Update Harga Hand Sanitizer Dettol 50 ml & 200 ml

No comment5019 views

Dettol, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama ini. Dettol adalah salah merk disinfektan cair antiseptik yang sudah sangat terkenal di dunia. Ada banyak produk yang telah dirilis pabrikan tersebut, salah satunya hand sanitizer. Setidaknya hadir dalam tiga varian, harga produk ini jika dalam ‘kondisi normal’ sebenarnya cukup terjangkau, mulai belasan ribu rupiah.

Hand sanitizer (unsplash: Kelly Sikkema)

Hand sanitizer (unsplash: Kelly Sikkema)

Dilansir dari situs resminya, Dettol pertama kali diperkenalkan di rumah sakit lebih dari 80 tahun yang lalu, ketika digunakan sebagai pembersih dan disinfektan kulit dalam proses operasi. Setelah dipercaya oleh banyak dokter, Dettol kemudian digunakan untuk menjaga kebersihan ibu setelah melahirkan. Sejak saat itu, brand yang berada di bawah naungan Reckitt Benckiser ini dipercaya di seluruh dunia untuk mencegah infeksi pada luka, mencegah penyakit, dan membantu para ibu menjaga kesehatan dan lingkungan sekitar.

Masih menurut sumber yang sama, Dettol sudah menyediakan banyak produk kesehatan, yang dibagi menjadi tujuh kategori besar, yakni sabun batang, hand sanitizer, sabun cair, tisu basah, sabun cuci tangan, cairan antiseptik, dan pembersih lantai. Dari sekian produk Dettol, salah satu yang ramai dicari adalah hand sanitizer.

Hand sanitizer sendiri dapat dikatakan sebagai cairan pembersih tangan yang diklaim memiliki kemampuan anti-bakteri dalam menghambat hingga membunuh bakteri.[1] Hand sanitizer ini merupakan salah satu bahan antiseptik yang sering digunakan masyarakat sebagai media pencuci tangan yang praktis. Penggunaan hand sanitizer dianggap lebih efektif dan efisien bila dibandingkan dengan memakai sabun dan air sehingga masyarakat tertarik menggunakannya.[2]

Baca juga  Update Terkini Harga Alat Cek Darah Terlengkap

Kelebihan hand sanitizer adalah dapat membunuh kuman dalam waktu relatif cepat, karena mengandung senyawa alkohol (etanol, propanol, isopropanol) dengan konsentrasi ± 60% sampai 80% dan golongan fenol (klorheksidin, triclosan). Senyawa yang terkandung dalam hand sanitizer memiliki mekanisme kerja dengan cara men-denaturasi dan meng-koagulasi protein sel kuman.[3]

Setidaknya, ada dua jenis hand sanitizer yang banyak beredar di pasaran. Varian pertama adalah hand sanitizer gel, yakni pembersih tangan berbentuk gel yang berguna untuk membersihkan dan menghilangkan kuman pada tangan, mengandung bahan aktif 60%. Sementara, varian kedua adalah hand sanitizer , berbentuk spray untuk membersihkan kuman pada tangan dengan kandungan bahan aktif irgasan DP 300 sebanyak 0,1% dan alkohol 60%.[4]

Nah, seperti diutarakan sebelumnya, Dettol sebagai merk disinfektan populer, juga sudah merilis produk hand sanitizer ke pasaran dalam . Setidaknya, ada tiga varian hand sanitizer yang telah diluncurkan Dettol, yakni Dettol Instant Hand Sanitizer, Dettol Instant Hand Sanitizer Soothe, dan Dettol Instant Hand Sanitizer Refresh.

Baca juga  Update Biaya Vaksin HPV Terbaru untuk Cegah Kanker Serviks

Varian Hand Sanitizer Dettol

Varian Hand Sanitizer Dettol

Varian Hand Sanitizer Dettol

  • Dettol Instant Hand Sanitizer Original, dikatakan sebagai pembersih tangan tanpa bilas untuk membunuh kuman kapan saja dan di mana saja. Dettol Instant Hand Sanitizer Original diklaim mampu membunuh kuman tanpa dibilas dan meninggalkan kesegaran pada tangan dan tidak lengket. Ada dua varian kemasan yang tersedia, yakni 50 ml dan 200 ml.
  • Dettol Instant Hand Sanitizer Soothe, ini adalah varian yang secara garis besar memiliki kemampuan mirip varian Original. Bedanya, produk ini membawa keharuman soothe with chamomile. Di pasaran, sudah tersedia dalam ukuran 50 ml.
  • Dettol Instant Hand Sanitizer Refresh, merupakan produk yang juga diklaim punya kemampuan untuk membunuh kuman dengan cepat, kapan saja dan di mana saja. Produk ini didukung aroma aloe vera dan sudah tersedia dalam kemasan 50 ml.

Apabila Anda tertarik menggunakan hand sanitizer Dettol, tidak sulit mendapatkan produk ini. Anda bisa membelinya di berbagai apotek, minimarket, supermarket, bahkan via situs beli online. Jika dalam kondisi normal, harga produk ini sangat terjangkau, rata-rata belasan ribu rupiah. Berikut informasi harga hand sanitizer Dettol di pasaran dalam negeri.

Harga Hand Sanitizer Dettol

Varian Hand Sanitizer DettolHarga
Dettol Instant Hand Sanitizer Original 50 mlRp12.000 – Rp13.700
Dettol Instant Hand Sanitizer Soothe 50 mlRp11.500 – Rp16.900
Dettol Instant Hand Sanitizer 50 mlRp11.000 – Rp14.700
Dettol Instant Hand Sanitizer Original 200 mlRp40.900 – Rp49.000
Baca juga  Update Harga Sakatonik ABC, Penambah Nafsu Makan Anak

Harga hand sanitizer Dettol di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk apotek dan situs jual beli online. Harga hand sanitizer Dettol tersebut tentu saja tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Ketika Indonesia diserang wabah corona pada awal Februari 2020 misalnya, harga hand sanitizer Dettol langsung melonjak hingga menyentuh angka Rp120.000 per botol untuk kemasan 50 ml. Lalu, pada akhir tahun 2020, harganya kembali seperti semula (menurun). Sebagai contoh, Dettol Instant Hand Sanitizer Original 50 ml dijual dengan harga Rp12.000 hingga Rp14.000 per botol.

[Update: Almas]

[1] Sari, Retno dan Dewi Isadiartuti. 2006. Studi Efektivitas Sediaan Gel Antiseptik Tangan Ekstrak Daun Sirih. Majalah Farmasi Indonesia, Vol. 17(4): 163-169.

[2] Asngad, Aminah, Aprilia Bagas R. dan Nopitasari. 2018. Kualitas Gel Pembersih Tangan (Handsanitizer) dari Ekstrak Batang Pisang dengan Penambahan Alkohol, Triklosan dan Gliserin yang Berbeda Dosisnya. Jurnal Bioeksperimen, Vol. 4(2): 61-70.

[3] Ibid.

[4] Diana, A. 2012. Pengaruh Diseminasi Dokter Kecil Tentang Penggunaan Hand Sanitizer Gel dan Spray terhadap Penurunan Angka Kuman Tangan Siswa SDN Demak Ijo Gamping Sleman (Skripsi). Kemenkes Yogyakarta.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Hand Sanitizer Dettol 50 ml & 200 ml"