Kandungan dan Update Harga Hati Angsa (Foie Gras)

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah pernah menyantap hati ayam dan hati sapi, atau bisa disebut jeroan. Namun, apakah Anda juga pernah mencicipi kelezatan hati angsa? Hati angsa, sering juga disebut foie gras, adalah hati bebek atau angsa yang telah diperbesar melalui teknik pemberian makanan khusus. Populer di Prancis, harga hati angsa ini dapat dikatakan cukup mahal, bisa mencapai angka jutaan untuk bobot yang hanya 550 gram.

Hati Angsa atau Foie Gras (sumber: novoviande.fr)
Hati Angsa atau Foie Gras (sumber: novoviande.fr)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bagian hewan yang dinamakan hati. Biasa pula dengan ampela, ini sebenarnya merupakan salah satu bagian jeroan, yakni organ dalam hewan yang siap diolah menjadi berbagai jenis masakan. Jeroan sendiri tidak hanya berupa ampela, tetapi juga dapat berupa lidah, babat, usus, paru, jantung, limpa, dan otak. Namun, masyarakat umum terlanjur menyamakan jeroan dengan hati atau ampela.

Bacaan Lainnya

Dalam konsumsi yang wajar, seperti dilansir dari Alodokter, mengonsumsi jeroan sebenarnya dapat memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, jeroan mengandung sejumlah nutrisi yang diperlukan tubuh kita, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin E, vitamin K, zat besi, magnesium, selenium, dan zinc. Sejumlah vitamin dan mineral ini dapat berperan dalam metabolisme tubuh, menyehatkan dan otak, serta mengurangi keluhan rasa lelah dan sakit kepala. Bahkan, menurut USDA, hati ayam mengandung protein hewani yang cukup tinggi, sebesar 16,92 gram per 100 gram.[1]

Baca juga  Info Terupdate Daftar Harga Menu Roti’O

Namun, apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, jeroan, termasuk hati, dapat memberikan dampak negatif yang sangat buruk untuk kesehatan tubuh kita. Hati diketahui memiliki cukup kadar dan akan menghentikan pengambilan LDL (low-density lipoprotein) atau kerap disebut kolesterol jahat yang akhirnya meningkatkan kadar kolesterol total.[2] Kadar yang tinggi sudah sering dikaitkan dengan risiko penyakit, termasuk serangan jantung dan tekanan darah tinggi.

Kandungan dan Manfaat Hati Angsa

Hati angsa/foie gras (sumber: tribunnews)
Hati angsa/foie gras (sumber: tribunnews)

Selain hati ayam, dan juga hati sapi, produk sejenis yang mulai diminati banyak orang di Indonesia, terutama mereka yang punya anggaran mencukupi adalah hati angsa. Sebelumnya, makanan olahan hati angsa ini memang tidak terlalu populer di Indonesia. Namun, seiring waktu, banyak yang berburu hati angsa, salah satunya karena alasan prestise.

Dikenal dengan sebutan foie gras dalam bahasa Prancis, hati angsa adalah organ yang mengandung banyak lemak, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin B, zat besi, dan fosfor, karena memang fungsi hati adalah sebagai organ penyimpanan berbagai nutrisi. Makanan ini juga dikatakan punya tekstur yang lembut dan rasa mentega, serta dapat diolah dengan berbagai cara, termasuk sebagai pate de foie gras dengan roti atau cracker.

Baca juga  Info Terbaru Harga Fudgy Brownies (Semua Merk dan Varian Topping)

Dikutip dari Dokter Sehat, hati angsa dikatakan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan sebagai anti-inflamasi karena sebagian besar kandungan lemak di dalam foie gras adalah lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, hati angsa juga diklaim bisa memproduksi sel darah merah dan energi, mencegah masalah penglihatan, punya protein yang menyehatkan, serta konon dapat meningkatkan harapan untuk hidup lebih lama.

Dengan berbagai manfaatnya tersebut, tidak heran jika akhirnya banyak yang tertarik mengonsumsi hati angsa. Alasan lainnya, seperti disinggung di atas, adalah masalah prestise. Pasalnya, harga hati angsa memang tidak murah. Pada 2022 lalu, harga hati angsa Larnaudie 1 kg impor berada di kisaran Rp2,89 jutaan, sedangkan merk Rougie Puree kemasan 300 gr dijual seharga Rp3 jutaan. Lalu, berapa harga hati angsa di pasaran dalam negeri saat ini?

Produk hati angsa dalam kemasan (sumber: dartagnan.com)
Produk hati angsa dalam kemasan (sumber: dartagnan.com)

Harga Hati Angsa

Bobot Hati Angsa Harga
Hati Angsa 100 gr Rp153.000
Hati Angsa 100 gr Rp180.000
Hati Angsa 250 gr Rp420.000
Hati Angsa 440 gr Rp808.163
Hati Angsa 550 gr Rp1.010.204
Baca juga  Info Harga Pewarna Makanan Koepoe (Cair & Bubuk)

Harga hati angsa di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga hati angsa tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing pedagang bisa saja berbeda. Sebagai perbandingan, tahun lalu, hati angsa 200 gr dijual dengan harga mulai Rp345.000  hingga Rp553.000, sedangkan harga hati angsa seberat 500 gr berkisar Rp1,16 jutaan.

Meski sekarang semakin diburu, tetapi konsumsi hati angsa hingga detik ini masih menuai kontroversi. Dilansir dari Klik Dokter, jika dikonsumsi berlebihan, kalori tinggi dalam hati angsa dapat meningkatkan berat tubuh. Selain itu, juga dapat meningkatkan kadar dalam darah. Tidak hanya itu, dilansir dari Kompas, untuk mendapatkan hati berukuran jumbo, konon angsa diberi makan secara paksa. Praktik yang dikenal dengan praktik gavage ini dipandang sebagai jenis kekejaman terhadap binatang.

[Update: Ditta]

[1] Nadirah, Sitti. 2019. Analisa Kandungan Lemak, Protein dan Organoleptik Ilabulo Hati dan Ampela Ayam. Gorontalo Agriculture Technology Journal, Vol. 2(1): 1-9.

[2] Yoeantafara, Alodiea dan Santi Martini. 2017. Pengaruh Pola Makan terhadap Kadar Total. Jurnal MKMI, Vol. 13(4): 304-309.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *