Keunggulan dan Harga Dispenser Sanex (Semua Tipe)

Di zaman modern ini, dispenser menjadi kebutuhan rumah tangga yang cukup penting. Sementara ada banyak dispenser di pasaran, Sanex menjadi incaran banyak orang, karena harganya yang tergolong terjangkau dan desainnya yang cukup elegan. Selain itu, Sanex juga menawarkan aneka jenis dispenser sesuai dengan jumlah krannya.

Mengambil air minum dari dispenser (sumber: kompas.com)

Mengambil minum dari dispenser (sumber: kompas.com)

Keunggulan Dispenser Sanex

Air sudah menjadi kebutuhan pokok manusia, karena sekitar 70% dari tubuh manusia terdiri dari air. Secara tradisional, kebanyakan orang memenuhi kebutuhan air dengan cara merebus air tanah hingga mendidih di dalam teko. Bagi masyarakat perkotaan yang sibuk, cara seperti ini terbilang kuno dan menyita banyak waktu. Untuk itu, mereka beralih ke cara yang lebih modern menggunakan galon dan dispenser.[1]

Menyimpan air dalam galon dan dispenser dinilai lebih praktis dan higienis. Anda tidak perlu susah payah menimba air sumur atau menyalakan kran air untuk merebus air. Cukup menekan tombol atau kran pada dispenser, Anda sudah bisa minum air bersih dan bebas bakteri. Nah, salah satu merk dispenser yang sedang populer di kalangan konsumen adalah Sanex.

Dispenser dari Sanex tidak hanya menawarkan air bersih siap minum, juga ada beberapa fitur yang bisa Anda pakai. Setiap dispenser dilengkapi dengan dua hingga tiga buah kran yang mengalirkan air dengan suhu berbeda. Pada jenis dispenser standar, Anda bisa minum air panas atau air dengan suhu ruang. Sementara, untuk dispenser yang lebih canggih, Anda bisa minum air dingin, air panas, atau air dengan suhu normal.

Untuk mengubah suhu air yang ada di galon, dispenser Sanex menggunakan daya listrik yang cenderung hemat, yaitu sekitar 330-350 Watt, tergantung dari variannya. Untuk varian dispenser biasa yang hanya memiliki fitur dua kran, listrik yang dibutuhkan cenderung lebih sedikit dibanding dispenser dengan fitur 3 buah kran.

Baca juga  Info Terbaru Harga Juicer Vaganza¬†

Beberapa jenis dispenser juga dilengkapi dengan safety lock atau penutup di bagian tempat menuang air. Ini supaya air yang Anda minum tidak terkontaminasi oleh udara sekitar yang membawa bakteri atau virus. Sehingga, air mineral yang Anda minum lebih higienis dan berisiko rendah terhadap penyakit.

Di bagian bawah air kran, juga dilengkapi dengan saringan yang berbentuk tatakan. Anda bisa meletakkan gelas Anda di atas saringan tersebut. Saringan berupa tatakan ini berfungsi sebagai alat penyaring air jika ada air yang menetes dari kran. Kebanyakan saringan yang dipakai oleh dispenser Sanex berbahan plastik. Sehingga, awet, tahan panas, dan tidak menyebabkan kontaminasi akibat besi yang berkarat.

Tabung di setiap dispenser produksi Sanex ada dua jenis, yaitu tabung dengan bahan stainless steel dan bahan dari plastik. Tabung penyimpan air berbahan stainless steel dan plastik sama-sama awet dan tahan karat. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas air yang disimpan.

Meskipun begitu, ketahanan keduanya berbeda. Tabung penyimpanan air yang terbuat dari plastik mudah pecah dan rusak jika tidak dirawat dengan baik. Selain itu, plastik yang digunakan tergolong plastik yang kurang tebal, sehingga Anda harus selalu -hati saat meletakkan galon di bagian tabung air atau atas dispenser. Namun, tabung penyimpanan air tersebut bisa dilepas atau bongkar pasang, sehingga bagian dalamnya mudah dibersihkan.

Air putih (sumber: newair.com)

Air putih (sumber: newair.com)

Sementara itu, tabung penyimpanan air yang terbuat dari stainless steel lebih kuat dan tidak mudah pecah. Selain itu, tabung air tersebut juga bisa dibongkar pasang. Untuk membersihkan tabung air di bagian atas dispenser, Anda harus mengeluarkan sisa air yang masih berada di dalam tabung dan sudah tidak bisa dikeluarkan melalui kran.

Baca juga  Info Manfaat dan Harga Air Purifier Merek Sharp di Pasaran

Gunakan lap atau tisu beralkohol untuk membilasnya. Jika Anda memiliki waktu luang lebih banyak, Anda bisa mencucinya dengan sabun cuci piring, karena bisa lebih bersih. Selain merawat dispenser dengan membersihkan tabungnya, Anda juga perlu membersihkan air yang ada di bagian bawah saringan.

Saringan air yang berada di bagian bawah kran dispenser bisa dibongkar pasang. Untuk membersihkannya, Anda perlu melepas bagian atas saringan yang berupa tatakan gelas. Keluarkan sisa air yang mengendap di bagian dasar saringan hingga bersih, lalu bersihkan menggunakan tisu alkohol atau busa cuci piring.

Setelah itu, cuci bagian penutup yang berupa tatakan saringan menggunakan sabun cuci piring atau lap dengan tisu beralkohol. Agar saringan air tidak berjamur atau berbau tidak sedap, Anda harus membersihkannya seminggu 2 hingga 3 kali. Jika perlu, Anda bisa membersihkannya setiap hari.

Kran air dan badan dispenser juga perlu dirawat dengan cara dilap dengan kain atau tisu jika kotor. Paling tidak, Anda harus membersihkannya setiap 2 hari sekali. Ini akan mencegah serta mengurangi debu dan bakteri yang menempel di permukaan dispenser. Sehingga, air minum yang Anda minum tidak berisiko tinggi terhadap kontaminasi debu atau bakteri.

Kelebihan lain yang dimiliki dispenser Sanex, yaitu memiliki tombol on dan off untuk menyalakan dan mematikan dispenser. Adanya saklar di bagian body dispenser membuat para konsumen bisa menghemat tagihan listrik meskipun kabel dispenser masih tercolok di stop kontak.

Untuk menghemat biaya listrik, jika dispenser sudah tidak digunakan dalam waktu tertentu, Anda bisa menekan tombol off dan menekan tombol on untuk menyalakan dispenser lagi. Secara otomatis, jika Anda menekan tombol on, bagian dalam kran yang berfungsi sebagai pengubah suhu air akan bekerja kurang lebih selama 5 menit sebelum dispenser akan dipakai.

Dispenser dari Sanex yang menyediakan fitur pengubah suhu air tidak hanya dimanfaatkan untuk minum air putih. Anda bisa memanfaatkannya untuk menyeduh minuman panas dan membuat cup. Beberapa orang juga memakai dispenser Sanex untuk membuat es teh dan es kopi dengan fitur air dingin. Air dingin yang dihasilkan oleh dispenser Sanex memiliki suhu seperti air es, sehingga minuman menjlebih segar dan nikmat.

Baca juga  Info Spesifikasi & Harga Blender Philips HR 2116

Melihat banyaknya keunggulan produk dispenser Sanex di atas, apakah Anda berencana untuk membelinya? Jika iya, pastikan Anda mengetahui harganya di pasaran. Sehingga, Anda bisa memperkirakan yang harus dikeluarkan.

Harga Dispenser Sanex

Dispenser Sanex

Dispenser Sanex

Varian DispenserSpesifikasiHarga (Rp)
Sanex D-102Material plastik, tahan panas, awet, dilengkapi dua kran air panas dan biasa, dilengkapi penyaring di bagian bawah94.900
Sanex D-302Material plastik, tipe galon atas tinggi, dispenser tinggi, dilengkapi 3 kran (air panas, dingin, normal), dilengkapi saringan dua lubang430.000
Sanex Top Load Door D-188Bahan plastik dan stainles steel anti karat, temperatur panas 90 derajat C, daya 220 V/350 Watt, dilengkapi khusus untuk kesterilan air minum, dilengkapi 2 kran air panas dan normal99.000
Sanex D-332PDilengkapi 3 kran air (panas, dingin, normal), dilengkapi tempat penyimpanan sederhana, desain minimalis, daya 330 Watt, tipe galon atas, dilengkapi penutup dan saringan450.000
Sanex D-189Material plastik, dilengkapi 2 kran air panas dan normal, tangki anti karat, tangki dari stainless steel, suhu air panas 90 derajat Celcius, dilengkapi saringan dan safety lock105.000

Perlu Anda ketahui, harga dispenser Sanex di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk jual beli online. Harga dispenser Sanex tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Danel, Gusrizam & Wildian. 2012. Otomatisasi Keran Dispenser Berbasis Mikrokontroler At89s52 Menggunakan Sensor Fotodioda dan Sensor Ultrasonik Ping. Jurnal Fisika Unand Vol. 1(1): 60-65.

 

author

Leave a reply "Keunggulan dan Harga Dispenser Sanex (Semua Tipe)"