Update Harga Getuk Pisang Kediri (Mini dan Besar)

Kediri tidak punya tahu dan pecel sebagai makanan khas, tetapi juga getuk pisang. Seperti namanya, getuk ini terbuat dari pisang, bukan singkong, ubi, atau sukun seperti getuk-getuk pada umumnya. Selain bisa diperoleh langsung saat melakukan kunjungan ke Kediri, jajanan ini ternyata juga sudah dijual secara bebas di berbagai e-commerce dengan yang sangat terjangkau.

Getuk pisang khas Kediri (sumber: idntimes)
Getuk pisang khas Kediri (sumber: idntimes)

Jika Palembang dikenal sebagai kota pempek dan Bondowoso populer dengan sebutan kota tape, maka Kediri biasa disebut dengan kota tahu. Sebutan tersebut tidak lepas dari sejarah masuknya China ke Indonesia sekitar tahun 1900-an silam. Dari sejumlah orang Negeri Panda yang datang, beberapa di antaranya menetap di Kediri dan menjadi pelopor pembuatan tahu, salah satunya Bah Kacung. Dikenal sebagai tahu taqwa atau tahu kuning karena warnanya memang kuning, pusat industri tahu di Kediri dan pemasarannya berada di Jalan Trunojoyo, Jalan Yos Sudarso, dan Jalan Patimura, dengan lebih dari lima industri induk tahu kuning dan lebih dari 20 oleh-oleh tahu kuning.[1]

Bacaan Lainnya

Tidak cuma memiliki tahu dengan rasa lezat dan berbeda dengan tahu lainnya, Kediri juga punya kuliner lain yang disebut dengan getuk pisang. Seperti namanya, getuk pisang adalah getuk yang terbuat dari pisang, dengan beberapa bahan tambahan lainnya, yang dibungkus menggunakan daun pisang dan sekarang telah menjadi salah satu jajanan ikonik Kediri.[2]

Baca juga  Update Harga Pesanan Nasi Kotak Ayam Bakar Wong Solo Cabang Surabaya

Dilansir dari website resmi Pemerintah Kota Kediri, produk ini terbuat dari pisang yang ditumbuk, kemudian dijadikan getuk yang dibungkus dengan daun pisang. Namun, tidak semua jenis pisang bisa dipakai untuk membuat getuk. Getuk pisang khas Kota Kediri biasanya terbuat dari pisang raja nangka sehingga memiliki cita rasa yang mantap sekaligus unik. Dalam proses pembuatannya, getuk pisang tidak menggunakan bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi dengan masa kedaluwarsa berkisar antara empat hingga lima hari.

Unit-unit usaha pembuatan getuk pisang sudah tersebar di berbagai wilayah Kota Kediri, termasuk Kelurahan Jagalan, Kampungdalem, Pakelan, dan Kaliombo. Beberapa unit usaha pembuat getuk pisang adalah Madu Manis No. 16 (Kampungdalem), Rasa Manis (Kaliombo), serta Rojonongko dan Dua Sisir (Singonegaran). Saat ini, getuk pisang yang dibuat oleh Industri Kecil Menengah (IKM) Kediri sudah menjangkau kota-kota lain di Jawa Timur.

Getuk pisang khas Kediri (sumber: suarakonsumen.co)
Getuk pisang khas Kediri (sumber: suarakonsumen.co)

Bahan Getuk Pisang

Jika Anda mahir memasak, tidak ada salahnya untuk membuat getuk pisang sendiri. Bahan yang Anda perlukan pun cukup mudah, di antaranya satu sisir pisang kepok setengah matang, 25 gram tepung beras, 40 gram tepung tapioka, 1 sendok teh vanili, sejumput garam, daun pisang secukupnya, dan sekitar 6 sendok makan gula.

Baca juga  Update Harga Kue Kering dan Cake di Holland Bakery

Resep Getuk Pisang

  • Setelah bahan siap, kukus pisang menggunakan kukusan yang telah dipanaskan terlebih dahulu hingga pisang matang. Kukus kurang lebih selama 20 menit.
  • Setelah pisang matang, keluarkan dan kupas kulit pisang. Kemudian haluskan menggunakan tumbuh atau garpu.
  • Masukkan pisang yang telah dihaluskan ke dalam wadah, masukkan pula tepung tapioka, tepung beras, gula pasir, vanili, dan garam. Campur adonan hingga merata.
  • Bungkus adonan menyerupai lontong. Tusuk kedua ujung menggunakan lidi. Lakukan pada adonan yang masih tersisa.
  • Tata ke dalam panci kukus yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Kukus selama 25-30 menit dengan api sedang.
  • Angkat getuk pisang, biarkan dingin.
  • Setelah dingin, potong getuk dan sajikan.

Sementara itu, apabila Anda tidak terlalu pandai memasak atau tidak ingin repot, Anda bisa membeli getuk pisang yang sudah jadi. Tidak perlu jauh-jauh ke Kediri karena jajanan ini sudah ditawarkan di banyak kota. Bahkan, Anda juga bisa membelinya lewat sejumlah situs jual beli online. Lalu, berapa kisaran getuk pisang khas Kediri?

Getuk pisang khas Kediri (sumber: insmedianews.com)
Getuk pisang khas Kediri (sumber: insmedianews.com)

Getuk Pisang Kediri

Merk/Varian Getuk Pisang Kediri
Getuk Pisang Safari Mini 30 gr Rp1.500 per bungkus
Getuk Pisang Al Latif Rp10.000 per bungkus
Getuk Pisang Sari Madu Rp12.000 per bungkus
Getuk Pisang Madu Manis 16 Rp15.000 per bungkus
Getuk Pisang GTT Rp15.000 per bungkus
Getuk Pisang Cap Dhoho Rp15.000 per bungkus
Getuk Pisang POO Rp19.000 per bungkus
Getuk Pisang Rizqyna Mini 20 pcs Rp25.000
Getuk Pisang POO 16 pcs Rp49.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Soju per Botol (Semua Merk dan Rasa)

getuk pisang khas Kediri di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online dalam negeri. Perlu Anda ketahui bahwa harga getuk pisang Kediri tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, getuk pisang khas Kediri tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Getuk Pisang Safari Mini 30 gr yang dibanderol Rp1.200 per bungkus tahun 2021, sedikit naik menjadi Rp1.500 tahun 2022. Biasanya, harga akan dipatok lebih murah jika Anda membeli satu paket (isi 16 atau 20 buah), bukannya satuan.

[Update: Almas]

[1] Prihandini, Rizkia Dwi dan Artono. 2021. Eksistensi Industri Tahu Kuning di Kediri Tahun 1990-2020. Avatara, Vol. 10(3).

[2] Arif, Saiful, Elmi Rakhma Aalin, Muhamad Jainudin. 2020. Pemanfaatan Teknologi Pencetak Getuk Pisang Otomatis dan Pelatihan Manajemen Wirausaha untuk Meningkatkan Omset Pelaku Usaha Getuk Pisang Raja Nangka Kediri. Jurnal Abdinus, Vol. 4(1): 1-8-118.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *