Harga Bunga Daisy (Benih, Bibit, Tanaman)

No comment222 views

Bunga daisy memiliki bentuk yang hampir sama dengan bunga krisan dan aster karena memang masih satu famili.[1] Meskipun begitu, terdapat perbedaan yang mencolok dari ukuran, bentuk kelopak, dan warna bunga. Tanaman hias ini biasanya dijadikan sebagai bunga potong dan tanaman hias yang dijual dengan relatif terjangkau.

Bunga daisy (unsplash: Maharaj MA)

Bunga daisy (unsplash: Maharaj MA)

Dilansir dari bibitbunga.com, bunga daisy adalah jenis bunga yang mudah ditanam dan biasanya dijadikan sebagai tanaman untuk menghias taman. Selain bisa ditanam secara langsung di , bunga daisy bisa ditanam dalam pot berukuran kecil. Memang, dibanding bunga aster dan krisan, daisy adalah bunga kecil yang tidak terlalu memakan banyak tempat untuk tumbuh.

Kelopak bunga daisy juga berukuran lebih kecil dibanding bunga krisan, tetapi lebih runcing di bagian ujung. Tak hanya itu, berbeda dengan warna bunga aster, bunga daisy memiliki warna yang soft, seperti putih, kuning, dan merah muda. Warna-warna bunga daisy akan muncul saat kuncupnya mulai mekar. Bagi Anda yang ingin menanam bunga daisy untuk hiasan taman atau dijadikan bunga potong, berikut rinciannya.

Cara Menanam Bunga Daisy

  • Untuk menanam bunga daisy, Anda bisa menanamnya mulai dari benih atau bibit siap tanam. Jika Anda memilih menanam bunga dari bijinya, maka Anda harus melakukan penyemaian dalam tray atau polybag khusus semai yang sudah diisi dengan tanah dan pupuk.
  • Penyemaian benih bunga daisy dilakukan hingga biji tumbuh menjadi bibit siap tanam, dan biasanya ini membutuhkan waktu sekitar seminggu. Saat menyemai biji, Anda harus menyiramnya secara rutin menggunakan spray dan meletakkan media semai pada ruang dengan pencahayaan cukup.
  • Setelah tumbuh menjadi bibit, siapkan media tanam untuk dipindahkan. Anda bisa memilih pot atau langsung menanamnya di taman. Jika Anda menanam di taman, pastikan Anda memilih lokasi bertanah subur dan bebas gulma. Jika tanah di taman Anda agak kering, Anda harus melakukan penggemburan, penyiraman, dan pemupukan.
  • Sementara itu, jika Anda ingin menanam bunga daisy di dalam pot, Anda hanya perlu memasukkan tanah gembur yang sudah dicampur tanah. Jangan lupa untuk menyisakan ruang di atas permukaan tanah supaya tanah tidak tumpah saat Anda menggeser atau memindahkan pot.
  • Buat lubang tanam dengan kedalaman 3 cm hingga 5 cm dan pisahkan bibit daisy dengan media semai. Secara perlahan, tanam bibit dengan posisi akar dan tegak lurus membentuk huruf ā€˜Lā€™. Hal ini bertujuan agar tanaman tidak mudah goyah. Tutup lubang tanam dan padatkan.
  • Sesaat setelah ditanam, biasanya bibit bunga daisy akan terlihat layu. Ini adalah hal yang wajar. Anda hanya perlu menyiramkan sedikit air ke media tanam. Supaya tidak berlebihan, sebaiknya gunakan spray dan arahkan air ke bagian tanah, bukan ke daun atau bunga.
  • Penyiraman susulan harus dilakukan secara rutin dengan tujuan untuk menjaga kelembapan tanah dan supaya tanaman tetap segar. Anda tidak perlu menyiram media tanam jika tanah masih lembap, karena bisa menyebabkan busuk akar.
  • Pupuk susulan diberikan setiap dua minggu sekali. Anda bisa memilih menggunakan pupuk kandang atau kompos. Penggunaan pupuk kimia seperti urea dan ZA memang terbilang bagus untuk tanaman, tetapi bisa mengubah tekstur dan kandungan zat hara dalam tanah.
  • Bagi Anda yang menanam bunga daisy untuk dipanen dan dijadikan bunga potong, Anda harus memperhatikan hama tanaman. Biasanya ulat dan jangkrik akan muncul di musim kemarau. Untuk memberantasnya, gunakan pestisida dalam dosis rendah.
Budidaya bunga daisy (unsplash: Kristine Cinate)

bunga daisy (unsplash: Kristine Cinate)

Setelah mengetahui cara menanam dan merawat bunga daisy yang mudah, apakah Anda berminat? Jika iya, pastikan Anda mengetahui harga bunga daisy di pasaran. Biasanya, bunga ini dijual dalam bentuk benih, bibit siap tanam, dan tanaman yang sudah berbunga. Sebagai referensi harga bunga daisy, Anda bisa melihat tabel berikut.

Baca juga  Update Harga Kacang Macadamia di Indonesia (250 gr, 500 gr, 1 kg)

Harga Bunga Daisy

Varian Bunga DaisyHarga
Benih Creeping DaisyRp9.900 per kantong
Bibit Butter DaisyRp10.000 per bibit
Benih Daisy PutihRp12.000 per kantong
Benih Daisy Ungu MudaRp12.500 per kantong
Bibit Siap Tanam Baby Lark DaisyRp15.000 per bibit
Bibit Daisy Pink Siap TanamRp15.000 per tanaman
Benih Shasta DaisyRp20.000 per kantong
Daisy PutihRp20.000 per tanaman
Daisy KuningRp22.000 per pot
Daisy Kenikir KosmosRp24.000 per pot
Daisy PinkRp25.000 per tanaman
Butter DaisyRp30.000 per pot

Harga bunga daisy di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga bunga daisy tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Dalaila, Isvana. 2018. Karakterisasi Morfologi dan Anatomi Chrysanthemum Morifolium Ramat. Var. Puspita Nusantara dan Var. Tirta Ayuni serta Chrysanthemum Indicum L. Var. Mustika Kaniya sebagai Sumber Belajar pada Mata Kuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan (Skripsi). Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Baca juga  Update Kisaran Harga Kayu Randu di Pasaran
author

Leave a reply "Harga Bunga Daisy (Benih, Bibit, Tanaman)"