Harga Ukulele Cowboy (Tenor, Soprano, Concert)

No comment316 views

Cowboy, bukan penggembala peternakan di Amerika Utara sana, adalah salah satu ukulele yang bisa dijadikan alternatif bagi para pemula. Meski punya harga yang relatif miring, namun suara yang dihasilkan instrumen ini sudah cukup mumpuni, selain juga terbuat dari material atau kayu yang cukup baik dan bisa dimainkan untuk berbagai genre .

Ukulele, atau biasa disebut si bayi gitar, merupakan musik yang konon sudah muncul pada abad ke-16 silam. Kala itu, instrumen musik ini hadir di Hawaii, yang dibawa oleh para imigran asal Portugis, yang menjelajah Madeira via Afrika Selatan dan meninggalkan daratan Portugal menuju Pulau Hawaii. Salah seorang membawa gitar kecil yang disebut juga Braginho di Braga (Portugal), yang kemudian menjadi musik populer di Hawaii dengan ukuran yang lebih kecil, mudah dibawa dengan 4 senar saja.

Ukulele Cowboy - www.olx.co.id

Ukulele Cowboy - www.olx.co.id

Di Indonesia sendiri, alat musik ukulele ini dibawa oleh armada Portugis (1512) pimpinan Alfonso d’Alburqueque ke Kepulauan Maluku. Bunyi alat musik dan nyanyian para pelaut ini dirasa aneh oleh para pribumi, karena mereka terbiasa dengan bunyi pentatonic. Mereka berusaha untuk menirukannya, tetapi terbentur suatu kenyataan bahwa cengkok serta gaya musik tradisional sangat memengaruhi penyajian musik para pribumi itu. Inilah yang konon dikatakan menjadi embrio musik keroncong.

Pada tahun berikutnya, ukulele dibawa ke Pulau Ambon, mampir ke Makassar, dan akhirnya menjadi alat utama musik keroncong di Kampung Toegoe (Cilincing, Jakarta Utara). Lagu yang diiringi alat musik tersebut kemudian dinamakan sebagai lagu keroncong. Demikianlah musik keroncong ini berkembang dari abad ke abad dan diterima sebagai musik Indonesia dengan ukelele sebagai salah satu alat musik pengiring.

Alat musik ukelele ini ada yang mempunyai 4 utas tali senar dan ada juga yang hanya 3 utas tali senar. Untuk yang 4 senar, disebut juga ukulele stem A, memiliki stem nada G2-B2-E2-A2.  Sementara, untuk yang 3 senar, disebut juga ukulele stem E, memiliki stem nada G2-B1-E2. Khusus pada ukulele stem E senar B1 yang terletak di tengah, memiliki ukuran yang lebih besar daripada senar lain yang ada di atas dan di bawahnya.

Ukulele sendiri hadir dalam beragam jenis. Soprano, merupakan ukulele yang paling kecil dengan ukuran fingerboard 33 cm. Karena ukurannya yang kecil, ini sangat mudah untuk dibawa ke mana saja. Ukulele ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki jari-jari tangan yang kecil. Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, ukulele soprano ini sangat direkomendasikan bagi para pemula yang ingin memulai belajar ukulele.

Kemudian, jenis Concert, memiliki fingerboard sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan ukulele soprano. Bedanya memang tidak terlalu banyak, yakni hanya sekitar 3 cm saja. Sebab, ukurannya yang tak terlalu jauh berbeda, suara yang dihasilkannya pun masih serupa. Ini merupakan pilihan terbaik untuk mereka yang memiliki jari-jari tangan yang lebih besar. Tipe ini merupakan tipe yang paling banyak digunakan.

