Specs dan Harga Equalizer DBX 215 (Original dan Palsu)

Jika Anda saat ini membutuhkan perangkat equalizer, mungkin merk DBX bisa menjadi rekomendasi yang menarik. Pasalnya, tersebut sudah menyediakan banyak equalizer yang dapat Anda sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan. Nah, untuk yang ingin produk dengan harga cukup hemat, model DBX 215 mungkin dapat dimasukkan ke list belanja.

Equalizer DBX 215 (sumber: Tokopedia)

Equalizer DBX 215 (sumber: Tokopedia)

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia audio, pasti sudah tidak asing lagi dengan equalizer. Ini secara singkat dapat dikatakan sebagai piranti yang berguna untuk menyesuaikan keseimbangan antara frekuensi dalam sinyal. Ini juga dapat disebut sebagai perangkat yang berguna memperbaiki keseimbangan stereo dan kualitas suara yang keluar, dengan suara yang dihasilkan dari satu saluran dibagi menjadi tiga titik nada, yakni bass, middle, dan treble.[1]

Manfaat Equalizer

  • Membuat suara audio enak didengar, detail, dan sesuai dengan musik yang diputar.
  • Memperpanjang usia speaker karena speaker hanya akan bekerja sesuai dengan frekuensi yang tepat, tidak mengalami overload. Speaker tidak bisa dibuat mampu mengadaptasi seluruh range frekuensi dengan baik.
  • Audio biasa saja akan semakin bagus didengar ketika ditambahkan unit equalizer dengan setelan yang sesuai.
Baca juga  Info Terbaru Harga Speaker Selenium (12 Inch, 15 Inch, 18 Inch)

Review Equalizer DBX 215

Tidak sulit mendapatkan produk equalizer karena sudah tersedia secara bebas di . Ada sejumlah merk yang dapat Anda pilih sesuai selera, kebutuhan, dan anggaran. Nah, dari sekian brand yang beredar, DBX merupakan nama yang cukup populer, terutama di kalangan tukang sound system. Pasalnya, produk buatan DBX diklaim punya kualitas juara, yang hadir dalam sejumlah tipe.

Ilustrasi: Sound Engineering (sumber: Musicians Institute)

Ilustrasi: Sound Engineering (sumber: Musicians Institute)

Salah satu yang sering dipakai dan direkomendasikan adalah tipe DBX 215. Dilansir dari situs resmi perusahaan, equalizer grafis Seri 2 dari DBX telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan lingkungan penguat suara yang paling menuntut, sembari menawarkan kesederhanaan yang lurus ke depan. Model DBX 215 tidak hanya menyediakan fitur standar seperti saluran ganda, 15 oktaf 2/3, meter frekuensi ISO, rentang gain input +/- 12 dB, dan filter berpotongan oktaf 50 Hz/12 dB switchable yang dapat dialihkan, tetapi juga mencakup fitur-fitur menarik lainnya.

Baca juga  Info Spesifikasi & Harga Mesin Jahit Jack

Fitur-fitur tersebut termasuk fader 20 mm, rentang boost/cut +/- 6 dB atau +/- 12 dB yang dapat dipilih untuk penyesuaian gain yang tepat, konektor XLR, dan TRS 1/4 inch untuk kemudahan instalasi. Selain itu, terdapat pula input dan output yang seimbang untuk pengoperasian yang mudah, serta kemampuan pengangkatan sasis atau sinyal untuk isolasi hum cepat. visioner dari DBX Seri 2 diklaim telah diupayakan untuk menjadikan pekerjaan Anda lebih mudah.

Equalizer DBX Seri 2 dikatakan mewakili langkah maju yang besar dalam kinerja equalizer grafis tingkat pemula. Dari respons frekuensi 10 Hz hingga 50 kHz yang luar biasa, hingga rentang dinamis 108 dB, serta trafo toroidal internal, model ini menawarkan yang bisa dibilang kelas tinggi, namun dengan harga terjangkau di kantong. Untuk menemukan sound yang baik di studio, dalam tur, atau di tempat-tempat dengan suara yang terpasang, produk ini ditakdirkan untuk mengambil tempat yang sesuai dalam garis prosesor DBX, yang merupakan pilihan profesional dalam pemrosesan sinyal.

Baca juga  Info Terbaru Harga AC Gree Silent King dan Deluxe U-Crown
DBX 215 EQ - DUAL CHANNEL (sumber: Worthpoint)

DBX 215 EQ - DUAL CHANNEL (sumber: Worthpoint)

Fitur DBX 215

  • Two 15-band, 2/3-octave Constant Q frequency bands.
  • Switchable boost/cut ranges of ±6 or ±12 dB
  • 12 dB per octave, 3 dB down @ 50Hz low-cut filter
  • Front panel bypass switch
  • ±12 dB input gain range
  • 4-segment LED ladders for monitoring output levels
  • XLR and TRS Inputs and Outputs
  • Internal Toroidal Transformer
  • Frequency Response of <10 Hz to >50 kHz
  • Dynamic range of greater than 108 dB

Harga DBX 215

Sayangnya, di dalam situs resminya, ternyata DBX sudah tidak lagi memproduksi equalizer ini. Namun, Anda jangan berkecil hati terlebih dahulu. Pasalnya, masih banyak toko audio atau sound system yang masih tetap menjual DBX 215. Di pasaran dalam negeri, produk baru DBX 215 sekarang dijual dengan harga berkisar Rp2,7 jutaan untuk original atau asli. Namun, banyak juga yang menawarkan DBX 215 palsu atau KW dengan banderol hanya Rp400 ribuan. Anda disarankan lebih teliti sebelum membeli sebuah barang.

[1] Budiharto, Widodo. 2006. Elektronika dan Mikroprosesor. Yogyakarta: Penerbit Andi.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Specs dan Harga Equalizer DBX 215 (Original dan Palsu)"