Manfaat dan Update Harga KCL Cair Berbagai Merek

Dalam dunia pertanian, pemupukan menjadi hal yang begitu penting untuk memenuhi nutrisi tanaman sekaligus menciptakan pertumbuhan yang normal. Penggunaan pupuk untuk media hidroponik biasanya menggunakan pupuk NPK, KCL, dan Gandasil D, namun ketiga pupuk tersebut belum terdapat unsur zat besi.[1] Mempertimbangkan manfaat pupuk cair pada tanaman, para petani banyak yang membeli pupuk KCL dengan harga bervariasi tergantung ukuran kemasan.

Ilustrasi: pupuk cair semprot (sumber: thespruce)
Ilustrasi: pupuk cair semprot (sumber: thespruce)

Pupuk sebagai produk baru yang banyak dihasilkan oleh para produsen pupuk dan saat ini sudah beredar luas di pasaran. Salah satu pupuk yang cukup banyak diminati karena harga terjangkau yakni KCL. Pupuk cair yang satu ini termasuk pupuk akar yang hanya diberikan pada tanaman melalui akar saja dengan tujuan untuk mengisi dengan hara agar tanaman tumbuh subur dan memberikan hasil maksimal.

Bacaan Lainnya

KCL termasuk pupuk anorganik dengan kadar hara tinggi. Pupuk KCL termasuk ke dalam jenis pupuk anorganik yang memiliki kandungan kalium dan juga klorida. Di pasaran, pupuk ini biasa berbentuk kristal berwarna merah, bersifat higroskopis sehingga sangat mudah diserap oleh tanaman. Pupuk KCL cair termasuk pupuk pupuk yang banyak digunakan pada proses pemupukan tanaman padi. Pupuk ini digunakan karena memiliki beberapa kandungan nutrisi yang penting bagi tanaman padi antara lain kalium (K2O) sebesar 60% dan juga klorida sebesar 46%.

Baca juga  Jenis dan Update Harga Kertas Saring 1 Pack

Manfaat Pupuk KCL Cair

  • Memacu peningkatan aktivitas biji dan juga buah tanaman.
  • Memperkuat dan memperkokoh batang tanaman.
  • Melindungi tanaman dari serangan hama dan juga penyakit.
  • Meningkatkan daya tahan tanaman ketika terjadi kekeringan.
  • Membantu pembentukan protein dan juga karbohidrat pada tanaman.
  • Berperan sebagai aktivator enzim.
  • Membantu proses transportasi hasil asimilasi dari daun menuju berbagai jaringan tanaman.

Pupuk KCL cair memiliki sifat yang mudah larut di dalam air sehingga mudah diaplikasikan, tetapi tidak perlu diaplikasikan setiap saat ke tanaman. Disarankan bagi Anda yang akan menggunakan pupuk KCL cair yakni setiap 6 bulan sekali saja. Hal ini dikarenakan unsur K hanya terserap 30% ke dalam tanaman. Berikut ulasan lengkap harga berbagai merek pupuk KCL cair di pasaran.

Harga Pupuk KCL Cair

Produk pupuk KCL cair
Produk pupuk KCL cair
Merek Pupuk KCL Cair Harga (Rp)
Pupuk KCL cair 500 ml plus Boron Semar 22.500
Pupuk KCL cair 1 liter 25.000
Pupuk Bola KCL cair 1 liter plus ZPT 27.000
Pupuk KCL cair Platinum Extra 27.500
Pupuk cair KCL Bio flora untuk akar daun 1.000ml 35.000
Pupuk KCL cair Up Plus ZPT dan perekat 39.000
Pupuk KCL cair Berliant 500 ml 40.000
Pupuk Pelengkap Cair KCL 500ML Cap Bintang 42.500
Pupuk KCL cair Dewa Dewi 1 Liter 44.500
Pupuk cair Bio KCL Bina 1 liter 45.000
KCL Cair Mandala 500 ml 45.000
Pupuk KCL cair 1 liter Extra Plus GA3 49.000
Pupuk KCL cair Super 1 liter 52.500
Pupuk KCL cair + Silika 1 liter 55.000
Pupuk KCL cair Viral 250 ml 61.000
Pupuk Been Sae KCL cair 1 liter 65.000
Pupuk KCL cair Yoto 1 liter 65.000
Pupuk KCL cair Kanada Plus 1 liter 65.000
Pupuk KCL cair Nutri K-Plus untuk sawit 80.000
Baca juga  Update Harga Traktor Sawah Kubota (Semua Tipe)

Jika dibandingkan 2020 lalu, harga beberapa pupuk KCL cair mengalami perubahan pada 2021. Misalnya, pupuk KCL cair 1 liter Extra Plus GA3 yang terbilang naik dari harga Rp35 ribu menjadi Rp49 ribu. Begitu pula dengan pupuk KCL cair Dewa Dewi kemasan 1 Liter yang juga ikut naik dari harga Rp35.000 sekarang dijual seharga Rp44.500. Sedangkan pupuk KCL cair Super 1 liter naik dari harga Rp45.000, kini menjadi Rp52.500.

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga pupuk cair KCL dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Pupuk cair KCL dapat Anda temukan di toko pertanian terdekat atau memesannya secara online melalui sejumlah marketplace dengan harga bersaing.

Pupuk cair KCL cocok digunakan untuk padi, jagung, dan bawang merah. Khusus pemupukan padi pada fase bunting sampai pengisian, disarankan untuk memberikan pupuk unsur kalium agar bobot bulir bertambah. Anda juga dapat menunjang pupuk cair dengan unsur nitrogen untuk menambah panjang malai sekaligus memaksimalkan keluarnya malai padi. Sebagian petani menggunakan beberapa pilihan pupuk seperti Phonska Plus, NPK Mutiara, atau KNO3 dengan harga cukup mahal. Sedangkan sistem organik, Anda dapat menggunakan POC dari air cucian beras yang difermentasi.

Baca juga  Info Terkini Kisaran Harga Mercy B200 Sport (Baru & Bekas)

[1] Juan Pratama, Triyanto. 2020. Membuat Pupuk Organik Cair dengan Mudah. Jakarta: Elex Media Komputindo. Hlm 69.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.