Harga Kandang/Sangkar Lovebird Ebod (Plastik, Kayu, Fiber, Akrilik)

Jika Anda ingin memelihara di rumah, salah satu peralatan yang wajib Anda miliki adalah sangkar atau . Untungnya, di pasaran, telah tersedia beragam dan merek sangkar , termasuk bikinan Ebod. Khusus untuk lovebird, harga sangkar Ebod saat ini dijual di kisaran harga ratusan ribu rupiah per buah.

Burung Lovebird liar (sumber: Wikipedia)

Burung Lovebird liar (sumber: Wikipedia)

Sangkar atau kandang burung bisa diartikan sebagai rumah untuk burung, dengan bentuk biasanya kotak atau bulat, serta memiliki berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan ukuran burung. Sangkar burung ini biasanya dibuat mengikuti ukuran burung, dengan tujuan agar burung yang bersangkutan selalu merasa nyaman dan tidak mudah stres ketika berada di dalam kandang.

Bagi para penggemar burung, sangkar merupakan benda yang tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, keberadaan sangkar dapat memengaruhi burung yang mereka pelihara. Sangkar dapat memengaruhi kondisi burung yang bersangkutan, termasuk si burung bakal menjadi lebih rajin berkicau atau tidak.

Seperti disampaikan di atas, sangkar yang hendak dipakai sebaiknya disesuaikan dengan besar kecilnya burung yang akan dipelihara. Sangkar ini boleh berbentuk bulat atau persegi, terpenting luas sangkar harus cukup lapang untuk kebutuhan burung, sehingga ia dapat bergerak leluasa dan merasa nyaman. Sebaliknya, sangkar yang memiliki ukuran terlalu kecil akan menimbulkan rasa tidak nyaman, kurang keleluasaan bergerak, sehingga lama-kelamaan burung akan mengalami stres dan tekanan mental.

Jika burung yang dipelihara termasuk bersifat gesit, disarankan untuk menempatkan di sangkar dengan ruji-ruji yang rapat. Sementara, jenis burung yang memiliki temperamen cenderung jinak, bisa ditempatkan di kandang dengan ruji-ruji renggang. Selain itu, jangan lupa juga menempatkan sarana yang diperlukan burung, termasuk untuk nangkring, lantai sangkar, tempat makan, tempat minum, dan lain-lain. Pada bagian alas, sebaiknya juga ditempatkan ruji-ruji untuk menghindari kaki burung menginjak kotorannya sendiri.

Kayu untuk nangkring sendiri sebaiknya berbentuk bulat, dengan besar yang dapat disesuaikan dengan cengkeraman kaki burung yang bersangkutan. Ukuran kayu diusahakan jangan terlalu besar atau terlalu kecil, dengan paling bagus terbuat dari kayu alam yang tidak berbau. Selain itu, jendela atau pintu sangkar juga harus memiliki ukuran memadai, sehingga memudahkan untuk membersihkan sangkar burung, selain mudah menaruh atau mengganti makanan dan minuman burung.

Syarat yang lain untuk sangkar yang baik adalah tidak berbau, terutama bau cat, vernis, maupun bau-bau lain yang keras dan bersifat merusak pernapasan burung. Jika sangkar menghasilkan bau yang tidak nyaman, burung berpotensi tidak mau makan, selalu gelisah, terbang tak tentu arah, dan akhirnya akan menderita stres. Untuk membersihkan bau ini, setelah dibeli, Anda bisa menyemprot sangkar dengan air secara berulang-ulang, kemudian diberi obat pencuci hama, lalu disemprot lagi dengan air sampai bersih.

Jika burung sudah berada di dalam sangkar, penempatan kandang pun harus diperhatikan. Umumnya, burung kicau menyukai tempat-tempat yang tenang atau tidak berisik. Burung-burung ini menyenangi tempat-tempat dengan udara sejuk tetapi kering (tidak lembap) dan cukup berangin (bukan dari AC). Kebanyakan, sangkar burung kicau diletakkan di emper-emper rumah atau di beranda yang agak terbuka.

Meski burung lebih menyukai tempat yang tenang dengan suasana yang sejuk, bukan berarti burung terasing dari manusia. Tempatkan sangkar burung di daerah yang tidak terasing dari manusia (tidak ramai dan tidak sepi) agar burung tidak takut pada manusia dan terbiasa dengan lingkungan di sekitarnya. Burung yang tidak pernah melihat manusia akan menjadi bingung ketika didekati oleh orang.

