Harga Gypsum Aplus per Lembar (9mm & 12mm)

No comment909 views

Gypsum telah menjadi pilihan banyak orang sebagai untuk pembuatan dinding sekat, konstruksi plafon, hingga sebagai ornamen dan hiasan, karena dinilai aman bagi kesehatan, tahan terhadap api, ringan dan fleksibel, dan punya finishing lebih halus dan rapi. Ada banyak merk gypsum yang dapat Anda temukan di pasaran, salah satunya keluaran Aplus yang saat ini dijual dengan mulai puluhan ribu per lembar.

Lembaran gypsum (sumber: rumah123.com)

Lembaran gypsum (sumber: rumah123.com)

Sudah banyak artikel yang membahas mengenai gypsum seiring popularitas material yang semakin meningkat. Seperti dikutip dari Rumah123.com, gypsum adalah salah satu material yang kerap dipilih untuk pembangunan suatu hunian atau rumah. Selain sebagai plafon rumah, papan gypsum juga dapat digunakan sebagai bahan untuk dinding interior rumah. Jika dahulu umumnya dinding rumah diplester, maka kini melapisinya dengan gypsum akan lebih efisien dan praktis.

Di pasaran, gypsum umumnya tersedia dalam bentuk lembaran dengan ukuran 120 cm x 240 cm. Namun, ada pula produsen yang memproduksi dalam ukuran khusus dengan tingkat ketebalan yang bervariasi antara 9 mm hingga 15 mm dengan ketebalan ideal 9 mm. Proses pemilihan plafon gypsum pun menuntut Anda untuk lebih teliti. Sangat disarankan untuk meminta bantuan ahli di plafon gypsum sebelum memasangnya.

Kelebihan Gypsum

Ada beragam keunggulan yang bisa diperoleh ketika Anda mengaplikasikan gypsum untuk interior rumah. Di antaranya, papan gypsum untuk dinding interior terbilang mudah, dengan proses pengerjaan yang relatif cepat. Anda cukup menyiapkan rangka dinding, lalu papan gypsum bisa langsung ditempel. Sementara, jika menggunakan dinding beton, Anda memerlukan semen dan batu bata terlebih dahulu.

Baca juga  Update Harga Cat No Drop Tinting (1 Kg, 4 Kg, 20 Kg)

Tidak hanya untuk kebutuhan atau hunian, gypsum ternyata juga bermanfaat untuk bidang-bidang yang lain. Material ini dikatakan dapat dipakai sebagai bahan perekat, penyaring dan sebagai pupuk tanah, campuran bahan pembuatan lapangan tenis, sebagai pengganti kayu, sebagai pengental tofu karena punya kadar kalsium yang tinggi, sebagai penambah kekerasan , untuk bahan baku kapur tulis, hingga sebagai indikator pada tanah dan air.[1]

Ilustrasi: pemasangan dinding gypsum (sumber: vmceiling.com)

Ilustrasi: pemasangan dinding gypsum (sumber: vmceiling.com)

Kelebihan lainnya penggunaan papan gypsum adalah material ini jauh lebih ringan dibandingkan dinding beton. Ini menjadi keunggulan penggunaan papan gypsum karena akan membuat penghuni rumah menjadi aman, terutama ketika tiba-tiba terjadi gempa. Selain itu, papan gypsum juga terbilang ramah lingkungan karena akan langsung melebur dalam tanah.

Sementara, untuk perawatan, papan gypsum dikatakan terbilang simpel. Apabila papan gypsum rumah Anda kebetulan rusak, material ini sangat mudah diperbaiki. Jika dinding gypsum ini mengalami kerusakan seperti berlubang atau lecet, Anda cukup memberikan dempul atau memotong bagian yang rusak tersebut, lalu menempelkannya kembali dengan papan gypsum yang baru.

