Info Terbaru Harga Karton Yellow Board YB 30 dan YB 40 (Berbagai Ukuran)

Jika Anda membutuhkan kertas untuk membuat undangan hard cover, box souvenir, box rigid, atau sebagai bahan kerajinan tangan anak-anak di sekolah, Anda bisa memakai yellow board. Ini adalah kertas karton, yang seperti namanya, berwarna kuning serta punya tekstur yang tebal dan kayu layaknya papan. Biasanya dijual di toko ATK, penyedia fotokopi, hingga situs jual beli online, harga kertas ini tergolong terjangkau.

Ilustrasi: Wedding Souvenir Box (credit: whitakerschocolates)
Ilustrasi: Wedding Souvenir Box (credit: whitakerschocolates)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kertas karton. Dikutip dari Wikipedia, ini adalah bahan dasar kertas yang tebal. Meskipun tidak ada perbedaan yang jelas antara kertas dan kertas karton, paperboard biasanya punya ukuran lebih tebal (lebih dari 0,30 mm) daripada kertas dan memiliki atribut unggulan tertentu, seperti kemampuan melipat dan kekakuan. Menurut standar ISO, karton adalah kertas dengan gramatur di atas 250 g/m2, walau ada pengecualian.[1]

Bacaan Lainnya

Secara umum, kertas dapat dibagi menjadi dua, yakni kertas budaya dan kertas industri. Nah, kertas karton ini digolongkan sebagai salah satu kertas industri bersama dengan kertas kantong, kertas minyak (tracing paper), pembungkus buah-buahan (fruit wrapper), cigarette tissue, kertas bangunan, kertas pengemas makanan, kertas makanan, kertas isolasi elektris, serta pembungkus sayur-sayuran (water leaf paper).[2]

Kertas ini biasanya dibuat dari pulp, bisa pulp organik, pulp, sintetis, atau sisa produksi kertas (daur ulang). Pulp sendiri adalah bahan berserat yang merupakan produk antara dalam pembuatan kertas dan karton. Bahan baku untuk pulp adalah bahan berselulosa, seperti wood dan non-wood, salah satunya tandan kosong kelapa sawit.[3][4]

Baca juga  Update Harga Sangkar Burung Kapsul dalam Berbagai Merek & Ukuran

Manfaat Karton Yellow Board

Dalam kehidupan sehari-hari, kertas karton memiliki sejumlah manfaat. Material ini bisa dipakai sebagai bahan untuk membuat paper bag (art carton). Selain itu, kertas karton juga umum digunakan untuk mengemas barang, mulai dari makanan hingga sandang. Bahkan, sejak dekade 1970-an, karton merupakan bahan pengepakan yang umum dipakai di negara-negara maju, bukan cuma punya daya kuat, tetapi juga dinilai lebih praktis dan ekonomis.[5]

Lalu, bagaimana jika Anda ingin membuat cover majalah, undangan hard cover, atau jilid sampul hard cover untuk karya ilmiah seperti skripsi? Untuk berbagai tujuan ini, Anda dapat memakai karton yellow board. Seperti namanya, ini adalah varian kertas karton yang biasanya berwarna kuning, dengan tekstur yang cenderung kaku dan ukuran yang tebal.

Ketebalan kertas yellow board memungkinkannya untuk diaplikasikan dalam bentuk 3 dimensi. Pelajaran matematika mengenal beberapa jenis bangun ruang, di antaranya, balok, kubus, prisma, limas, tabung, dan sebagainya. Ketika anak-anak Anda mendapat tugas untuk membuat bangun-bangun ruang ini, sebaiknya memilih bahan kertas karton tebal. Proses pembuatan lebih mudah karena kertas ini bisa direkatkan menggunakan lem kayu warna putih.

Mahasiswa planologi dan arsitektur, yang biasa membuat miniatur perumahan, juga akan terbantu dengan adanya yellow board. Demikian pula mahasiswa komunikasi visual, karena mereka dapat membuat desain kemasan atau miniatur 3D dengan kertas yellow board ini. Selain itu, setiap mahasiswa pasti akan memerlukan kertas karton tebal untuk tugas akhirnya.

