Info Terbaru Harga Fuel Distributor Mercy W124 (Mercedes Benz 300E)

Mercedes Benz seri 300E (W124) keluaran tahun 1989 bisa dikatakan salah satu varian sedan yang ‘Mercy’ banget sekaligus bandel. Namun, kendaraan tersebut sering mendapatkan masalah pada bagian fuel distributor. Nah, jika bahan tersebut mengalami gangguan dan sudah tidak bisa diservis, maka sebaiknya Anda segera menggantinya. Di pasaran, komponen tersebut saat ini dijual dengan harga cukup mahal jika harus diganti secara utuh.

Mobil Marcedes Benz W124 seri 300E (sumber: mobilman.id)
Mobil Marcedes Benz W124 seri 300E (sumber: mobilman.id)

Fuel distributor sendiri adalah salah satu komponen dalam sistem bahan pada sebuah kendaraan bermotor atau mesin pembakaran dalam lainnya. Dikenal juga sebagai fuel pump atau bahan bakar, komponen ini secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pompa bahan mekanis dan pompa bahan bakar elektrik.

Bacaan Lainnya

Jenis Fuel Distributor

  • bahan mekanik sebagian besar adalah tipe pompa membran. Pompa membran memiliki ruang pompa yang volumenya tergantung dari elastisitas pergerakan membran. Selain itu, dilengkapi dengan katup satu arah pada saluran masuk dan saluran keluar. Desain spesifik sangat bervariasi, dan umumnya pompa ini terpasang pada blok mesin atau kepala silinder, serta sering diaplikasikan pada sebagian besar mesin bensin dengan karburator.
  • bahan elektrik umumnya terpasang pada tangki bahan bakar, sebagian kecil pompa terpasang dalam ruang mesin. Tergantung dari desain, pompa tipe ini menghasilkan tekanan yang bervariasi, dari pompa bertekanan rendah sampai cukup tinggi. Sebagian dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi beban (suplai) berlebih, yang akan mematikan kerja pompa karena umumnya tidak ada saluran untuk aliran balik ke tangki bahan bakar.
Baca juga  Info Terkini Harga Forklift 3 Ton dan 5 Ton (Berbagai Merk)

Nah, khusus untuk mobil Mercy 300E (W124), kendaraan ini dikatakan paling sering bermasalah pada fuel distributor, dengan gejala mesin sering “brebet”. Celakanya, kalau Anda mau mengganti dengan yang baru, harganya di pasaran lumayan mahal. Untungnya, komponen ini masih bisa diservis jika kerusakan tidak parah, dengan biaya servis sekitar Rp1,5 jutaan.

Fuel distributor memang bisa dikatakan sebagai salah satu “nyawa” dari mobil Mercedes Benz 300E (W124). Sesuai namanya, komponen ini memiliki fungsi mendistribusikan bahan dan mengatur tekanan (injector) ke masing-masing silinder. Jika alat ini tidak berfungsi dengan baik, maka bisa mengakibatkan mesin kendaraan tidak “halus” (goyang) karena pembakaran dan kinerja pada masing-masing silinder tidak seimbang, selain mobil akan menjadi sangat boros bahan bakar.

Fuel Distributor Mercy - (Youtube: vsandvs)
Fuel Distributor Mercy – (Youtube: vsandvs)

Di pasaran, produk asli fuel distributor untuk Mercedes Benz 300E (W124) memang dijual dengan harga yang cukup mahal. Namun, ada banyak pedagang yang menawarkan fuel distributor untuk Mercedes Benz 300E (W124) dari merek Bosch sebagai serep atau persediaan. Berikut informasi terbaru harga fuel distributor untuk mobil Mercedes Benz 300E (W124).

Baca juga  Harga Mesin Cocopeat (Mini, Standar, Besar)

Harga Fuel Distributor Mercy W124

Merk Fuel Distributor Harga
Bosch Rp1.125.000
Topran Rp1.427.000
Fuel Distributor Mercy W124 Copotan Rp2.250.000

Harga fuel distributor Mercy W124 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga merk Bosch sedikit naik dari Rp1,1 juta menjadi Rp1,125 jutaan. Sementara itu, apabila Anda hanya membutuhkan membran untuk fuel distributor Mercy W124 Anda, di pasaran harganya saat ini berkisar Rp600 ribu sampai Rp960 ribuan, dan diklaim asli. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung meluncur ke bengkel otomotif terdekat di sekitar domisili Anda. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.