Cara Pemotongan dan Harga Dada Ayam Fillet Terkini di Pasaran

Sejak berabad-abad daging menjadi daging yang paling digemari. Harga jual yang relatif murah dan mudah didapat, membuat daging ayam menjadi primadona. Hampir seluruh daging ayam dapat diolah, mulai dari kepala, dada, hingga cakar dan isi perut atau jeroan. Sebagian orang lebih memilih membeli daging ayam tanpa tulang (fillet) karena pengolahannya yang relatif mudah untuk masakan tertentu.

Ilustrasi: Harga Dada Ayam Fillet (credit: freshtohome)
Ilustrasi: Harga Dada Fillet (credit: freshtohome)

Beberapa jenis masakan yang diolah menggunakan bahan daging fillet bagian dada, seperti makanan steak maupun daging asap. Terdapat dua jenis dada ayam fillet yang mungkin dapat Anda jumpai di pasaran, di antaranya fillet dada ayam ras dan ayam kampung. Keduanya memiliki perbedaan dari segi kandungan maupun tekstur dagingnya.

Bacaan Lainnya

Fillet dada ras memiliki daging yang lebih empuk karena dipelihara secara intensif dengan makanan padat kalori dan ruang gerak yang terbatas. Meski begitu, perlu diketahui bahwa fillet ayam ras memiliki kandungan lemak tinggi yang banyak tersimpan di dalam kulit dan menempel di permukaan daging dada. Agar ayam lebih sehat, kulit dan timbunan gajih harus dibuang. Berat 1 potong fillet ayam (dari separuh bagian dada) kira-kira 150-300 gram.

Baca juga  Info Terbaru Harga Soto Bangkong Semarang dengan Menu Pelengkapnya

Berbeda dengan fillet dada ras, di pasar tradisional atau swalayan belum ada fillet dada ayam kampung. Untuk mendapatkannya, Anda harus membuatnya sendiri dari daging ayam kampung. Berat fillet dada ayam kampung hanya 100-150 gram. Saat ini, di pasar swalayan tertentu sudah menjual ayam kampung intensif yang dagingnya lebih empuk daripada daging yang dipelihara secara liar.[1] Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memotong fillet dada ayam.

Cara Pemotongan Dada Fillet

Dada Ayam Fillet (sumber: rehily.com)
Dada Fillet (sumber: rehily.com)
  1. Langkah awal yakni menemukan tulang tengah dada ayam, kemudian lakukan sayatan persis di sebelah tulang. Setelah ini akan lebih mudah memfillet daging
  2. Ayam boleh dibilas air sebentar, lakukan dengan cepat. Sebab, makin lama daging terkena air makin banyak kuman dan bakteri yang tersebar.
  3. Keringkan ayam dengan tisu dapur.
  4. Pastikan tangan bersih dan kering.
  5. Biasakan untuk membedakan talenan untuk daging, sayuran dan buah, agar tidak menyebarkan bakteri.

Jika poin di atas sudah terpenuhi, hasil fillet ayam dijamin bersih mengkilat dan tidak berair, hasil fillet tidak perlu dibilas air lagi. Daging ayam dapat langsung digunakan atau simpan di freezer. Nah, bagi Anda yang tak sempat memfillet daging ayam, di supermarket tersedia daging ayam fillet bagian dada yang dijual per 100 gram.

Baca juga  Info Terbaru Harga Klappertaart Berbagai Ukuran

Harga Dada Ayam Fillet (100 gr) di Supermarket

Lokasi Pembelian Kisaran Harga
Dada Ayam Fillet per 100 gr Superindo Rp5.590
Dada Ayam Fillet per 100 gr Hypermart Rp5.590
Dada Ayam Fillet per 100 gr Carrefour Rp6.290

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga tersebut tentu dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak supermarket. Jika dibandingkan dengan tahun 2020 dan 2021, harga dada ayam fillet 100 gr di Carrefour naik dari Rp5.990 menjadi Rp7.350, namun tahun 2022 turun jadi Rp6.290.Kemudian, di Superindo dari Rp5.795 sedikit turun menjadi Rp5.350, tapi naik jadi Rp5.590. Sedangkan di Hypermart dari Rp6.390 naik menjadi Rp7.290, kemudian turun jadi Rp5.590.

Sebagian besar supermarket menawarkan dada ayam fillet dengan ukuran kemasan per 100 g. Nah, bagi Anda yang membutuhkan dada ayam fillet dalam jumlah banyak dengan harga lebih ekonomis, tak ada salahnya membeli dada ayam fillet di pasar tradisional. Telah menjadi rahasia umum bila harga jual di pasar tradisional tentu lebih murah.

Dada Ayam Fillet - www.springfieldpoultry.co.uk
Dada Ayam Fillet – www.springfieldpoultry.co.uk

Harga Dada Ayam Fillet di Pasaran

Ukuran Dada Ayam Fillet Kisaran Harga
Fillet Dada Ayam Mini isi 9 pcs Rp35.000
Dada Ayam Fillet 500 gr Rp39.000
Dada Ayam Fillet Frozen 1 kg Rp55.000
Dada Ayam Fillet 1 kg Rp45.900
Dada Ayam Fillet 2 kg Rp87.990
Baca juga  Varian dan Info Terbaru Harga Menu Rice Box KFC

Harga dada ayam fillet di atas tentu tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2020 dan 2021, harga dada ayam fillet tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, dada ayam fillet 500 gr pada tahun 2020 dijual dengan harga Rp22 ribu, naik menjadi Rp49 ribu tahun 2022, kemudian sekarang turun jadi Rp39 ribu.

Selain membeli dada ayam fillet di pedagang pasar, Anda juga dapat memesan dada ayam fillet kemasan secara online. Anda tak perlu repot antre di pasar karena tinggal menunggu barang sampai di rumah. Sejumlah toko online menawarkan dada ayam fillet dengan harga bervariasi. Seperti Jd.id yang menjual dada ayam fillet merek Fiesta tahun 2022 mulai harga Rp140.000, naik dari tahun 2020 yang dijual dengan harga Rp127.000 per kg. Sementara itu, di Freshmart tahun 2022, Anda akan memperoleh produk dengan harga lebih murah yakni Rp120.00 per kg, naik dari tahun 2020 yang dibanderol Rp63.500.

[Update: Dian]

[1]Apriadji, Wied Harry. 2007. Health Steak: Steak Sehat Cita Raca Kafe. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm. 12.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *