Harga Lonceng Kecil (Berbagai Ukuran)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan benda bernama lonceng. Biasa pula disebut bel, lonceng adalah sebuah peralatan sederhana yang digunakan untuk menciptakan bunyi. Memiliki bentuk mirip tabung dengan salah satu sisinya terbuka dan bergema ketika dipukul, lonceng telah hadir dalam berbagai ukuran, mulai kecil, sedang, hingga besar. Anda bisa membelinya di berbagai toko aksesori maupun situs jual beli online dengan harga relatif terjangkau.

Lonceng (sumber: pinterest)
Lonceng (sumber: pinterest)

Pengertian dan Lonceng

Jika Anda mengasosiasikan alat musik perkusi dengan drum, cajon, atau rebana, Anda memang tidak salah. Namun, tahukah Anda bahwa lonceng juga merupakan salah satu musik jenis perkusi? Yup, lonceng adalah instrumen perkusi idiofon yang dipukul secara langsung. Kebanyakan lonceng memiliki bentuk cangkir berongga yang ketika dipukul bergetar dalam satu nada pukulan yang kuat, dengan sisi-sisinya membentuk resonator yang efisien. Pukulan dapat dilakukan dengan ‘clapper’ atau ‘uvula’ internal, palu eksternal, atau dengan bola longgar kecil yang tertutup di dalam badan lonceng (jingle bell) untuk lonceng berukuran kecil.

Bacaan Lainnya
Baca juga  Update Harga Excavator Komatsu (Baru dan Bekas)

Umumnya, lonceng terbuat dari logam lonceng (sejenis perunggu) karena sifat resonansinya, tetapi juga dapat dibuat dari bahan keras lainnya, tergantung pada fungsinya. Beberapa lonceng kecil seperti lonceng hias atau lonceng sapi kerap dibuat dari logam tuang atau logam tekan, kaca atau keramik. Berbeda dengan lonceng besar seperti lonceng gereja, jam, dan menara yang biasanya dibuat dari logam lonceng.

Lonceng yang dimaksudkan untuk didengar di area yang luas dapat berkisar dari bel tunggal yang digantung di menara atau atap pelana, hingga ansambel musik seperti ring lonceng Inggris, carillon atau zvon Rusia yang disetel ke skala umum dan dipasang di menara lonceng. Banyak lonceng bangunan publik atau institusional, paling sering sebagai lonceng jam untuk membunyikan jam dan tempat.

Secara historis, lonceng telah dikaitkan dengan ritual keagamaan, dan masih digunakan untuk memanggil komunitas bersama untuk layanan keagamaan.[1] Belakangan, lonceng dibuat untuk memperingati peristiwa atau orang penting serta juga sering dikaitkan dengan konsep perdamaian dan kebebasan.

Di belahan Barat, bentuk umum lonceng adalah lonceng gereja atau lonceng kota, yang digantung di dalam menara atau tempat lonceng. Lonceng tersebut dipasang pada posisi statis (digantung mati) atau dipasang pada balok (headstock) sehingga dapat berayun ke sana kemari. Lonceng yang digantung mati biasanya dibunyikan dengan memukul busur suara menggunakan palu atau kadang-kadang dengan menarik genta internal ke bel.

Baca juga  Update Harga Gitar Yamaha F310 Original (Baru dan Second)

Sementara itu, lonceng yang digantung untuk dering lingkaran penuh, diayunkan melalui satu lingkaran penuh dari mulut paling atas. Penahan (tiang kayu terlihat mencuat saat bel diturunkan) menggunakan mekanisme untuk memungkinkan lonceng berhenti tepat melewati titik keseimbangannya. Tali dilekatkan pada satu sisi roda sehingga tali yang berbeda dililitkan dan dilepas saat berayun ke sana kemari.

Di Timur, bentuk tradisional lonceng adalah lonceng kuil dan istana, yang kecil dibunyikan oleh ketukan tajam dengan tongkat, dan yang sangat besar dibunyikan dengan pukulan dari luar oleh balok berayun besar. Teknik memukul digunakan di seluruh dunia untuk beberapa lonceng terbesar di menara karena mengayunkan lonceng itu sendiri dapat merusak menara mereka.

Jika Anda membutuhkan lonceng, entah itu untuk di rumah, di tempat kerja, atau di sekolah, tidak sulit mendapatkan alat tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko aksesori, bahkan di sejumlah situs jual beli online. Harga yang dipatok bervariasi, biasanya tergantung ukuran. Nah, berikut kami sampaikan informasi terbaru kisaran harga lonceng berukuran kecil di pasaran dalam negeri.

Baca juga  Info Terbaru Harga Garam Epsom/Inggris di Pasaran
Lonceng mini (sumber: etsy)
Lonceng mini (sumber: etsy)

Harga Lonceng Kecil

Tipe/Ukuran Lonceng Harga
Lonceng Mini 0,6 cm Rp600
Lonceng Mini 1 cm Rp900
Lonceng Mini Hiasan Natal 1,6 cm Rp3.900
Lonceng Mini Hiasan Natal 1,7 cm Rp4.300
Lonceng Mini Kuningan 3 cm Rp10.000
Lonceng Angin Bambu 10 cm Rp15.000
Lonceng Mini Kuningan 4,5 cm Rp17.500
Lonceng Tangkai Mini Kuningan 3,5 cm Rp20.000 – Rp25.000
Lonceng Mini Kuningan 5 cm Rp28.300
Lonceng Mini Kuningan- Isi 3 Rp65.000
Lonceng Mini Kuningan 7 cm Rp100.000
Lonceng Vajra Tibet Mini 8 cm Rp450.000

Harga lonceng mini di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber dan berlaku untuk eceran atau satu biji. Banyak pula pedagang yang menawarkan satu set lonceng mini berisi 10 lonceng dengan harga berkisar Rp5.900 untuk diameter 0,6 cm. Perlu Anda catat bahwa harga lonceng mini tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

[1] Ross, Hugh Munro. 1911. Bell (Editor Hugh Chisholm). Encyclopedia Britannica 11th Edition. Cambridge University Press, hlm. 687-691.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.