Update Harga Fluimucil (Tablet, Sirup, Injeksi, Effervescent)

Fluimucil adalah salah satu obat yang dapat dipakai untuk mengobati penyakit pada pernapasan yang ditandai dengan dahak berlebihan. Obat ini dijual dengan resep dokter dalam bentuk liquid berwadah ampul, syrup, serbuk, tablet, effervescent, dan injeksi. Meskipun harga banderolnya tidak bisa dibilang murah, banyak dokter yang merekomendasikannya kepada pasien.

Fluimucil tablet effervescent (sumber: pharmez.ph)
Fluimucil tablet effervescent (sumber: pharmez.ph)

dan Kandungan Fluimucil

Dilansir dari Hellosehat, Fluimucil memiliki indikasi untuk mengobati penyakit saluran pernapasan kronis, di antaranya bronkitis akut atau kronis, emfisema paru, mucoviscidosis, dan bronchiectasis. Selain itu, obat ini juga memiliki fungsi sebagai pengencer dahak supaya bisa dikeluarkan dengan mudah dan tidak menghambat cara sistem pernapasan.

Bacaan Lainnya

Fungsi Fluimucil tidak lepas dari kandungan atau komposisinya. Obat ini mengandung acetylcysteine yang berfungsi sebagai pengencer dahak di saluran pernapasan. Masih dilansir dari sumber yang sama, obat ini juga dikenal sebagai agen mukolitik atau N-acetylcysteine/N-acetyl-L-cysteine (NAC). N-acetylcysteine merupakan senyawa yang mengandung tinol dengan efek antioksidan dan antiinflamasi,[1] sehingga bisa mencegah atau mengatasi nyeri pada saat batuk.

Sebagai agen mukolitik, obat bekerja dengan cara memecah serat asam mukopolisakarida yang membuat dahak menjadi lebih encer dan mengurangi adhesi pada dinding tenggorokan. Obat ini juga memiliki indikasi untuk terapi atau obat keracunan parasetamol dan terapi pneumonia.

Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi

Aturan Pakai Fluimucil

Obat ini tersedia dalam bentuk intravena, tablet atau oral, dan nebulisasi atau inhalasi. Untuk obat sediaan oral berbentuk kapsul, Anda bisa mengonsumsinya setelah makan menggunakan air putih. Bagi Anda yang ingin minum obat ini dalam sediaan tablet, Anda harus melarutkannya dulu dalam segelas air atau sebanyak 240 ml air. Pastikan Anda minum air putih yang cukup jika mengonsumsi Fluimucil, karena obat ini membutuhkan bantuan cairan yang banyak supaya bisa diserap tubuh dengan baik.

Lama pemakaian obat tergantung pada tingkat keparahan penyakit dan harus ditetapkan oleh dokter. Untuk penyakit saluran pernapasan ringan, biasanya membutuhkan obat dalam 5 hingga 10 hari. Sementara itu, pada penyakit kronis atau akut seperti bronkitis kronik dan mukovisidosis, biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk mencegah potensi infeksi.

Bagi Anda yang membutuhkan Fluimucil sebagai obat terapi dalam jangka waktu panjang, sebaiknya Anda memperhatikan cara penyimpanan obat. Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan dan harus terhindar dari cahaya matahari serta udara lembap. Anda juga tidak bisa menyimpannya secara sembarangan di pendingin, karena bisa mengubah dan merusak kandungan obat.

Dosis Fluimucil

Ilustrasi minum Glisodin (Sumber : ca.style.yahoo.com)
Ilustrasi minum Glisodin (Sumber : ca.style.yahoo.com)
  • Fluimucil kapsul secara umum bisa dikonsumsi oleh orang dewasa sebanyak 1 kapsul dalam 2 hingga 3 kali sehari.
  • Effervescent Fluimucil Tablet, dianjurkan untuk orang dewasa dengan dosis 1 tablet per hari dan sebaiknya diminum pada malam hari.
  • Dosis Fluimucil berbentuk granul untuk orang dewasa adalah 200 mg dalam 2 hingga 3 kali sehari.
  • Fluimucil berbentuk sirup kering bisa dikonsumsi sebanyak 1 ampul dalam 1 hingga 2 kali sehari oleh orang dewasa.
  • Dosis Fluimucil bentuk nebulizer secara umum adalah 1 ampul dalam 1 hingga 2 kali sehari.
  • Ada juga Fluimucil dalam sediaan oral untuk menangani keracunan parasetamol pada orang dewasa, dengan dosis larutan 140 mg/kg dilanjutkan dengan 70 mg/kg setiap 4 jam.
  • Dosis Fluimucil sediaan intravena juga bisa dijadikan obat keracunan parasetamol pada orang dewasa, dengan dosis 150 mg/kg (maksimal dosis 16,5 gr) dalam 200 ml pengencer selama 60 menit. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian Fluimucil sebanyak 50 mg/kg (maksimal 5,5 gr) dalam 500 ml pengencer selama 4 jam berikutnya, kemudian dilanjutkan 100 mg/kg (maksimal 11 gr) dilarutkan dalam 1 l pengencer selama 16 jam.
  • Fluimucil kapsul juga bisa diberikan pada anak-anak usia 6-14 tahun sebanyak 1 kapsul dalam 2 kali sehari.
  • Fluimucil Effervescent tablet boleh diminum anak-anal sebanyak 1 tablet per hari pada malam hari.
Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi

Bagi Anda yang membutuhkan Fluimucil untuk anak atau dewasa, Anda bisa membelinya di terdekat. Selain itu, obat ini juga sudah dapat Anda beli di sejumlah situs jual beli online. Sebagai Informasi, berikut kami sajikan kisaran harga terbaru Fluimucil, baik dalam bentuk tablet, sirup, maupun injeksi.

Harga Fluimucil

Varian Fluimucil Harga
Fluimucil PAED 100 mg sachet per pcs Rp6.238 per pcs
Fluimucil 200 mg kapsul Rp8.323 per tablet
Fluimucil Adult 200 mg ZAK Rp8.931 per pcs
Fluimucil 600 mg effervescent tablet Rp20.698 per tablet
Rp41.023 per strip
Fluimucil  Dry Syrup 100mg/5ml 75 ml Rp87.119 per botol

Informasi harga Fluimucil di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs apotek online. Harga obat ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan tahun 2021 lalu, harga Fluimucil cenderung stabil pada 2022, namun berubah pada 2023. Fluimucil Dry Syrup 75 ml misalnya, awalnya dijual Rp83 ribuan, tahun 2022 sedikit turun menjadi Rp82 ribuan per botol, tapi sekarang naik jadi Rp87 ribuan. Sementara itu, harga Fluimucil 200 mg capsul yang awalnya Rp8.256, tahun 2022 menjadi Rp8.125 per tablet, dan sekarang naik lagi jadi Rp8.323 per tablet.

Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi

[Update: Dian]

[1] Dewi, Ratih Tri Kusuma, dkk. 2015. Pengaruh Pemberian N-Acetylcysteine Oral terhadap High Sensitivity C Reactive Protein (Hs-CRP) pada Pasien Hemodialisis Kronis. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, Vol. 2(4): 228-232.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *