Harga Bibit Durian Bawor (Kaki 1 & Kaki 3)

No comment439 views

Berbicara mengenai buah durian, mungkin nama yang paling dikenal masyarakat adalah durian montong dan Musang King. Padahal, selain dua nama tersebut, masih ada sejumlah jenis durian lain yang diprediksi bakal melejit dalam beberapa tahun ke depan, salah satunya durian bawor. Dengan yang tergolong murah, jenis ini punya buah berwarna oranye yang tebal, namun bijinya kecil dan tipis.

Durian bawor (sumber: olx.co.id)

Durian bawor (sumber: olx.co.id)

Durian, dengan nama latin Durio zibethinus Murray, merupakan tanaman asli Asia Tenggara yang beriklim tropis basah, seperti Indonesia, Thailand, dan Malaysia.[1] Meski demikian, menurut klaim Yayasan Durian Nusantara, seperti dilansir dari Kompas, semua durian berasal dari Pulau Kalimantan, termasuk Semenanjung Malaysia, walau tidak ada yang tahu pasti tepatnya di mana.

Setelah muncul dan pertama kali ditemukan di Pulau Borneo, saat ini durian memang telah menyebar. Ada durian yang dapat ditemukan di Pulau Jawa, Sumatera, hingga Lombok serta Papua. Bahkan, ada asumsi yang mengatakan bahwa durian montong yang diklaim berasal dari Thailand, bisa saja orang Negeri Gajah Putih mendatangkan bibit dari Kalimantan ke Thailand ratusan tahun yang lalu.

Baca juga  Harga Tanaman Monstera (Semua Varian)

Memang, durian yang dikenal masyarakat tidak jauh-jauh dari durian montong dan Musang King. Padahal, Indonesia memiliki banyak jenis durian yang tak kalah enak. Durian bido misalnya, merupakan salah satu varietas unggul lokal yang dirilis oleh Menteri pada tahun 2006 silam. Berasal dari Desa Jarak, Wonosalam, Kabupaten Jombang, jenis ini punya daging yang cukup tebal dan berwarna kuning dengan rasa manis pulen dan agak pahit jika sudah matang.[2]

Kelebihan Durian Bawor

Varietas lainnya yang dikatakan berpotensi menyamai popularitas durian montong adalah durian bawor. Berasal dari Banyumas, durian ini konon ditemukan warga setempat bernama Sarno Ahmad Darsono. Menurut kabar yang beredar, seperti dikutip dari Liputan6, naluri bawaan Sarno terhadap durian begitu kuat. Cukup melihat bijinya, ia sudah tahu jenis durian itu. Pengalamannya semasa kecil menemani sang ayah mencari durian hingga ke pelosok desa akhirnya membuat Sarno terobsesi pada durian.

Penjelajahan batin Sarno menjadikannya nekat memadukan 20 jenis durian lokal dengan teknik okulasi. Waktu tunggu durian hingga berbuah biasanya delapan tahun, dan ia perpendek menjadi tiga hingga empat tahun. Sarno kemudian membongkar tabungan ingatan dan koleksinya tentang durian unggul. Dia menguber informasi dari berbagai buku tentang teknik okulasi.

Baca juga  Info Cara Menanam & Harga Bibit Tomat (Semua Varietas)

Setelah berselang tiga-empat bulan, okulasi primer dengan sekunder mulai melekat. Ia lalu mencoba membuat okulasi lagi pada -pohon sekunder, dengan melukai -pohon itu untuk menempelkan durian lokal berkualitas sedang sebagai tersier. Banyaknya durian yang digunakan untuk okulasi membuat primernya tumbuh menyerupai bakau yang akarnya mencuat dari tanah.

Bibit durian bawor (sumber: mataharibibit.com)

Bibit durian bawor (sumber: mataharibibit.com)

Sekitar tahun 2000, pohon hasil percobaan Sarno menghasilkan 30 hingga 40 buah durian oranye yang berbeda dari aslinya. Kulitnya tipis, sedangkan dagingnya tebal dengan lebih merah daripada durian kuning mas. Rasa durian ini juga lebih puket dan beralkohol seperti durian petruk. Sementara, ukurannya sebesar durian kumbakarna dengan berat bisa mencapai lebih dari 12 kg.

Kelebihan durian ini adalah punya daging yang tebal namun dengan yang kecil dan tipis. Sedikit berbeda dengan jenis lainnya, durian bawor warna kuning tetap memiliki rasa yang manis meskipun belum terlalu matang. Sementara, jenis yang berwarna oranye menyala, punya rasa yang cenderung tawar ketika belum terlalu matang dan akan terasa pahit legit saat sudah matang.

Baca juga  Update Terkini Harga Pupuk SP-36 Subsidi dan Non-Subsidi

Harga Bibit Durian Bawor

Dengan segala keistimewaan tersebut, harga durian bawor memang bisa dikatakan relatif mahal. Untuk jenis yang paling murah, dijual dengan harga Rp50 ribuan per kilogram, lebih mahal dibandingkan durian montong. Bahkan, ketika tampil dalam gelaran Pekan Raya Durian di Jakarta pada September 2019 lalu, durian ini dilepas dengan harga mencapai Rp115 ribu per kg.

Melihat harganya, durian bawor tentu menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, terutama untuk Anda yang punya lahan cukup luas dan kebetulan senang bercocok tanam. Jika berminat mengembangbiakkan durian ini, Anda bisa membeli bibit durian bawor dengan harga mulai Rp15 ribuan untuk tunggal (kaki 1) dan mulai Rp25 ribuan untuk kaki 3. Sementara, jika membeli secara paket, harganya bisa mencapai angka Rp1 juta hingga Rp3 jutaan per paket.

[1] Ashari, S. 2004. Biologi Reproduksi Tanaman Buah-buahan Komersial. Malang: Bayumedia.

[2] Salasa, Kenanga Arum Novi, dkk. 2013. Identifikasi Tanaman Durian (Durio zibethinus Murray) Mirip Durian Varietas Bido di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang dengan Metode Isozim dan Morfologi. Jurnal Produksi Tanaman, Vol. 1(5): 427-433.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Bibit Durian Bawor (Kaki 1 & Kaki 3)"