Info Terbaru Harga Keyboard Roland RD 700NX

Jika Anda berkecimpung dalam dunia musik, sudah pasti tidak asing dengan instrumen bernama keyboard. Keyboard (kibor) adalah sebuah alat musik yang cara memainkannya seperti piano, yakni dengan cara dipencet. Harga keyboard bervariasi mulai dari yang paling murah berkisar ratusan ribu hingga yang paling mahal seperti Keyboard RD 700NX dengan harga puluhan juta rupiah per unit. Hal tersebut bergantung pada kualitas dan popularitas dari sebuah brand produsen keyboard yang bersangkutan.

Musisi memainkan keyboard Roland RD 700NX (sumber: wikimedia)
Musisi memainkan keyboard Roland RD 700NX (sumber: wikimedia)

Fitur Umum Keyboard

Dengan hanya bermodal satu perangkat musik ini, pengguna sudah bisa bermain musik layaknya sebuah full band. Pasalnya, yang menjadi kelebihan keyboard adalah bisa memainkan beragam suara seperti terompet, suling, gitar, biola hingga perkusi.

Bacaan Lainnya

Alat musik keyboard memang diciptakan untuk meniru piano, namun harganya lebih terjangkau. Keyboard sudah dilengkapi fitur metronom maupun irama pengiring untuk membantu pemain pemula untuk memainkan musik dengan tempo yang tepat, jadi tidak perlu membeli metronom lagi secara terpisah tidak seperti piano yang harus membeli metronom secara terpisah karena piano tidak mempunyai fitur metronom di dalam piano.

Dikenal sebagai alat musik modern, beberapa keyboard juga dilengkapi dengan fitur perekam musik yang dapat diputar sewaktu-waktu. Biasanya ini dipakai untuk menyanyi ala karaoke. Tak hanya itu, ketika musik diputar, Anda bisa menambahkan nada-nada untuk mengubah sedikit irama musik.

Baca juga  Info Review dan Update Harga Susu Kucing Growssy

Jika dilihat dari penampilan fisiknya, keyboard berbeda dengan grand piano. Keyboard terlihat lebih kecil dan lebih ringan, sehingga sangat mudah untuk dipindahkan atau dibawa. Suara yang dihasilkan pun agak berbeda dibandingkan dengan grand piano. Alat musik keyboard mendapatkan suaranya dari manipulasi kunci-kunci. Ada yang ditekan ( jari tangan), dan ada juga yang dipijak (menggunakan kaki). Susunan keyboard arahnya mengikuti logika, dari kiri nada-nada rendah, ke kanan nada-nada tinggi. Susunan kiri-kanan bass ke treble juga berlaku demikian.

Umumnya sebuah keyboard memiliki tuts 5 oktaf, meskipun pada beberapa tipe dan merek tertentu ada yang lebih dari 5 oktaf. Pengoperasian keyboard ini harus listrik. Biasanya dalam sebuah perangkat keyboard dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan fitur-fitur seperti style (musik iringan), karaoke, fitur untuk merekam, dan fitur lainnya. Keyboard dimainkan dengan menggunakan sepuluh jari yang dimainkan pada tuts sesuai nada-nada di dalam lagu yang dimainkannya. Melodi lagu dimainkan dengan jari tangan kanan sementara chord untuk mengiringi lagu dimainkan dengan jari-jari tangan kiri.

Semakin bergairahnya era digital membuat industri musik khususnya Indonesia semakin menggeliat. Meski pembajakan masih menjadi isu utama, namun faktanya hal ini tidak meredupkan kreativitas para musisi untuk berkarya. Industri musik Indonesia yang semakin bergairah ini menjadi salah satu faktor yang membuat pasar alat musik tanah air merasakan imbasnya.

Ilustrasi: Spesifikasi Roland RD 700NX (credit: OLX)
Ilustrasi: Spesifikasi Roland RD 700NX (credit: OLX)

Specs Roland RD 700NX

Di sejumlah toko alat musik, calon pembeli bisa dengan mudah ditemui merek keyboard dengan segala tipe dan jenis. Tiap merek tentunya menawarkan harga dan kualitas yang berbeda. Dari penawaran harga yang murah hingga harga tertinggi tergantung kebutuhan pemakainya. Sebut saja beberapa hasil produksi dari produsen keyboard kenamaan, seperti Casio, Yamaha, KORG, Roland, dan lain sebagainya.

Baca juga  Info Terbaru Harga Valacyclovir Obat Herpes

Khusus untuk Roland, brand ini bisa dibilang sebagai salah satu pemain lama dalam industri instrumen musik dunia. Selain keyboard, perusahaan ini juga memproduksi amplifier, piano, gitar, dan bass, hingga drum. Roland bergerak dibidang manufaktur alat musik, alat-alat elektronik dan software.

Perusahaan ini didirikan oleh Ikutaro Kakehashi di Osaka pada tanggal 18 April 1972. Namun pada tahun 2005, Roland berpindah ke Hamamatsu di Shizuko dan hingga saat ini memiliki beberapa pabrik yang tersebar di negara-negara besar di dunia, di antaranya adalah Italia, Amerika Serikat, Jepang, dan Taiwan.

Saat ini, sudah tersedia beragam jenis dan tipe keyboard keluaran Roland. Harga perangkat instrumen ini pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah per unit. Hal tersebut bergantung pada kualitas dari berbagai jenis dan tipe keyboard yang bersangkutan. Beberapa seri keyboard Roland yang menjadi andalan para musisi di Tanah Air adalah Roland RD 700NX dan Roland RD 300NX.

Baca juga  Update Harga Freezer Es Batu (Semua Merk)

Roland RD 700NX dikatakan sebagai tonggak sejarah baru di seri RD yang menawarkan sound, sentuhan, dan dari instrumen yang menakjubkan. Stage piano unggulan dari Roland ini menawarkan teknologi SuperNATURAL yaitu mesin suara piano yang canggih.

Sound piano elektrik yang berbasis teknologi SuperNATURAL yakni, PHA III ivory feel keyboard with escapement yang mewah, fitur sound focus yang unik, dan user interface pengembangan terbaru dengan LCD besar beresolusi tinggi. Meski pengguna tampil dengan hanya piano atau kumpulan sound via MIDI master, RD-700NX tetap menjadi instrumen impian di atas panggung.

Sementara untuk seri Roland RD 300NX, adalah sebuah piranti musik profesional yang sangat cocok buat kebutuhan panggung. Dengan desain yang ramping sehingga memudahkan pengguna untuk  memindahkan piano digital ini. Disertai dengan voice piano yang sangat mendekati nyata, dan dibekali dengan tuts hammer.

Harga Roland RD 700NX

Kedua seri keyboard besutan Roland ini dibanderol dengan harga yang bervariasi. Untuk seri Roland RD 700NX, dijual dengan harga kisaran Rp19 juta hingga Rp24 juta per unit, turun dari tahun lalu yang dibanderol Rp25 jutaan hingga Rp38 jutaan per unit. Sementara untuk seri Roland RD 300NX, ditawarkan dengan harga yang lebih murah, yakni sekitar Rp17 jutaan hingga Rp20 jutaan, juga turun dari tahun lalu dengan harga Rp18 juta hingga Rp26,5 jutaan.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.