Baca juga  Update Harga Kuningan Sari per Kg dan Manfaatnya

Yellow card yang umum beredar di pasaran memiliki tingkat ketebalan antara 0,4 mm hingga 4,3 mm. dengan satuan gramatur seperti YB 30 dan YB 40. Kertas ini sayangnya tidak bisa dicetak offset, biasanya dilapisi dengan art paper atau dupleks.[6] Sementara, untuk membuat suatu undangan, umumnya dilapisi dengan fancy paper.

Tidak sulit mendapatkan karton yellow board. Anda bisa membelinya di berbagai percetakan, jasa fotokopi, toko ATK, bahkan situs jual beli online. Tersedia dalam berbagai ukuran ketebalan, harga kertas satu ini dapat dikatakan relatif terjangkau. Berikut kami sampaikan informasi terbaru kisaran harga karton yellow board di pasaran dalam negeri.

Kertas karton yellow board duplex (sumber: importer.co.id)
Kertas karton yellow board duplex (sumber: importer.co.id)

Harga Karton Yellow Board

Ukuran Yellow Board Harga
Yellow Board 40 (10,5 cm x 14,6 cm x 1,5 mm) Rp550 per lembar
Yellow Board 40 (11 cm x 15,5 cm x 1,5 mm) Rp750 per lembar
Yellow Board 40 (16 cm x 16 cm x 1,15 mm) Rp1.100 per lembar
Yellow Board 40 (21 cm x 33 cm x 1,5 mm) Rp4.725 per lembar
Yellow Board 40 (63 cm x 75 cm x 1,5 mm) Rp11.000 per lembar
Yellow Board 30 (16 cm x 16 cm x 2 mm) Rp1.250 per lembar
Yellow Board 30 (21 cm x 30 cm x 2 mm) Rp1.295 per lembar
Yellow Board 30 (21,5 cm x 33 cm x 2 mm) Rp1.950 per lembar
Yellow Board 30 (25 cm x 25 cm x 2 mm) Rp2.000 per lembar
Yellow Board 30 (16 cm x 45 cm x 2 mm) Rp2.000 per lembar
Yellow Board 30 (21 cm x 30 cm x 2 mm) Rp2.200 per lembar
Yellow Board 30 (63 cm x 75 cm x 2 mm) Rp16.600 per lembar
Baca juga  Info Terbaru Harga Rebana Satuan dan 1 Set

Harga karton yellow board dalam berbagai ukuran di atas kami rangkum dari sejumlah sumber, termasuk toko ATK dan situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya ada yang naik dan ada yang turun. Yellow board 30 ukuran 63 m x 75 cm x 2 mm misalnya, awalnya dijual Rp12 ribu per lembar dan sekarang naik menjadi Rp16 ribuan per lembar. Sebaliknya, harga yellow board 30 ukuran 21 cm x 30 cm x 2 mm turun dari Rp3.200 menjadi Rp2.200 per lembar.

[1] Robertson, Gordon L. 2005. Food Packaging: Principles and Practice (Edisi 2). CRC Press, hlm. 11.

[2] Tarigan, Dewi Fransiska Br, Manis Sembiring, Perdinan Sinuhaji. 2013. Pembuatan dan Karakterisasi Kertas dengan Bahan Baku Tandan Kosong Kelapa Sawit. Jurnal Saintia Fisika, Vol. 5(1).

[3] Ibid.

[4] Roliadi, Han dan Ridwan A. Pasaribu. 2006. Pembuatan dan Kualitas Karton dari Campuran Pulp Tandan Kosong Kelapa Sawit dan Sludge Industri Kertas. Jurnal Hasil Hutan, Vol. 24(4): 323-337.

[5] Suryati, Lilis. 1985. Kemasan Karton. Bulletin No. 33 Triwulan III.

[6] Hardiansyah, Irfan Arifin, Aswar. 2017. dan Perwajahan Majalah Kurva Desain Komunikasi Visual. Jurnal Imajinasi Universitas Negeri Makassar, Vol. 1(2): 80-92.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *