Update Harga Dongkrak Mobil 2 Ton (Botol, Buaya, Jembatan, Elektrik)

Bagi pemilik kendaraan bermotor, terutama mobil, dongkrak merupakan salah satu perkakas yang wajib dimiliki. Ini adalah perangkat yang dipakai untuk mengangkat kendaraan roda empat guna memperbaiki bagian bawah mobil, seperti kaki-kaki mobil (velg, ban, shock breaker, dll) ataupun mesin yang letaknya berada di bawah mobil (misalnya pada mobil minibus) ketika mengalami kerusakan. Hadir dalam beragam daya angkat, mulai 1 ton, 2 ton, 3 ton, hingga 50 ton, harga ini mulai ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: Bottle Jack (credit: chicagotribune)
Ilustrasi: Bottle Jack (credit: chicagotribune)

Dongkrak (car jack) sendiri adalah sebuah alat pengangkat untuk mengangkat barang berat yang digerakkan tangan. Fungsi dongkrak adalah untuk mempermudah kerja manusia, biasanya alat ini digunakan untuk mobil. Fungsi dongkrak pada mobil adalah untuk mengangkat mobil pada waktu pemasangan jek stand supaya memudahkan pada saat pemasangan catalytic converter.

Bacaan Lainnya

Pada proses kerjanya, dongkrak biasanya menggunakan ulir, roda gigi, dan tekanan fluida seperti zat cair atau udara.[1] Konstruksi dongkrak harus disesuaikan dengan kapasitas beban yang akan diangkat. Beban sasis dan bodi adalah beban yang harus ditanggung sepenuhnya oleh dongkrak. Kerja dongkrak akan selesai, tergantung dari cepatnya proses servis atau perbaikan kendaraan.

Menurut sistem gaya yang digunakan, ada dua macam tipe dongkrak yang dikenal masyarakat. Tipe pertama adalah dongkrak mekanik, dengan gaya diteruskan dan diperbesar lewat roda ke batang gigi. Sementara, tipe kedua adalah dongkrak hidrolik yang memiliki ciri-ciri menyerupai mulut buaya dan mempunyai tingkat kepraktisan penggunaan yang cukup tinggi. Biasanya, dongkrak hidrolik memiliki daya yang jauh lebih besar namun dengan tenaga pengoperasian yang lebih sedikit dibandingkan tipe mekanik.[2]

Baca juga  Update Harga Mesin Pemotong Kayu Modern (Semua Tipe)

Secara umum, ada tiga jenis dongkrak yang biasa digunakan untuk proses perbaikan mobil, antara lain dongkrak jenis botol, dongkrak jenis gunting, dan dongkrak jenis buaya. Berikut penjelasan masing-masing jenis dongkrak mobil tersebut.

Jenis Dongkrak Mobil

  • Dongkrak botol adalah dongkrak dengan sistem hidrolis yang bentuknya menyerupai botol. Dongkrak ini biasanya diletakkan di bawah mobil dan memompa tuasnya sehingga sistem hidrolis dongkrak akan mengangkat beban di atasnya (mobil). Untuk menurunkan mobil yang telah diangkat, dengan cara memutar katup dongkrak pada bagian bawah sehingga secara perlahan sistem hidrolis akan kehilangan tekanannya dan beban akan turun dengan perlahan.
  • Dongkrak gunting juga sering disebut dongkrak ketupat atau dongkrak jembatan. Sistem dongkrak gunting ini tidak memakai sistem hidrolis sehingga pengguna tidak perlu khawatir bocor saat mobil telah terangkat. Namun risikonya, memutar ulir (poros) juga terasa agak berat. Dongkrak tipe gunting ini menjadi dongkrak standar/bawaan mobil (disertakan saat membeli mobil baru).
  • Dongkrak buaya memakai sistem hidrolis untuk mengangkat beban, akan tetapi cara mengangkat beban dongkrak ini sangat mirip dengan membukanya mulut buaya sehingga dinamakan dongkrak buaya. Dongkrak buaya menjadi dongkrak yang paling mudah digunakan karena memakai sistem hidrolik dan tuas yang panjang sehingga mudah memasukkan dalam kolong mobil. Dongkrak ini juga mudah dipindahkan karena memiliki 4 roda dan ringan karena memakai sistem hidrolis.
Baca juga  Update Harga Polycarbonate Solite (Warna dan Clear)