Ada juga jenis Tenor, ini merupakan tipe yang paling cocok untuk mereka yang ingin memainkan ukulele pada area yang lebih luas. Ukuran badan tenor yang besar membantu menghasilkan suara yang lebih kuat. Dengan ukuran fingerboard 43 cm, membuat Anda dapat memainkan pitch dengan lebih stabil. Selain dari segi ukuran, yang membedakannya juga ada pada suara yang dihasilkan. Suara ukulele dengan jenis ini lebih mirip gitar.

Selain itu, terdapat jenis Baritone, merupakan ukulele dengan tuning yang sama dengan gitar, yaitu D-G-B-E, tetapi memiliki ukuran fingerboard yang lebih kecil, yaitu sekitar 50 cm. Tipe ini  merupakan ukulele yang paling sedikit dimainkan jika dibandingkan dengan 3 tipe ukulele lainnya. Awalnya, jenis ukulele ini menjadi bass dalam susunan ukulele. Namun, sejak kehadiran jenis bass, jenis baritone menjadi semacam penengah dari keduanya.

Terakhir, jenis Bass, merupakan sebuah inovasi alat musik baru yang berbeda dari ukulele biasanya. Ide ukulele bass pertama kali dicetuskan oleh sebuah perusahaan kecil bernama Road Toad. Pada tahun 2007, Road Toad bekerja sama dengan Kala, salah satu pembuat ukulele tersohor, memproduksi ukulele bass dengan harga yang terjangkau. Ukulele bass memiliki ukuran sebesar baritone, tetapi dengan suara bass dengan tuning E-A-D-G.

Review Ukulele Cowboy

Di pasaran sendiri, sudah tersedia beragam merek ukulele yang bisa Anda jadikan pilihan untuk bermain alat musik ini. Brand-brand yang cukup tenar antara lain Kal, Donner, Lohanu, Hricane, Pomaikai, Fender, Lanikai, Mahalo, Hola!, Luna, Oscar Schmidt, ADM, Cordoba, dan Diamond Head. Sementara, untuk Anda yang baru saja belajar, salah satu merek yang direkomendasikan adalah Cowboy.

Ukulele Cowboy - www.semarangmusicpoint.com

Ukulele Cowboy - www.semarangmusicpoint.com

Cowboy merupakan salah satu brand ukulele yang memang sangat pas dimainkan oleh mereka yang masih dalam level beginner. Pasalnya, harga ukulele ini relatif terjangkau. Meski demikian, ukulele buatan Cowboy punya kualitas suara yang tidak murahan serta material kayu yang cukup baik, sehingga dijamin sudah mampu memukau Anda. Ukulele ini juga cocok dimainkan untuk berbagai jenis musik.

Di pasaran dalam negeri, ukulele Cowboy telah hadir dalam beragam tipe. ini tersedia dalam jenis Soprano, Concert, Tenor, hingga Guitalele bersenar enam. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga ukulele Cowboy di pasaran dalam negeri.

Harga Ukulele Cowboy

Tipe Ukulele CowboyHarga
Cowboy Ukulele SopranoRp295.000
Cowboy Ukulele Concert 23” Premium Dark Brown Rp295.000
Cowboy Ukulele Concert 23” BlackRp310.000
Cowboy Ukulele Concert 23” Black + CaseRp345.000
Cowboy Ukulele Concert 23” Dark Brown + CaseRp345.000
Cowboy Ukulele Soprano + Gig BagRp384.000
Cowboy Ukulele Tenor 25”Rp385.000
Cowboy Ukulele Tenor 25” + CaseRp421.000
Cowboy Ukulele Concert 23” Black + Gig BagRp440.000
Cowboy GuitaleleRp445.000
Cowboy Guitalele + CaseRp485.000

Harga ukulele Cowboy di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko instrumen musik dan situs jual beli online. Harga ukulele merek Cowboy tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah. Untuk memperoleh informasi lebih , Anda bisa datang langsung ke toko alat musik terdekat di kota Anda.

Baca juga  Daftar Harga Sabun Cair Biore (All Varian) di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Ukulele Cowboy (Tenor, Soprano, Concert)"