Update Harga Hati Sapi per Kg

Hati sapi merupakan salah satu bagian dari tubuh sapi yang sering dijadikan makanan. Hidangan yang terbuat dari hati sapi umumnya adalah sambal goreng dan ampela ati goreng. Di pasaran sendiri, Anda bisa mendapatkan hati sapi dengan harga yang bervariasi, berkisar puluhan ribu per kg. Namun, ada beberapa kondisi yang disarankan untuk membatasi konsumsi hati sapi.

Ilustrasi: Cara Mengolah Hati Sapi (credit: rafterwranch)
Ilustrasi: Cara Mengolah Hati Sapi (credit: rafterwranch)

Manfaat Hati Sapi

Menurut Alodokter.com, hati sapi sebenarnya mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya, bersamaan dengan itu, hati sapi juga menyumbangkan kolesterol dengan jumlah tinggi. Hal ini disebabkan hati adalah organ yang memproduksi kolesterol sekaligus menyimpannya. Tidak mengherankan jika kadar kolesterol paling tinggi pada daging hewan ada pada hati.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, jika Anda mengonsumsi hati sapi seberat 85 gram, itu berarti ada asupan kolesterol sebanyak 331 mg. Padahal, jumlah asupan kolesterol yang disarankan bagi orang dewasa adalah tidak lebih dari 300 mg per hari. Jumlah itu sudah melebihi kebutuhan kolesterol dalam satu hari. Belum lagi jika Anda mengonsumsi makanan lain yang juga mengandung kolesterol.

Untuk menghindari risiko kelebihan kolesterol, penting bagi Anda untuk membatasi konsumsi hati sapi. Jika Anda ingin menikmatinya, konsumsi hati sapi cukup satu kali dalam sebulan. Porsi yang disarankan tidak lebih dari 85 gram agar Anda terhindar dari kelebihan kolesterol. Konsumsi hati sapi sebaiknya mempertimbangkan kondisi tubuh. Batasi hati sapi jika Anda berisiko mengalami kolesterol tinggi.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Namun, pada sebagian orang, makan hati sapi cukup dianjurkan karena hati sapi memang mengandung zat besi yang tinggi. Seperti diketahui, zat besi adalah unsur penting dalam pembentukan sel darah merah dan karenanya hati sangat bagus dikonsumsi oleh mereka yang memiliki kadar hemoglobin (Hb) rendah.

Selain zat besi, hati sapi dikatakan mengandung vitamin A, vitamin B12, asam folat, vitamin C, fosfor, dan seng, yang bagus dikonsumsi oleh mereka yang dalam sedang dalam masa penyembuhan dari sakit dan ibu hamil. Hati sapi juga dipercaya mengandung zat kolin yang berperan penting untuk perkembangan otak dan karenanya bagus untuk dikonsumsi anak balita.

Olahan hati sapi sendiri memang cukup digemari. Hidangan yang satu ini pun cukup sering dijumpai di banyak rumah makan, mulai warung bawah hingga restoran kelas atas. Orang Indonesia punya banyak masakan yang dibuat dari hati sapi. Sebaliknya, masakan Western atau masakan Asia lainnya justru tak banyak atau malah tak ada yang menggunakan hati sapi.

Mengolah hati sapi bisa dalam bumbu seperti sambal goreng, rendang, dendeng balado, atau masak kecap. Dalam olahan yang sederhana, bisa dibuat saus tiram hanya dengan bumbu bawang putih dan jahe. Untuk bahan lainnya, hati sapi paling enak dikombinasikan dengan atau sayuran keras (seperti buncis, kacang merah, atau krecek).