Untuk mendapatkan dongkrak mobil, memang tidak sulit. Pasalnya, sudah banyak toko perlengkapan, bengkel, bahkan situs jual beli online yang menjual ini. Hadir dalam berbagai ukuran, dongkrak 2 ton sering dipilih karena bisa mengangkat beban yang relatif berat, namun punya harga yang masih terjangkau. Berikut kami sajikan terbaru kisaran harga dongkrak 2 ton di pasaran.

Ilustrasi: Floor Jack (credit: vehiclejacks)
Ilustrasi: Floor Jack (credit: vehiclejacks)

Harga Dongkrak 2 Ton

Merek Dongkrak Mobil Harga
ZZONE Dongkrak Jembatan 2 ton Rp149.000
AKIO Dongkrak Botol 2 ton Rp150.000
DUCAR Dongkrak Botol 2 ton Rp150.000
NANKAI Dongkrak Botol 2 ton Rp157.000
KRISBOW Dongkrak Botol 2 ton Rp189.900
MULTIPRO Dongkrak Botol 2 ton Rp195.000
LIPPRO Dongkrak Botol 2 ton Rp203.500
Rel Dongkrak Botol 2 ton Rp226.000
TEKIRO Dongkrak Jembatan 2 ton Rp229.900
TEKIRO Dongkrak Botol 2 ton Rp235.000
AKIO Dongkrak Buaya 2 ton Rp239.000
MOLLAR Dongkrak Buaya 2 ton Rp243.680
WERKLINE Dongkrak Buaya 2 ton Rp250.000
ZZONE Dongkrak Buaya 2 Ton Rp250.000
Trolley Jack Dongkrak Buaya 2 ton Rp270.000
LAKONI Atlas Dongkrak Botol 2 ton Rp279.000
NANKAI Dongkrak Buaya 2 ton Rp279.000
BESTGUARD Dongkrak Buaya 2 ton Rp340.000
KRISBOW Dongkrak Buaya 2 ton Rp349.300
IWT Dongkrak Buaya 2 ton Rp360.000
TEKIRO Dongkrak Buaya 2 ton Rp465.000
TEKIRO Dongkrak Buaya Rotary 2 ton Rp580.000
KRISBOW Dongkrak Gunting Elektrik 2 ton Rp759.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Karung Plastik 40 x 70 cm (Polos & Laminasi)

JIka dibandingkan 2020, harga dongkrak mobil kapasitas 2 ton berbagai merk mengalami perubahan pada 2021. Misalnya, ZZONE Dongkrak Jembatan 2 ton yang semula dijual mulai harga Rp113.500 naik sedikit menjadi Rp149.000. Begitu pula dengan AKIO Dongkrak Botol 2 ton yang naik dari harga Rp147 ribu menjadi Rp150 ribu. Sedangkan KRISBOW Dongkrak Botol 2 ton turun harga dari Rp198.000, kini hanya Rp189.900.

Cara Dongkrak Mobil - www.homedepot.com
Cara Dongkrak Mobil Q www.homedepot.com

Harga dongkrak mobil kapasitas 2 ton di atas kami rangkum dari sejumlah sumber, termasuk toko perkakas teknik dan juga situs jual beli online. Perlu dicatat bahwa harga dongkrak 2 ton tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika membutuhkan lebih detail, bisa langsung meluncur ke toko teknik terdekat.

[Ditta]

[1] Sutowo, Cahya. 2009. Analisa Dongkrak Ulir dengan Beban 400 Kg. Sintek Jurnal: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin UMJ.

[2] Prihatin, Joko Yunianto dan Heri Kustanto. 2018. Kajian Dongkrak Hidrolik Botol Kapasitas 2 Ton terhadap Pengaruh Variasi Posisi Pemasangan Manometer, Sae Oli dan Jarak Langkah Pemompaan. Jurnal Simetris, Vol. 9(1): 547-550.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.