Update Harga Gelas Plastik Sekali Pakai di Pasaran (Semua Ukuran)

Bagi mereka yang ingin membuka usaha warung atau kedai minuman, salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki adalah . Apabila bisnis tersebut fokus pada minuman ringan semacam jeruk atau es, maka bisa memilih sekali pakai. Di pasaran sendiri, harga gelas ini sangat terjangkau, namun biasanya konsumen diminta untuk membeli secara borongan atau paket.

Minuman dalam wadah gelas plastik (sumber: kompasiana)

Minuman dalam wadah gelas plastik (sumber: kompasiana)

Gelas merupakan salah satu benda yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Berfungsi sebagai wadah atau tempat menampung cairan untuk kemudian diminum, gelas biasanya terbuat dari bahan kaca dan punya penampilan bening. Namun, ada juga gelas yang diproduksi dari material plastik dan tanah liat, dengan warna, dicetak print, atau diberi hiasan.

Bahan ini sendiri mempunyai sifat yang transparan, dan tahan terhadap bahan kimia, tetapi memiliki tingkat kerapuhan yang tinggi. Menurut buku Ensiklopedi Indonesia, gelas secara umum adalah nama segala jenis bahan yang tembus cahaya terbentuk dari zat padat, namun tidak menghasilkan struktur kristal setelah suhu mendingin. Secara khusus, gelas dikatakan sebagai senyawa silika dengan sifat bahan yang memiliki kandungan soda, kapir, potas, pasir, borax, magnesium, barium sulfat, dan timah hitam.

Sementara itu, menurut Robert Charleston dalam bukunya yang berjudul The History of Glass, gelas konon pertama kali ditemukan dan dikembangkan pada masa peradaban Mesir, Mesopotamia, dan Suriah. Perkembangan pembuatan gelas tidak hanya tumbuh subur di sentra-sentra industri peninggalan peradaban lama, seperti di Samarra (Irak), tetapi juga di Mosul, Najat, dan Baghdad. Selain itu, gelas juga diproduksi di Iskandariyah dan Kairo di Mesir.

Wilayah lain yang dikuasai Islam yang juga terkenal sebagai produsen gelas adalah Persia, Spanyol, dan Afrika. Pada masa peradaban lama, gelas buatan Suriah tetap menjadi primadona, sampai berkembangnya industri gelas di Venesia. Pada abad ke-13 M, Venesia menguasai teknologi pembuatan gelas serta berupaya menjaga rahasia teknologi pembuatan gelas dengan ketat dan melakukan monopoli pembuatan gelas di Eropa.

Bangsa Venesia saat itu mengembangkan pembuatan gelas menggunakan arang rumput laut sebagai sumber natrium oksida, sehingga gelas yang dihasilkan lebih encer dan mudah untuk ditiup. Pada masa itu, gelas masih berwarna hijau dan coklat yang disebabkan tingginya kadar besi dan adanya pewarna lain dalam . Pada abad ke-17, teknologi pembuatan gelas di Venesia kemudian mengalami perkembangan pesat serta menggunakan bahan-bahan lain seperti pasir kuarsa, batu kapur, dan bahan kimia lainnya.

Teknik Pembuatan Gelas

  • Teknik cetak, yaitu membuat cetakan dari tanah liat dengan bahan dasar kaca yang masih panas lalu digulingkan diatas papan kemudian dihaluskan.
  • Teknik tiup, adalah meniup gumpalan bahan kaca yang masih panas menggunakan pipa besi sampai menghasilkan gelas dengan bentuk yang beragam serta berbagai macam jenis gelas.
Gelas plastik sekali pakai (sumber: printkemasan.com)

Gelas plastik sekali pakai (sumber: printkemasan.com)