Saat ini, tidak susah mendapatkan hati sapi karena Anda bisa membelinya di pasar tradisional maupun swalayan modern dan situs jual beli online. Harga hati sapi sendiri bervariasi, tergantung bobot hati sapi dan jenis sapi yang bersangkutan. Berikut informasi perbandingan harga hati sapi per kg pada 2022 dan 2023.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas
Hati Sapi Siap Masak (sumber: shopify.com)
Hati Sapi Siap Masak (sumber: shopify.com)

Harga Hati Sapi per Kilo

Pilihan Hati Sapi Harga per Kg Sebelumnya Harga per Kg Sekarang
Hati Sapi Lokal Fresh Rp40.000 – Rp48.000 Rp40.000 – Rp60.000
Hati Sapi Lokal Frozen Rp44.000 Rp29.000
Hati Sapi Impor Fresh (Australia/Aus Beef Liver) Rp47.500 – Rp50.000 Rp34.000 – Rp37.500
Hati Sapi Impor Beku Halal Rp49.500 Rp36.400

Jika dibandingkan penawaran 2021, harga hati sapi di pasaran tahun 2022 cenderung naik, namun cenderung turun pada 2023. Misalnya, hati sapi lokal fresh semula dibanderol mulai harga Rp37.500, tahun 2022 mencapai Rp40.000 hingga Rp48.000 per 1 kilogram, kemudian tahun 2023 kisaran Rp40 ribu sampai Rp60 ribu. Sementara itu, harga hati sapi di Superindo per 100 gram terpantau naik dari Rp3.600, tahun 2022 dijual Rp4.250, namun sekarang turun jadi Rp3.790 per 100 gr.

Tips Mengolah Hati Sapi

Sajian menu hati sapi (sumber: double8cattle.com)
Sajian menu hati sapi (sumber: double8cattle.com)
  • Pilih hati sapi dengan kualitas terbaik. Hati sapi yang masih segar memiliki ciri, yaitu warnanya yang merah terang dan merata. Selain itu, jika diraba permukaannya mulus dan tidak terdapat benjolan atau gumpalan. Aroma hati sapi yang masih segar juga biasanya tidak berbau amis atau anyir yang terlalu kuat. Hindari membeli hati sapi yang beku karena Anda akan kesulitan mengecek kesegarannya.
  • Cuci hati sapi sampai bersih. Meskipun Anda sudah membeli hati sapi yang segar, bukan berarti hati sapi tersebut bebas kuman. Anda harus tetap mencucinya sampai bersih. Namun, hindari mencuci hati sapi terlalu lama karena bisa membuat hati sapi menjadi hancur. Anda cukup mencucinya sebentar saja di air mengalir sampai darahnya benar-benar hilang.
  • Rebus hati sapi terlebih dahulu. Sebelum dimasak, sebaiknya Anda merebus hati sapi terlebih dahulu bersama daun salam, jahe, dan garam. Penambahan rempah tersebut bertujuan agar bau anyir hati sapi bisa hilang. Pada saat perebusan ini, Anda bisa memotong hati dengan ukuran yang disesuaikan dengan jenis masakan. Namun, pastikan ukuran hati sapi tidak terlalu kecil, karena bisa membuatnya mudah hancur. Perlu diperhatikan, perebusan ini dilakukan sampai hati sapi setengah matang saja, karena nantinya hati sapi akan diolah kembali.
  • Hindari memasak hati sapi terlalu lama. Setelah hati sapi direbus setengah matang, angkat dan tiriskan. Tunggu sampai air rebusan hati sapi turun. Setelah itu, Anda bisa mulai memasak hati sapi menjadi aneka hidangan sesuai selera. Apapun jenis hidangan yang akan Anda buat, pastikan Anda tidak memasaknya terlalu lama.
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Di samping itu, Anda perlu mewaspadai hati sapi yang sudah terjangkit cacing. Hati sapi berwarna merah muda atau terang, akan terdapat lubang kecil tempat cacing bersarang. Biasanya, cacing akan kurang tampak dari luar, tetapi saat dipotong, akan terlihat lubang-lubang dan cacing hidup biasanya masih ada di dalamnya.

Meskipun cacingnya dapat mati jika dipanaskan dalam suhu tinggi sekitar 70 derajat Celsius, tetapi bila tetap dikonsumsi, akan menimbulkan rasa mual bahkan muntah-muntah. Sebaiknya Anda membeli hati sapi di toko daging khusus atau di pasar swalayan yang sudah punya jaminan kebersihan dan kesehatan sapi potong.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *