Harga Daun Pisang (1 Ikat, Lembaran, per Kg)

No comment857 views

Meski zaman semakin modern, namun masih banyak yang lebih afdol jika dibungkus menggunakan , seperti nasi pecel, aneka gorengan, hingga nasi jagung. Selain terkesan alami, membungkus makanan dengan pisang juga diklaim lebih sehat dan higienis. Terlebih, harga pisang pun relatif terjangkau dan bisa dibeli per lembar, per ikat, atau per kg.

Ilustrasi: dagangan daun pisang (sumber: tokopedia)

Ilustrasi: dagangan daun pisang (sumber: tokopedia)

Untuk memperpanjang usia penyimpanan makanan serta melindungi secara mekanis dari kontaminasi kimia maupun biologi, memang jamak digunakan pembungkus makanan. Nah, salah satu pembungkus makanan yang dikatakan aman adalah yang berasal dari alami seperti daun. Pemanfaatan alami seperti daun sebagai pembungkus makanan dikatakan memberikan dampak positif bagi konsumen dan lingkungan karena tidak mengandung kimia berbahaya.[1]

Menggunakan daun sebagai pembungkus makanan juga sebagai salah satu upaya untuk mempercantik tampilan makanan, serta menambah aroma khas dan kelezatan makanan. Beberapa jenis daun yang kerap dijumpai sebagai pembungkus makanan tradisional antara lain kelobot jagung (pelepah daun jagung), daun atau enau (aren), daun jambu air, daun jati, dan daun pisang.[2]

Dilansir dari berbagai sumber, menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanan ternyata memiliki banyak . Tidak hanya untuk menampilkan kesan alami serta sebagai penambah citarasa, daun pisang juga memiliki kegunaan untuk kesehatan. Berikut beberapa membungkus makanan menggunakan daun pisang.

Manfaat Daun Pisang untuk Bungkus Makanan

  • Lebih sehat dan aman. Daun pisang dikatakan mengandung senyawa alami yang disebut polifenol, seperti epigallocatechingallate atau EGCG. Senyawa ini juga ditemukan dalam teh hijau. Polifenol adalah antioksidan alami yang dapat memerangi radikal bebas dan mencegah penyakit. Membungkus makanan dengan daun pisang diklaim bisa membantu makanan menyerappolifenoldari daun sehingga nutrisinya dapat bertambah.
  • Daun pisang mampu menghasilkan aroma yang khas karena punya lapisan lilin khusus. Saat makanan panas diletakkan di dalam daun pisang, lilin ini akan meleleh dan menambah rasa ke makanan sehingga membuat citarasa makanan tersebut menjadi lebih enak.
  • Daun pisang merupakan pilihan yang jauh lebih ramah lingkungan sebagai pembungkus makanan daripada bahan seperti plastik atau styrofoam. Pasalnya, daun pisang sangat mudah terurai dalam waktu singkat, tidak seperti plastik yang membutuhkan hingga ratusan tahun untuk bisa terurai secara sempurna.
  • Daun pisang tidak membutuhkan banyak pembersih. Cukup dilap dengan sedikit air kemudian diangin-anginkan. Daun pisang dapat digunakan dengan mudah sebagai wadah ataupun pembungkus makanan. Tidak mengherankan jika untuk mengatasi pencucian piring, ada juga penjual yang menataki piringnya dengan daun pisang.
Baca juga  Harga Cuka Apel untuk Wajah dan Manfaatnya

Sebenarnya, manfaat daun pisang tidak sebatas sebagai pembungkus makanan.Daun pisang ini juga memiliki kegunaan besar untuk dan kesehatan.Bahkan, daun pisang disebut-sebut dapat menjadi obat alternatif untuk penyakit ganas seperti kanker.Nah, berikut sederet manfaat daun pisang untuk dan kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Pisang untuk Kecantikan & Kesehatan

Daun pisang (sumber: shopee.co.id)

Daun pisang (sumber: shopee.co.id)

  • Daun pisang bisa digunakan sebagai obat herbal alami untuk mengatasi luka ringan di kulit dan masalah kulit lainnya, seperti ketombe, eksim, dan terbakar sinar matahari. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus daun pisang secara rutin atau merendam daun pisang dengan air dingin lalu oleskan ke bagian kulit yang membutuhkan.
  • Daun pisang juga berguna untuk meringankan rasa sakit akibat gigitan serangga beracun, sengatan lebah, gigitan laba-laba, ruam, dan iritasi kulit. Daun ini sejak dulu memang sudah dikenal sebagai penghilang rasa sakit alami.
  • Daun pisang adalah sumber antioksidan yang kuat. Antioksidan, seperti yang kita ketahui, diperlukan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari daun pisang, Anda dapat menyiapkan daun teh pisang dan mengonsumsinya dua hingga tiga kali sehari.
  • Karena antioksidan dan sifat astringen-nya yang tinggi, daun pisang juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan kegelisahan selama demam.
  • Daun pisang kering kaya akanallantoin, membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan mempercepat proses penyembuhan. Minumlah rebusan daun pisang atau teh pisang tiga kali untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Daun pisang kering adalah sumber yang kaya akanallantoin dan polifenol. Kedua zat ini terbukti membantu mengurangi perdarahan usus.
  • Anda bisa mengoleskan ekstrak daun pisang di kulit kepala untuk mengatasi kulit kepala kering dan masalah ketombe. Anda juga bisa menggunakan masker daun pisang untuk mengatasi kulit kepala yang gatal. Sementara, penggunaan masker daun pisang secara teratur pada rambut dapat membuat rambut berkilau, hitam, dan kuat.
  • Memang, pisang adalah makanan super untuk binaraga dan penambahan berat badan. Namun, Anda akan terkejut mengetahui bahwa daun pisang dapat mengatasi selulit. Kukus daun pisang dan bungkus di area yang diinginkan selama beberapa jam. Minumlah teh pisang dengan jahe untuk hasil yang lebih baik. Ini telah menjadi metode yang telah dicoba dan diuji untuk menghilangkan selulit tubuh sejak lama.
Baca juga  Update Harga Kue Surabaya Snowcake Milik Zaskia Sungkar

Harga Daun Pisang

Tidak sulit mendapatkan daun pisang, karena Anda bisa membeli bahan alami ini di berbagai pasar tradisional maupun situs jual beli online. Di beberapa situs e-commerce lokal, daun pisang segar 1 kg sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp10.000 hingga Rp15.000, sedangkan harga paket 3 kg berkisar Rp50.000. Jika Anda membeli secara lembaran, harganya cuma Rp400 hingga Rp1.000 per lembar.

Namun, apabila Anda ingin lebih berhemat, sebaiknya membeli daun pisang di pasar tradisional karena harganya jauh lebih murah. Di Pasar Baru Bogor misalnya, pada akhir Desember 2019, harga daun pisang cuma Rp2.000 per kilogram. Sementara, di Pasar Sukasari, Pasar Gunung Batu, Pasar Merdeka, dan Pasar Jambu Dua (masih di Bogor), daun pisang dijual dengan harga Rp3.000 hingga Rp7.000 per ikat.

[1]Astuti, NP. 2009. Sifat Organoleptik Tempe Kedelai yang Dibungkus Plastik, Daun Pisang dan Daun Jati (karya tulis ilmiah). Program Studi Gizi Diploma III Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Baca juga  Fungsi dan Info Terbaru Harga Asam Sitrat di Pasaran

[2]Maflahah, I. 2012. Kemasan Makanan Tradisional Madura dalam Rangka Pengembangan IKM.Agrointek 6(2), hlm. 118-122.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Daun Pisang (1 Ikat, Lembaran, per Kg)"