Jenis Gelas

  • Unstem glass, jenis gelas ini merupakan jenis yang tidak mempunyai tangkai kaki. Biasanya digunakan untuk minuman yang sengaja dicampur dengan es batu.
  • Stem glass, berkebalikan dengan unstem glass, jenis gelas ini mempunyai tangkai kaki yang digunakan untuk minuman dingin, tetapi tidak menggunakan es batu dan dibuat untuk kondisi suhu yang stabil (tidak berubah).
  • Gelas cangkir, gelas ini tidak berwarna bening, memiliki tangkai, dan biasanya digunakan untuk minum kopi atau susu.
  • Mug, bahan yang dibuat lebih tebal dari jenis gelas cangkir dan biasanya digunakan untuk minuman panas seperti kopi, teh, atau susu.
  • Gelas air, sesuai dengan namanya, adalah gelas air yang tidak lain berguna sebagai wadah untuk air. Biasanya berbentuk kaca, plastik, atau melamin, jenis gelas ini memiliki tangkai kaki, meski ada juga yang tidak.
  • Gelas jus, jenis yang memiliki kepala gelas yang bulat dan bening. Seperti namanya, gelas ini memang sering digunakan sebagai wadah minuman jus, sirup, maupun soft drink.
  • Beer glass, punya bentuk lebih besar, panjang, dan lebih lebar daripada gelas pada umumnya, serta memiliki telinga untuk memudahkan orang dalam memegang gelas.

Jenis Gelas Plastik

Selain jenis-jenis tersebut, gelas juga dapat dibedakan berdasarkan bahan pembuatnya, salah satunya gelas plastik. ini umumnya terbuat dari PET (Polyethylene terephthalate) dan HDPE (high density polyethylene). Gelas plastik berbahan PET umumnya hanya dapat digunakan sekali saja untuk air minum, berbeda dengan yang berbahan HDPE yang dapat digunakan berulang walaupun dalam batasan tertentu.

Pembuatan gelas plastik dilakukan dengan cara polimer Polyethylene terephthalate melalui proses blow molding dibentuk menjadi gelas plastik. Gelas plastik yang dibuang begitu saja dapat menyebabkan pencemaran karena plastik membutuhkan waktu lama untuk terurai. Namun, gelas plastik ini dapat didaur ulang menjadi gelas plastik kembali.

Apabila Anda sedang membutuhkan gelas plastik, entah itu untuk bisnis minuman ringan Anda atau untuk kebutuhan sehari-hari, Anda tidak perlu bingung. Pasalnya, saat ini sudah banyak toko yang menjual gelas plastik dalam berbagai ukuran. Bahkan, ada beberapa toko yang juga menyediakan jasa sablon atau print gelas plastik, tentunya dengan biaya tambahan. Berikut kisaran harga gelas plastik di pasaran.

Gelas plastik sekali pakai (sumber: sabloncup.com)

Gelas plastik sekali pakai (sumber: sabloncup.com)

Harga Gelas Plastik Sekali Pakai

Kemasan Gelas PlastikHarga
Gelas Plastik 12 OZ, 14 OZ, 16 OZ 7 grRp750 per buah (order 500)
Rp600 per buah (order 1.000)
Rp550 per buah (order 2.000)
Rp470 per buah (order 5.000)
Gelas Plastik 16 OZ 9 grRp800 per buah (order 500)
Rp650 per buah (order 1.000)
Rp600 per buah (order 2.000)
Rp550 per buah (order 5.000)
Gelas Plastik Oval 16 Oz 8 grRp385 per buah (order 1.000)
Gelas Plastik 22 OZ 9,3 grRp800 per buah (order 500)
Rp700 per buah (order 1.000)
Rp600 per buah (order 2.000)
Rp570 per buah (order 5.000)
Gelas Plastik 22 OZ 10 grRp950 per buah (order 500)
Rp750 per buah (order 1.000)
Rp650 per buah (order 2.000)
Rp600 per buah (order 5.000)
Gelas Plastik Prima OZ ons Rp9.000 per roll (50 buah)
Gelas Plastik Putih 220 Ml 2,5 grRp160 per buah (order 2.000)
Gelas Plastik Printing 16 OzRp260 per buah (order 2.000)

Harga gelas plastik sekali pakai tahun 2020 ini tak banyak berubah dari tahun lalu. Namun saat ini ada beberapa tambahan model gelas plastik baru. Misalnya saja gelas plastik dengan dasar oval yang biasanya banyak dipakai untuk minuman boba/pearl/bubble tea, gelas plastik putih 220 ml yang bisa dipakai untuk AMDK (air minum dalam kemasan), hingga gelas plastik printing buah-buahan yang cocok untuk usaha jus dan semacamnya.

Harga gelas plastik sekali pakai di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan dan situs jual online. Harga gelas plastik sekali pakai tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa datang ke toko peralatan terdekat di kota Anda.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Kisaran Harga Cat Tulip Paint (5 Kg dan 20 Kg)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Gelas Plastik Sekali Pakai di Pasaran (Semua Ukuran)"