Indonesia

Bagi pencinta lawas, pasti sudah tidak asing lagi dengan Starlet. Ini merupakan mobil kecil yang diproduksi oleh dari tahun 1973 sampai 1999, menggantikan Publica, namun mempertahankan kode “P” yang telah diusung Publica. Di pasaran dalam negeri, produk Toyota Starlet yang meluncur tahun 1994 ditawarkan mulai Rp40 jutaan, tergantung kondisi .

Toyota Starlet tahun 1994 tampak belakang (flickr: @peterolthof)

Toyota Starlet tahun 1994 tampak belakang (flickr: @peterolthof)

Biasanya, Starlet dikenal sebagai mobil yang bisa diandalkan. Pertama adalah Starlet turbocharged yang datang dalam tiga generasi, yaitu Turbo S (EP71) pada tahun 1986-1989, turbo GT (EP82) pada tahun 1990-1995, dan Glanza V (EP91) pada tahun 1996-1999. Pada tahun 1999, jajaran Starlet digantikan oleh Echo dan Yaris di sebagian besar negara.

Spesifikasi Toyota Starlet

Generasi pertama Toyota Starlet diluncurkan pada bulan April 1973 sebagai seri Publica Starlet 40, dan ditawarkan dengan berkapasitas 1.000cc dan 1.200cc. Secara garis besar, penampilan mobil ini tampak seperti Corolla yang diperkecil. Gaya bodi awalnya tersedia dalam versi sedan dua pintu dan wagon tiga pintu. Model yang ditawarkan adalah Standard, Deluxe, Hi-Deluxe, ST, dan SR.

Mengusung kode P60, generasi kedua Starlet lalu diluncurkan Toyota pada bulan Februari 1978. Mobil ini menjadi generasi pertama yang dijual secara luas di luar pasar Jepang, diekspor ke Eropa, termasuk Inggris, ketika popularitas mobil supermini tengah melonjak. Starlet mengusung mesin berkapasitas 993cc untuk model KP60 2K, mesin 1.166cc untuk model KP62 3K, dan mesin 1.290cc untuk model KP61 4K.

Versi hatchback tiga dan lima pintu ditawarkan untuk pasar ekspor, meski wagon lima pintu yang lebih panjang (dikenal sebagai van di pasar Jepang) juga dijual di Negeri Sakura serta beberapa pasar Asia dan Eropa. Starlet 60 merupakan mobil penumpang milik Toyota pertama yang menggunakan kemudi rak dan pinion.

Toyota meluncurkan generasi ketiga Starlet pada bulan Oktober 1984, yang sekarang memiliki penggerak roda depan dan mesin baru 12 valve berkapasitas 1.000cc 1E atau 1.300cc 2E. Di pasar Jepang, model Starlet 1.300cc juga ada yang mengusung mesin injeksi 2E-E dan turbo 2E-TELU. Sementara, Starlet 1.500cc juga tersedia di pasar Negeri Matahari Terbit dan beberapa negara Eropa.

Di Jepang, Starlet tersedia dalam banyak varian, yaitu Standard, DX, Soleil, XL, XL Lisse, S, SE, SI, SI Limited, SI Canvas Top, RI, Turbo R, dan Turbo S. Model RI and Turbo R merupakan varian dengan bodi yang ringan untuk keperluan balap, sedangkan Turbo S adalah versi yang kencang dan berkelas. Model Turbo S dan Turbo R memiliki bumper yang lebih besar dan body kit.

Selang lima tahun kemudian, Starlet generasi keempat pertama kali diperkenalkan di pasar Jepang. Mobil yang mengusung kode P80 ini menampilkan style bodi yang lebih bulat. Model di Jepang juga menerima mesin cam kembar baru, yaitu 4E-F, 4E-FE, dan turbocharged 4E-FTE. Sementara, model ekspor masih mempertahankan mesin 1E dan 2E, dan versi khusus 4E-FE (hanya untuk model facelift di Inggris dan Hong Kong).

Sebuah facelift kecil terjadi pada bulan Januari 1992, dengan semua model Jepang mendapatkan injeksi bahan bakar dan penghentian varian X. Sebuah bumper depan baru dan yang direvisi terpasang, dan balok pengaman di dalam pintu ditambahkan untuk semua model. Model S, X Limited, GI, dan GT juga mendapatkan hiasan pusat belakang baru.

Toyota Starlet GT 1994 (sumber: autojunk.nl)

Toyota Starlet GT 1994 (sumber: autojunk.nl)

Pembaruan minor kedua terjadi pada bulan Mei 1994 dengan menawarkan lampu depan dan lampu ekor baru. Batang palka sekarang memiliki panel halus dengan hiasan kecil. Model GI dan GT menampilkan lampu depan bulat kembar dan kisi-kisi mesh, yang juga dikenal sebagai lampu depan “quad”. Perubahan kecil ini hanya tersedia di Jepang, Hong Kong, Indonesia, dan Selandia Baru.

Produksi generasi keempat di Jepang berakhir pada bulan Desember 1995, namun masih berlanjut di Indonesia sampai Maret 1998. Seri 80 terakhir di Indonesia dipasarkan sebagai “Fantastic Starlet” dengan bumper sporty, kisi-kisi, dan kap dari model GI Jepang. Pada awalnya, Fantastic Starlet ditawarkan di SE tingkat menengah dan top-of-the line SE-G, namun kemudian model yang lebih murah dihentikan.

Pada tahun 1996, generasi kelima meluncur dan menjadi seri terakhir dari Toyota Starlet. Mobil ini membawa unik dengan sloped-down belt line pada pintu depan. Versi Jepang dibagi menjadi tiga model, yaitu Reflet (normal), Glanza (olahraga), dan Carat (lebih mewah). Reflet (Base, F, dan X), Carat, dan Glanza S didukung oleh mesin 4E-FE. Model Base juga ditawarkan dengan mesin Diesel 1N.

Untuk varian ekspor, tersedia Starlet bermesin 2E dan 4E-FE. Di beberapa negara Eropa, Starlet ditawarkan dengan berbagai trim level. Starlet yang memiliki perlengkapan lebih banyak daripada model dasar dan XLi dipasarkan dengan nama GLS, XT, SLi, atau Crystal. Model ini hadir dengan SRS airbag, head rest belakang, power window, serta tachometer sebagai perlengkapan standard.

Harga Toyota Starlet

Nah, setelah mengetahui spesifikasi masing-masing generasi Toyota Starlet, lalu berapa harga mobil tersebut saat ini? Harga Toyota Starlet bekas bervariasi, tergantung kondisi mobil yang bersangkutan. Untuk edisi yang keluar pada tahun 1994, sekarang produk second-nya ditawarkan di kisaran harga Rp39.500.000 hingga Rp50.000.000. Namun, ada juga pemilik yang melepas dengan harga Rp65.000.000, tergantung kondisi barang.

Toyota Starlet sendiri memiliki beberapa kelebihan. Mobil ini dikatakan punya bobot dan tenaga mesin yang sinkron, ketersediaan spare part memadai untuk modifikasi, spare part asli yang masih melimpah dan murah, gesit dan lincah, cocok untuk semua kalangan (terutama kaum muda), model yang tidak termakan zaman, serta harga jual kembali yang cukup stabil.

Baca juga  Update Kisaran Harga Honda Grand Civic LX Bekas
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Spesifikasi dan Harga Mobil Toyota Starlet 1994 di Indonesia"