Update Biaya Admin Virtual Account BCA

Bank Central Asia atau BCA bisa disebut sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia. Pasalnya, bank ini memiliki nasabah yang cukup berlimpah berkat kehadiran dan inovasi layanan yang diberikan, salah satunya fasilitas Virtual Account. Ini adalah layanan yang menawarkan banyak keuntungan, salah satunya biaya setoran atau administrasi melalui BCA yang ringan.

Virtual Account BCA - www.bca.co.id
Virtual Account BCA – www.bca.co.id

Fasilitas Virtual Account ini pertama kali diluncurkan BCA pada tahun 2013 lalu. Saat itu, BCA meluncurkan layanan ini karena ingin membantu perusahaan untuk memudahkan proses rekonsiliasi dan identifikasi transaksi pembayaran yang diterima dari pelanggan. Selain membuat proses tersebut menjadi cepat dan terintegrasi, BCA Virtual Account juga dapat meminimalkan faktor human error yang mungkin timbul.

Bacaan Lainnya

Dengan BCA Virtual Account, perusahaan dapat memberikan kepada setiap klien atau pelanggannya masing-masing satu nomor rekening virtual unik yang dapat disinkronkan dengan nomor unit, nomor kontrak, nomor induk, atau nomor ID. Nomor rekening inilah yang akan menjadi nomor rekening tujuan pengiriman dana dari klien atau pelanggan.

Sementara dari sisi pelanggan, mereka tidak perlu lagi menyerahkan bukti transaksi pembayaran secara fisik kepada perusahaan. Mereka juga tidak perlu membuka rekening baru untuk dapat menggunakan fasilitas BCA Virtual Account dan bebas biaya untuk transaksi transfer yang dilakukan antar-rekening BCA. Bahkan, bagi pelanggan yang tidak memiliki rekening di BCA, dapat melakukan melalui transaksi kiriman uang (berupa LLG maupun RTGS) ataupun warkat dari bank lain.

Keuntungan Virtual Account BCA

  • Informasi transaksi real time.
  • Identifikasi kiriman dana dari pelanggan dengan mudah dan cepat.
  • Rekonsiliasi mudah karena seluruh kiriman dana teridentifikasi pengirimnya.
  • Laporan data transaksi diberikan dalam format text file.
  • Efisiensi biaya (telepon, arsip) dan mengurangi pekerjaan administrasi bulanan.
  • Luasnya jaringan transaksi BCA Virtual Account yang meliputi ATM BCA, ANT BCA, KlikBCA, Counter BCA, dan kiriman dari bank lain.
  • Aman karena munculnya konfirmasi nama ketika akan melakukan transaksi.
  • Bebas biaya untuk setoran melalui rekening BCA.
  • Tidak harus menyerahkan bukti transaksi kepada Anda.
  • Tidak harus memiliki rekening BCA.

Bagaimana mekanisme untuk dapat menggunakan BCA Virtual Account ini? Anda cukup mengajukan permohonan fasilitas BCA Virtual Account di cabang BCA terdekat di kota Anda. Setelah permohonan disetujui, Anda tinggal mendaftarkan pelanggan Anda yang akan dikonversikan ke nomor BCA Virtual Account dan jumlah tagihannya (bila ada) melalui KlikBCA Bisnis. Cara pembayaran Virtual Account BCA sendiri dapat dilakukan melalui Teller BCA, transfer dari bank lain, ATM, KlikBCA Individual, KlikBCA Bisnis, m-BCA (BCA Mobile), atau m-BCA (Menu SIM card).

Biaya Admin Virtual Account BCA

Lalu, bagaimana dengan biaya administrasinya? Pada tanggal 1 April 2019 lalu, nasabah sempat dikenai biaya Rp5.000 jika melakukan setoran melalui counter teller cabang BCA. Namun, melansir dari keterangan resmi BCA di website resminya, sekarang layanan ini sudah bebas biaya administrasi apabila melakukan setoran melalui BCA.

Cara Pakai Virtual Account BCA - (midtrans.com)
Cara Pakai Virtual Account BCA – (midtrans.com)

Sementara, jika Anda melakukan pembayaran melalui bank lain atau lembaga/aplikasi finance lainnya, akan dikenakan biaya sesuai dengan kebijakan masing-masing bank yang bersangkutan. Midtrans misalnya, saat ini mengenakan biaya Rp4.000 untuk setiap transaksi BCA Virtual Account di toko online, sedangkan Top Up LinkAja lewat Virtual Account BCA dikenakan biaya admin sebesar Rp1.000 (berlaku mulai 2 Juli 2019).

Biaya Transaksi Virtual Account BCA

Kode Virtual Account Nama Perusahaan/Produk Biaya
70001 PT Dompet Anak Bangsa (Go-Pay) Rp1.000
09110 PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) Rp1.000
19110
20500 PT Indonesia Comnets Plus (PLN Mobile) Rp1.750
27777 PT Inti Dunia Sukses (i.saku) Rp1.000
12208 PT Airpay International Indonesia (ShopeePay) Rp1.000
20789 PT Tbk. (IMKAS) Rp1.000
39329 PT Sari Coffee Indonesia (Starbucks) Rp1.000

Informasi biaya transaksi Virtual Account BCA di atas kami kutip langsung dari situs resmi bank yang bersangkutan. Jika dibandingkan ketentuan sebelumnya, biayanya rata-rata masih belum berubah. Namun, untuk biaya transaksi di ShopeePay, awalnya dikenakan Rp500 dan sekarang naik menjadi Rp1.000 per transaksi.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai Virtual Account BCA atau layanan lainnya, bisa langsung menghubungi nomor hotline 1500788. Selain itu, Anda pun bisa menghubungi pusat BCA di Menara BCA, Grand Indonesia, MH Thamrin No. 1, Jakarta, nomor telepon (021) 23588000 atau cabang BCA terdekat di kota Anda.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *