Update Harga Folding Gate per Meter (Besi, Galvalum, PVC)

Jika Anda memiliki sebuah toko atau ruko, untuk meningkatkan keamanan, Anda bisa memanfaatkan folding gate di bagian depan. Ini adalah pintu dengan sistem buka tutup horizontal, yaitu dibuka-tutup dengan cara ditarik ke samping atau ke kanan. Biasanya terbuat dari material logam, harga folding gate per meter saat ini berkisar ratusan ribu rupiah.

Dalam suatu bangunan, entah itu rumah, toko, hotel, atau lainnya, fasad atau tampak depan merupakan salah satu unsur yang tidak dapat dihilangkan, bahkan menjadi bagian penting dalam sebuah karya arsitektur.[1] Melalui fasad ini, kita dapat memperoleh gambaran tentang fungsi-fungsi ruang bangunan yang berada di baliknya.

Bacaan Lainnya
Folding gate (sumber: bangunan.web.id)
Folding gate (sumber: bangunan.web.id)

Sejumlah pendapat menuturkan, fasad adalah salah satu elemen yang dimiliki oleh selubung bangunan, punya makna sebagai muka arsitektur, menghubungkan antara ruang dalam dan ruang luar. Merupakan elemen yang pertama kali dilihat dan diapresiasi, fasad terdiri dari beberapa elemen, antara lain jendela, pintu, dinding, atap, serta sun shading.[2]

Khusus untuk pintu, saat ini sudah banyak model pintu yang dapat digunakan untuk bangunan, salah satunya folding gate. Dikutip dari Bildeco.com, folding gate dapat dikatakan sebagai pintu dengan sistem buka-tutup ke samping kiri dan kanan. Folding gate ini memiliki dua bilah pintu yang terdiri dari dua sisi rangka silang yang menyambung di antara plat UNP sebagai pegangannya. Folding gate umumnya memiliki ukuran yang lebih lebar dibanding rolling door karena memiliki dua bilah pintu. Folding gate biasanya dipakai sebagai pintu toko, ruko, atau pintu garasi.

Di pasaran, folding gate dapat dibedakan menjadi dua jenis. Model pertama adalah folding gate yang ditutup dengan slot daun seperti yang umum kita jumpai pada ruko dan gudang pabrik. Sementara, yang kedua adalah folding gate harmonika yang transparan karena struktur rangkanya tidak ditutupi dengan slot daun, yang bertujuan untuk menampilkan estetika dari rangka yang dibentuk dengan berbagai macam model artistik.

Baca juga  Info Terbaru Harga Daun Katuk Segar dan Kering per Kg

Selain dua jenis umum di atas, folding gate juga dapat dibedakan berdasarkan bahan dasar slat daunnya, ketebalan slat daun, ketebalan kerangka, model, hingga berdasarkan posisi pemasangan. Berikut rincian lengkap jenis-jenis folding gate yang sering digunakan oleh masyarakat umum maupun gedung dan pabrik-pabrik.

Jenis Folding Gate Berdasarkan Slat Daun

  • Folding gate besi, yaitu folding gate dengan slat daun yang terbuat dari bahan besi. Besi digunakan sebagai bahan dasar pembuatan folding gate karena karakteristik besi yang kuat, ekonomis, kokoh, sukar dibongkar, awet, dan tahan lama. Satu-satunya kelemahan besi yang paling dirasakan adalah tidak tahan terhadap korosi atau karat.
  • Folding gate galvalum, adalah folding gate yang slat daunnya terbuat dari bahan besi galvalum, yang memiliki lapisan anti-karat di permukaannya, sehingga tidak mudah korosi. Folding gate jenis ini dikatakan memiliki ketahanan yang jauh lebih baik terhadap karat, relatif lebih awet jika dibandingkan folding gate besi.
Ilustrasi: Desain Folding Gate untuk Rumah (credit: sanideas)
Ilustrasi: Desain Folding Gate untuk Rumah (credit: sanideas)

Jenis Folding Gate Berdasarkan Tebal Rangka

  • Rangka standard, memiliki ketebalan besi silangan sekitar 1,4 dan tebal UNP 2 mm.
  • Rangka super, memiliki ketebalan besi silangan sekitar 2 dan tebal UNP 3 mm.
  • Rangka extra super, memiliki ketebalan besi silangan sekitar 5 dan tebal UNP 3 mm.