Jenis Kandang Burung Lovebird

Varian sangkar burung Ebod (sumber: jualo.com)

sangkar burung Ebod (sumber: jualo.com)

Jika kebetulan Anda ingin memelihara burung jenis lovebird, ada beberapa tipe sangkar yang bisa Anda pilih sesuai dengan keperluan, antara lain:

  • Kandang umbaran, adalah salah satu jenis yang cocok jika Anda hendak beternak lovebird. Kandang ini biasanya punya ukuran yang cukup besar, dapat digunakan untuk menempatkan banyak lovebird secara bersamaan. Kandang ini dapat dipakai untuk melakukan seleksi indukan yang nantinya hendak diternakkan. Jika ada dua lovebird yang berpasangan, Anda dapat memindahkannya ke kandang khusus yang dinamakan kandang penjodohan.
  • Kandang penjodohan, adalah kandang yang digunakan untuk mempermudah peternak memantau burung. Selain itu, kandang ini juga memudahkan burung lovebird dalam melakukan proses kawin. Kandang jenis ini sendiri punya ukuran yang tidak terlalu besar, namun burung tetap bisa bergerak atau terbang. Di setiap kandang, biasanya disediakan tempat untuk bertelur (glodok), ranting-ranting kecil, daun-daun kering, dan bahan alami kering lainnya.
  • Selain dua model di atas, ada juga kandang lovebird yang diperuntukkan lomba. Kandang ini biasanya memiliki bentuk bulat standar, dengan konstruksi yang kokoh dan multifungsi. Kandang ini dapat digunakan untuk menempatkan anakan maupun indukan lovebird. Ada juga yang menyediakan kandang lovebird dengan berbagai ukiran dan gambar, sehingga burung terlihat lebih elegan.

Tidak sulit menemukan kandang untuk lovebird Anda. Salah satu merek yang cukup terkenal di kalangan pencinta burung adalah Ebod Jaya. Ini adalah salah satu produsen sangkar burung yang telah menghiasi berbagai arena atau festival kicau burung di seluruh Indonesia, mulai Sabang hingga Merauke.

Untuk mendapatkan sangkar yang berkualitas, Ebod Jaya ternyata melakukan proses yang tidak singkat. Selain divisi perakitan, proses pembuatan sangkar juga melewati divisi pengecatan dan divisi finishing. Paling baru, ada juga proses pencetakan tebok yang akhirnya membuat sangkar Ebod Jaya menggunakan limbah plastik.

Tidak sulit mendapatkan sangkar burung lovebird bikinan Ebod Jaya. Anda bisa membeli kandang ini di berbagai toko burung atau pasar hewan, bahkan situs jual beli online. Harga kandang lovebird keluaran Ebod sendiri bervariasi, tergantung ukuran dan modelnya. Berikut kisaran harga kandang lovebird buatan Ebod Jaya.

Harga Kandang Lovebird Ebod

Sangkar burung Ebod (sumber: jualo.com)

Sangkar burung Ebod (sumber: jualo.com)

Model Kandang LovebirdHarga
Sangkar Lovebird PlastikMulai Rp261.000
Sangkar Lovebird PVCMulai Rp305.000
Sangkar Lovebird PVC + TebokMulai Rp395.000
Sangkar Lovebird Klasik Mulai Rp519.000
Sangkar Lovebird Edisi MOTOGPMulai Rp600.000
Sangkar Lovebird Jati Semi MarmerMulai Rp600.000
Sangkar Lovebird Mulai Rp603.000
Sangkar Lovebird Jati MotifMulai Rp660.000
Sangkar Lovebird Plastik KerasMulai Rp800.000
Sangkar Lovebird Full Akrilik Mulai Rp1.475.000
Sangkar Lovebird FiberMulai Rp1.700.000

Harga sangkar atau kandang lovebird buatan Ebod Jaya di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Harga kandang lovebird buatan Ebod Jaya tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung datang ke toko atau pasar burung terdekat.

Baca juga  Harga Terbaru Mod Podge, Lem untuk Seni Decoupage
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Kandang/Sangkar Lovebird Ebod (Plastik, Kayu, Fiber, Akrilik)"