Info Khasiat & Update Harga Minyak Kayu Cendana di Pasaran

Pohon cendana sudah tak asing lagi bagi masyarakat sebagai komoditi mahal sejak berabad-abad silam. Selain kayu cendana dapat dimanfaatkan menjadi berbagai produk, nilai jual dari cendana yakni pada minyaknya. Minyak cendana diketahui memiliki banyak khasiat, baik untuk kesehatan maupun dunia industri. Tak heran jika kayu cendana terbilang cukup mahal di pasaran dengan harga mencapai ratusan juta rupiah.

Ilustrasi: Minyak Cendana (credit: beautyglimpse)
Ilustrasi: Minyak Cendana (credit: beautyglimpse)

Di Indonesia, cendana yang dikenal sebagai the King of Plant Perfume ini tumbuh alami di Kepulauan Nusa Tenggara Timur (NTT), serta daerah lain di Jawa, bahkan Papua. Cendana terbagi menjadi dua macam, di antaranya cendana merah dan cendana putih. Cendana merah banyak tumbuh di daerah Funan dan India, sedangkan cendana putih banyak tumbuh di Indonesia. Dari segi kualitas, keduanya berbeda lantaran cendana merah relatif kurang harum dan kualitasnya kurang bagus, sehingga tidak terlalu laris.

Bacaan Lainnya

Anakan atau bibit cendana sangat peka terhadap kekeringan dan sinar matahari langsung, sehingga mudah layu. Itu sebabnya, cendana memerlukan tanaman inang sebagai peneduh. Jarak antara cendana dan tanaman inangnya sekitar 2 meter. Beberapa tanaman inang yang lazim dipergunakan adalah akasia, sengon, dan kayu manis.

Baca juga  Info Terbaru Harga Kapur Bangunan per Kg dan per Sak

Di tanah kaya humus, pertumbuhan cendana lebih baik dibandingkan tanah gersang. Cendana juga mampu tumbuh di tanah liat dan galuh, akan tetapi lebih baik di tanah galuh. Kisaran pH tanah yang ideal untuk cendana, mulai dari sedikit di bawah netral sampai sedikit alkalis. Pohon cendana akan tumbuh terus dan terhenti setelah berumur 60-80 tahun dengan mencapai 20-25 meter.

Anggota famili Santalaceae itu berbunga cepat pada umur 3-4 tahun. Bunga cendana hermafrodit, berbentuk tabung, dan memiliki 4-5 lidah yang terlepas satu dengan lainnya. Cendana Santalum album tumbuh baik di daerah yang berudara dingin dan kering serta cukup intensitas sinar matahari. Selama pohon cendana tersebut tumbuh, produksi minyak berjalan terus pada bagian akar kayu teras. Lalu, apa khasiat minyak kayu cendana?

Khasiat Minyak Kayu Cendana

Minyak kayu cendana (update: courtina.id)
Minyak kayu cendana (update: courtina.id)

Masa berbunga dan berbuah pohon cendana dipengaruhi oleh daerah tempat tumbuh. Pada umumnya, musim berbunga dimulai Desember – Januari dan buah masak pada Maret hingga Juli. Dalam 1 kg cendana, terdapat 5.000 – 8.000 biji yang mengandung 60% minyak merah kehitaman yang kental. Minyak semakin kental jika terkena sinar matahari atau dipanaskan. Selain biji, daun cendana juga menghasilkan minyak berwarna kuning pucat.

Baca juga  Manfaat dan Update Harga Grass Block (Paving Block Rumput) per M2

Minyak cendana memiliki kemampuan pengikat dan pencampuran yang baik. Minyak cendana kerap digunakan pada industri parfum, kosmetik, dan peralatan mandi. Sejumlah riset membuktikan manfaat lain minyak kayu cendana, yaitu membantu pengobatan penyakit bronkitis yang kronis karena memiliki sifat antiseptik dan antibakteri. Bahkan di China, minyak cendana untuk mencegah mual, muntah, hingga sakit perut. Minyak kayu cendana juga dapat dimanfaatkan dengan jumlah maksimal 0,001 persen untuk produk pangan dan industri minuman.[1]

Selain minyak, masyarakat cukup banyak mencari bibit tanaman untuk budidaya. Bibit pohon cendana dibanderol mulai harga Rp25 ribuan, tergantung tempat pembelian. Sedangkan 300g biji benih cendana wangi dapat Anda beli seharga Rp841.500 (turun dari sebelumnya, Rp941 ribuan). Anda juga dapat menemukan produk cendana berupa kayu gelondongan, serutan, akar, maupun galih dengan harga bervariasi di pasaran.

Harga Kayu Cendana

Ilustrasi: Kayu Cendana (credit: quintis)
Ilustrasi: Kayu Cendana (credit: quintis)
Jenis Produk Kayu Cendana Kisaran Harga (Rp)
Serutan kayu cendana wangi super asli 100 gr 44.000
Kayu cendana gelondongan 1 kilogram 250.000
Serutan kayu cendana wangi 300 gr SCS02 300.000
Akar kayu cendana 350 gram 1.500.000
Galih kayu cendana kg 1.600.000
Kayu cendana Super NTT 1 kg 1.900.000
Log kayu cendana 9 kg 4.500.000
Akar kayu cendana 5 kg 15.000.000
Baca juga  Update Harga Sabun Asepso di Indomaret, Alfamart, dan Apotek

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Jika dibandingkan dengan tahun 2021 lalu, harga kayu cendana tahun 2022 masih relatif stabil. Namun, ada beberapa produk yang berubah harganya. Misalnya, serutan kayu cendana wangi super asli 100 gr yang tadinya Rp65 ribu, kini turun jadi Rp44 ribu. Demikian pula akar kayu cendana 5 kg yang sebelumnya mencapai Rp19 juta, sekarang hanya Rp15 jutaan saja.

Anda dapat membeli kayu cendana di beberapa mebel atau toko kayu terdekat. Namun, khusus kayu cendana memang relatif jarang di pasaran, sehingga kemungkinan Anda harus memesan jauh-jauh hari. Di beberapa situs jual beli juga tersedia kayu cendana dengan harga bersaing, termahal bisa mencapai ratusan juta rupiah.

[Update: Dian]

[1]Trubus. 2009. Minyak Asiri. Jakarta: PT Niaga Swadaya, hlm 84.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.