Update Komposisi, Indikasi, Dosis, Cara Penyajian dan Harga Ferospat

Anemia atau kekurangan zat besi, menjadi salah satu momok bagi ibu hamil dan menyusui. Meskipun bukan gangguan kesehatan kronis, ibu hamil dan menyusui yang terkena anemia biasanya akan mengalami rasa pusing yang tak tertahankan. Nah, untuk mengatasinya, kini telah hadir suplemen penambah zat besi bernama Ferospat.Meskipun hargajualnya tidak bisa dibilang murah, konon efektif untuk mengatasi dan mencegah anemia.

Ilustrasi: pusing karena anemia (sumber: b92.com)
Ilustrasi: pusing karena anemia (sumber: b92.com)

Anemia sendiri merupakan masalah kesehatan masyarakat global yang dialami oleh hampir setengah dari semua anak-anak, prasekolah, orang dewasa, hingga lansia di seluruh dunia.Sehingga, dapat disimpulkan bahwa tidak hanya wanita hamil dan menyusui yang sering mengalami gangguan tersebut.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, jika anemia tidak terlalu berbahaya bagi yang lain, jelas berbeda untuk ibu hamil.Anemia merupakan salah satu gangguan yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil, karena dapat menyebabkan risiko keguguran.Selain itu, anemia pada ibu hamil juga dapat menyebabkan peningkatan risiko terhadap prematuritas dan berat bayi lahir rendah (BBLR).

Dengan banyaknya risiko yang dapat timbul, para petugas medis pun selalu bersosialisasi betapa pentingnya mengonsumsi suplemen atau obat penambah darah dengan kandungan zat besi tinggi.[1] Dari sekian banyak suplemen zat besi di pasaran, salah satu suplemen yang sedang populer di kalangan ibu hamil adalah Ferospat.

Baca juga  Info Review dan Update Harga Susu Kucing Growssy

Komposisi Ferospat

Dalam satu tablet Ferospat, mengandung Fe pyrophosphate 175 gr, mikroenkapsulasi yang setara dengan Fe 14 mg, mangan sulfat 100 mcg, cupri sulfat 100 mg, vitamin C 50 mg, asam folat 0,5 mg, dan vitamin B12 7,5 mcg. Dengan banyaknya komposisi Ferospat tersebut, tentunya suplemen ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik untuk ibu hamil dan orang yang tidak sedang hamil.

Indikasi Ferospat

Ferospat merupakan salah satu merk suplemen minuman dengan rasa strawberry. Tentunya berbeda dengan suplemen Fe lainnya yang biasanya cenderung berbau besi atau agak amis, Ferospat tidak memiliki aroma yang membuat konsumennya mual. Suplemen ini memiliki aroma yang manis sama seperti rasanya, tak heran jika banyak orang yang menyukainya.

Suplemen Ferospat berbentuk tablet bundar dengan ukuran hampir menyerupai kancing baju. Suplemen ini termasuk dalam kategori vitamin dan suplemen bebas.Artinya, Anda tidak perlu membelinya menggunakan resep dokter.Namun Anda bisa saja berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsinya dengan dosis yang sesuai kondisi kesehatan Anda.

Baca juga  Indikasi, Dosis dan Info Terbaru Harga Microlax Anak

Suplemen zat besi tersebut memiliki indikasi untuk membantu memenuhi kebutuhan Fe, vitamin B12, vitamin C atau asam folat, dan mineral pada ibu hamil, menyusui, serta lansia. Dengan terpenuhi kebutuhan vitamin, zat besi, serta mineral dalam tubuh, Anda dapat mencegah serta mengatasi gejala anemia.

Suplemen ini konon juga cocok bagi Anda yang sering mengalami darah rendah. Kandungan zat besi pada suplemen akan membantu meningkatkan tekanan darah, sehingga stabil kembali. Untuk mendapatkan semua manfaat Ferospat di atas, tentunya Anda harus minum suplemen sesuai dengan dosis dan cara sajian yang tepat.

Effervescent tablets (sumber: yourherbmix.com)
Effervescent tablets (sumber: yourherbmix.com)

Dosis Ferospat

Minumlah Ferospat sesuai dengan dosis yang dianjurkan, sebanyak satu tablet dalam sehari.Anda bisa mengonsumsinya di pagi atau malam hari sesudah makan, sehingga suplemen dapat diserap tubuh dengan lebih cepat.

Cara Penyajian Ferospat

Cara penyajian Ferospat tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan satu tablet Ferospat dan segelas air putih sebanyak 250cc. Setelah itu, masukkan tablet suplemen ke dalam air dan biarkan hingga larut, biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 5 menit. Setelah suplemen larut, aduk dengan hingga tercampur rata.

Baca juga  Update Harga Ranitidin Injeksi di Apotek

Minumlah suplemen secara teratur dan rutin untuk mendapatkan manfaatnya.Meskipun begitu, suplemen ini tidak bisa dikonsumsi dalam jangka panjang.Konsumsilah saat Anda benar-benar membutuhkannya, atau dalam kondisi yang mengharuskan Anda meminumnya.

Harga Ferospat

Setelah mengetahui manfaat dan cara mengonsumsi Ferospat, apakah Anda tertarik untuk membelinya? Jika iya, Anda bisa membelinya di obat atau apotik terdekat serta pembelian secara online.HargaFerospat yang ditawarkan pada 2021 sekitar Rp96.260 di Apotek K24.Harga tersebut terbilang naik dari 2020 lalu yang hanya dibanderol mulai Rp87.384 per kemasan isi 10 tablet.

Perlu diingat, harga Ferospat tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.Setelah Anda membeli Ferospat, jangan lupa untuk menyimpannya di tempat yang sejuk dan tidak terkena matahari secara langsung.Sehingga, kandungan suplemen tidak terkontaminasi atau rusak.

[Update: Ditta]

[1]Syafitasari, Juand, dkk. 2020. -Faktor yang Memengaruhi Kepatuhan Ibu Hamil Mengonsumsi Suplemen Zat Besi: Systematic Literature Review. PLACENTUM Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, Vol. 8(1):18-24.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.