Jenis Folding Gate Berdasarkan Model Rel

  • Folding gate rel tanam, memiliki rel bawah ditanam masuk ke dalam tanah sekitar 4 sampai 5 cm. Tujuan dari memasukkan rel ke dalam lantai ini adalah agar rel tersebut tidak mengganggu orang atau benda yang lalu lalang di atasnya.
  • Folding gate rel tumpang, memiliki rel yang posisinya bersandar pada bagian luar atau terdepan dari suatu bangunan. Biasanya, folding gate dengan rel tumpang dipasang di bagian luar atau opening.
  • Folding gate rel angka, memiliki rel yang dapat diangkat pada saat pintu atau ruangan dalam kondisi terbuka. Pengangkatan rel ditujukan agar rel tersebut tidak mengganggu keluar dan masuknya orang-orang atau benda yang melintas di atasnya. Folding gate dengan rel angkat sering diaplikasikan pada bangunan seperti pergudangan dan pabrik yang seringkali sangat sibuk pada saat bongkar muat barang.
  • Folding gate swing, adalah tipe yang kumpulan pintunya dapat didorong ke belakang merapat pada sisi bangunan, dengan tujuan agar kumpulan pintu tersebut tidak mengganggu area keluar masuk orang atau barang.
  • Folding gate setengah lingkaran atau melengkung, adalah jenis yang memiliki rel melingkar mengikuti bentuk dari bangunan.
Baca juga  Info Terbaru Ongkos Pasang AC Baru (Split, Standing, Cassette)

Jenis Folding Gate Berdasarkan Posisi Pemasangan

  • Posisi pasang di bagian dalam ruangan.
  • Posisi pasang tepat pada opening pintu.
  • Posisi pasang pada bagian luar ruangan.

Sementara, untuk ukuran folding gate, sebenarnya tidak ada patokan yang pasti. Namun, di pasaran, ukuran tinggi pintu folding gate yang ideal sekitar 2 sampai 4 meter, walau tidak menutup kemungkinan ada yang mengaplikasikan lebih dari 4 meter. Untuk ukuran lebar pintu sebenarnya bebas, namun disarankan untuk membagi pintu ke beberapa bagian guna menghindari kesulitan dalam pengoperasian.

Jika Anda membutuhkan folding gate, saat ini jumlahnya sudah cukup banyak. Harga folding gate sendiri bervariasi, tergantung jenis slat, ketebalan slat daun, ketebalan rangka, model, jumlah unit, serta letak lokasi pemasangan (jika sekalian dipasang). Selain itu, harga folding gate juga dapat ditentukan oleh kebijakan produsen atau penjual.

Biasanya, folding gate yang terbuat dari besi memiliki harga relatif lebih murah dibandingkan model dengan galvalum. Semakin tebal slat daun yang digunakan, maka semakin mahal harga folding gate. Selain itu, rangka yang tebal juga berpotensi menaikkan harga sebuah folding gate. Jangan lupakan juga model folding gate, dengan jenis standar harganya akan lebih murah dibandingkan model swing atau rel melengkung.

Baca juga  Update Harga Supermi 1 Dus (Semua Varian Rasa)
Folding gate (sumber: palangotomatis.com)
Folding gate (sumber: palangotomatis.com)

Harga Folding Gate Besi

Ketebalan Folding Gate Besi Harga
Folding Gate Besi 0,3 Rp330.000 per m
Folding Gate Besi 0,4 Rp430.000 per m
Folding Gate Besi 0,5 R450.000 per m
Folding Gate Besi 0,8 Rp675.000 per m

Harga Folding Gate Galvalum

Ketebalan Folding Gate Galvalum Harga
Folding Gate Galvalum 0,3 Rp400.000 per m
Folding Gate Galvalum 0,4 Rp420.000 per m
Folding Gate Galvalum 0,5 Rp490.000 per m
Folding Gate Galvalum 0,7 mm Rp520.000 per m

Harga Folding Gate PVC

Tipe Folding Gate PVC Harga
Folding Door PVC Sistem Buka Samping 220 cm Rp1.285.000 – Rp1.400.000 per m
Folding Door PVC Sistem Buka Samping 221 cm – 300 cm Rp1.550.000 – Rp1.750.000 per m
Folding Door PVC Sistem Buka Tengah 220 cm Rp1.700.000 per m
Folding Door PVC Sistem Buka Tengah 221 cm – 300 cm Rp2.100.000 per m

Informasi harga folding gate per meter di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko penyedia folding gate dan situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harganya saat ini relatif stabil. Folding gate besi ukuran 0,4 mm misalnya, tahun lalu dijual Rp400 ribu per meter dan sekarang sedikit naik menjadi Rp430 ribu per meter. Sementara itu, harga folding gate galvalum 0,4 mm yang semula Rp430 ribu per meter, sedikit turun menjadi Rp420 ribuan per meter.

[Update: Panca]

[1] Setiawan, Dedi dan Tin Budi Utami. 2016. Tipologi Perubahan Elemen Fasad Bangunan Ruko pada Penggal Jalan Puri Indah, Jakarta Barat. Vitruvian: Jurnal Arsitektur, Bangunan, & Lingkungan, Vol. 6(1): 15-24.

[2] Utami, dkk. 2013. Kajian Bentuk dan Fasade Hotel Hilton Bandung. Jurnal Rekakarsa Institut Teknologi Nasional Bandung, Vol. 1(1).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.