Baca juga  Update Harga Cat No Drop 5 Kg di Pasaran

Produk Gypsum Aplus

Tidak sulit menemukan material ini, karena sudah ada banyak merk yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Nah, salah satu brand yang cukup populer adalah Aplus. Ini adalah produsen asal Indonesia yang memproduksi bahan bangunan dan sistem konstruksi, yang diklaim terbesar se-Tanah Air, yang sedang melangkah ke pasar global. Punya pabrik di Paser Kemis dan Poglar, Jakarta Barat, Aplus memproduksi rangka hollow, furring, main tee, cross tee, metal stud partition, baja ringan, genteng metal, spandex, Aplus deck, dan besi pagar.

Khusus untuk produk gypsum, dilansir dari situs resminya, Aplus sudah menyediakan beragam gypsum, antara lain Gypsum Indogyps, Gypsum Standard, Gypsum Gyptile, dan Aplus Acoustic. Masing-masing memiliki kelebihan dan kegunaan tersendiri. Namun, perusahaan mengklaim bahwa produk yang mereka hadirkan sangat berkualitas.

Tipe Gypsum Aplus

Gypsum merek Aplus (sumber: fjb.kaskus.co.id)

Gypsum Aplus (sumber: fjb.kaskus.co.id)

  • Aplus Gypsum Standard, terdiri dari tiga varian, yakni Standard, Water Resistance, dan Fire Resistance. Semua tipe dikatakan dapat digunakan untuk material plafon dan partisi, tahan terhadap kelembapan, tahan panas, tahan perubahan cuaca, tahan api, kedap suara, ringan, proses pengerjaan baik, permukaan halus, bisa dilengkungkan, dan mudah dipasang.
  • Gypsum Indogyps, dikatakan sangat ideal bagi dinding dan plafon karena memiliki kemampuan dalam menyesuaikan suhu ruangan layaknya kulit manusia. Material gypsum Indogyps tidak membahayakan bagi kesehatan tubuh manusia dan bersifat natural, sebab itu material gypsum ini tergolong ke dalam green product.
  • Aplus Gyptile, adalah ceiling panel dengan tekstur dan finishing , dikatakan cocok untuk ceiling di proyek kantor, hotel, rumah sakit, pertokoan, dan pusat perbelanjaan. Produk ini hadir dalam ukuran 600 x 1.200 mm dan 600 x 600 mm, dengan ketebalan masing-masing 9 mm.
  • Aplus Acoustic, didesain secara spesial untuk memenuhi kebutuhan Anda. Produk ini sangat terkemuka dan banyak digunakan untuk berbagai proyek. Aplus Acoustic disebutkan cocok untuk kantor, rumah ibadah, rumah sakit, sekolah, bioskop, hingga ruang karaoke.
Baca juga  Update Harga Guitalele Yamaha GL1 Original (Natural, Black, Perssimon Brown)

Harga Gypsum Aplus

Ukuran Gypsum AplusHarga
Aplus 2.400 mm x 1.200 mm x 9 mmRp60.000 – Rp77.000 per lembar
Aplus WR 2.400 mm x 1.200 mm x 9 mmRp90.000 per lembar
Aplus 2.400 mm x 1.200 mm x 12 mmRp73.000 per lembar
Aplus WR 2.400 mm x 1.200 mm x 12 mmRp110.000 per lembar

Memang, kebanyakan toko menjual gypsum Aplus dalam bentuk lembaran. Namun, tidak sedikit yang menetapkan minimal order. Biasanya, konsumen baru akan dilayani jika memesan minimal 1 palet (umumnya berisi 40 lembar gypsum). Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda bisa meluncur langsung ke toko material bangunan terdekat di kota Anda.

[1] Aplus. 2018. Kegunaan Gypsum Sejak Zaman Pra-Sejarah. //www.aplus.co.id/en/article/kegunaan-gypsum-sejak-jaman-pra-sejarah. Diakses 10 Januari 2020.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Gypsum Aplus per Lembar (9mm & 12mm)"