Update Harga Ikan Layang per Kilogram (Kg)

Berbicara tentang jenis ikan, mungkin sebagian besar dari Anda sudah mengenal ataupun bahkan melihat jenis ikan layang secara langsung di laut. Hal ini dirasa wajar sebab keberadaan ikan layang di perairan Indonesia cukup banyak dan tersebar merata di berbagai daerah. Ikan ini sendiri sering dikonsumsi dan diolah dalam berbagai jenis makanan. Di pasaran, ikan kembung layang bervariasi, tergantung stok.

Ikan layang (sumber: agrowindo.com)
Ikan layang (sumber: agrowindo.com)

Meskipun tinggal di Indonesia dengan hasil laut yang melimpah, sayangnya banyak dari kita yang masih malas mengonsumsi ikan. Padahal, selain dan gizi yang baik untuk kesehatan, ikan juga termasuk makanan yang bisa diolah menjadi berbagai menu masakan, termasuk jenis ikan kembung layang ini. 

Bacaan Lainnya

Jenis ikan laut yang sering dijadikan teman makan nasi orang Indonesia ini memiliki protein yang tinggi serta kadar lemak yang rendah. Selain itu, ikan layang juga mengandung kalsium, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, serta omega 3. Tidak hanya bergizi, ikan layang juga tak kalah nikmatnya. 

Ikan layang merupakan salah satu jenis ikan yang produksinya cukup tinggi di Indonesia dan memiliki pangsa pasar yang luas di pasaran domestik maupun internasional. Ikan ini merupakan ikan jenis pelagis kecil perenang cepat yang bergerombol, biasanya dengan ikan pelagis jenis lain seperti lemuru, tembang, kembung, selar, atau ekor kuning. Ikan layang memiliki bentuk memanjang dan pipih, dengan tubuh berkisar 15-25 cm yang ditutupi oleh sisik lingkaran (cycloid) halus.

Baca juga  Info Jenis dan Update Harga Makanan Kucing Di Indomaret & Alfamart

Hewan tersebut hidup di perairan lepas pantai dengan kadar garam yang tinggi. Ikan ini bersifat stenohalin, artinya hidup pada perairan dengan variasi salinitas yang sempit, biasanya sekitar 31-33 ppt. Di laut, sering terjadi perubahan pola arus dan pola sebaran salinitas yang tergantung dari musim. Karena itu, ikan layang akan melakukan migrasi mencari perairan yang optimal sesuai dengan kehidupannya.

Merupakan ikan yang melakukan migrasi, jenis ini akhirnya memiliki persebaran yang luas. Ikan layang dapat ditemukan di perairan beriklim tropis maupun subtropis. Jenis ikan layang yang sudah memiliki nama valid yang tersebar di seluruh dunia sejumlah 11 spesies, dengan 6 spesies tersebar di perairan Indonesia. Jenis ikan layang yang memiliki persebaran luas adalah Decapterus macarellus. Sementara, jenis ikan layang endemik yang hidup di perairan subtropis Selandia Baru adalah Decapterus Koheru.

Ikan layang sendiri adalah ikan perenang cepat dan hidup secara berkelompok di laut yang jernih dan bersalinitas tinggi, berkisar ± 32%. Ikan ini juga termasuk dalam jenis ikan stenohalin yang dapat hidup hanya dengan memakan plankton. Makanan ikan layang sangat tergantung pada plankton, terutama jenis-jenis zooplankton. Pada beberapa kasus, ikan layang tidak mutlak hanya tergantung memakan zooplankton.

Ilustrasi: Olahan Ikan Kembung Layang (credit: sajiansedap)
Ilustrasi: Olahan Ikan Kembung Layang (credit: sajiansedap)

Ciri Ikan Layang

  • Badan memanjang dan agak gepeng.
  • Sirip punggung pertama berjari-jari keras 9.
  • Sirip punggung kedua berjari-jari keras 1 dan 30-32 lemah.
  • Sirip dubur berjari-jari keras 2 dan 1 bergabung dengan 22-27 jari sirip lemah.
  • Baik di belakang sirip punggung kedua dan dubur, terdapat 1 jari-jari sirip tambahan (finlet).
  • Dapat mencapai 30 cm, umumnya 20-25 cm.
  • Umumnya berwarna biru kehijauan, hijau pupus bagian atas, putih perak bagian bawah.
  • Sirip-siripnya berwarna abu-abu kekuningan atau kuning pucat.
  • Satu totol hitam terdapat pada tepian atas penutup insang.
Baca juga  Keunggulan dan Update Harga Gula Tropicana Slim (Semua Varian)

ikan layang di Indonesia diperoleh dari hasil penangkapan yang dilakukan nelayan dengan menggunakan alat tangkap, antara lain bagan, jaring insang (gillnet), payang, dan pukat cincin (purse seine). Ikan layang banyak tertangkap di perairan yang berjarak 20-30 mil dari pantai dan pada kedalaman 45-100 meter di bawah permukaan air laut. 

Puncak musim penangkapan terjadi pada bulan April-Mei dan bulan Oktober-November. pada bulan Oktober-November lebih besar daripada bulan April-Mei. Ikan ini sendiri merupakan jenis ikan yang memiliki produksi paling tinggi di Indonesia dibandingkan dengan jenis ikan yang lainnya. yang mencapai 52% dari seluruh hasil tangkapan, yaitu sekitar 2.323.365 ton per tahun.

Ikan layang kembung berbeda dari ikan hias, pasalnya ikan tersebut dapat dikonsumsi. Ikan layang menduduki peringkat tertinggi, baik dari segi persediaan maupun hasil penjualan, karena ikan ini dikonsumsi oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. kimia daging ikan sangat bervariasi tergantung spesies, jenis kelamin, umur, musim dan kondisi lingkungan tempat ikan tersebut ditangkap. Lalu, berapa harga ikan layang saat ini di pasaran?

Harga Ikan Layang - id.wikipedia.org
Harga Ikan Layang – id.wikipedia.org

Harga Ikan Layang 

Pilihan Ikan Layang Kisaran Harga (Rp)
Ikan Layang Segar 1 kg 45.000
Ikan Layang Klotok/Asin 1 kilogram 48.000
Ikan Layang 1 kg Jumbo Frozen/Beku 55.000
Ikan Layang Rebus Medan 1kg 110.000
Baca juga  Info Keunggulan dan Update Harga Sofa Bed Inoac

Harga ikan layang di pasaran sendiri cenderung fluktuatif, tergantung persediaan. Tercatat pada 2019, harga ikan tersebut berkisar Rp10 ribuan hingga Rp40 ribuan per kilo. Kemudian pada 2020 lalu, penjual menawarkan ikan layang dengan harga mulai Rp18 ribu hingga Rp39 ribuan per kilogram (kg). Harga tersebut tentu terbilang naik pada 2021 ini yang berada pada kisaran harga Rp45 ribu per kg.

Perlu diingat, harga di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membelinya di pasar ikan terdekat atau memesan produk pada sejumlah situs jual beli online yang tersedia.

[Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.