Update Harga Cat Motif Marmer untuk Pilar Bangunan

No comment5259 views

Pilar merupakan salah satu bagian yang berfungsi sebagai penguat , terutama dengan dua atau lebih, atau gedung-gedung bertingkat. Selain itu, pilar juga bisa berfungsi sebagai penambah estetika bangunan. Nah, agar pilar Anda memiliki yang menarik seperti , Anda bisa menggunakan beberapa cat yang dijual di kisaran puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Pilar rumah motif marmer (sumber: balimarmergranit.com)

Pilar rumah motif marmer (sumber: balimarmergranit.com)

Marmer sendiri merupakan salah satu bahan yang dapat memberikan kesan mewah pada bangunan atau rumah, dan bisa diaplikasikan di lantai, dinding, maupun pilar. Sayangnya, marmer adalah bahan yang memiliki harga mahal dan karenanya tidak semua orang mampu membelinya. Nah, untuk menyiasati hal tersebut, pemilik rumah bisa mengaplikasikan cat dengan motif marmer tiruan yang akan memberikan kesan elegan pada pilar.

Saat ini, ada beberapa cat tembok atau pilar motif marmer yang bisa Anda di . Cat merek Samatex misalnya, sekarang ditawarkan dengan harga Rp375.000 untuk kemasan kaleng 1.000 gram atau 1 kg. Cat ini diklaim mampu memberikan nuansa motif marmer dan bermacam-macam motif kombinasi yang natural pada tembok, semen, , asbes, plywood, termasuk pada pilar, dinding, maupun pagar.

Cara mengecat motif marmer pada pilar sebenarnya terbilang praktis dan mudah. Namun, untuk hasil yang terbaik, Anda sebaiknya memercayakan pekerjaan tersebut kepada jasa tenaga yang benar-benar ahli dan memahami tentang seni agar hasil efek marmer dari cat ini bisa lebih maksimal dan sesuai dengan aslinya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memberikan efek marmer pada pilar adalah dengan sapuan kuas. Bahan yang diperlukan antara lain cat dengan warna senada atau sesuai selera, air untuk mengencerkan cat, kuas dalam berbagai ukuran, lap microfiber, dan koran untuk menghasilkan retakan warna ster pada marmer sehingga terkesan lebih natural.

Sebelum mulai melakukan pengecatan, pertama-tama haluskan pilar beton yang akan dicat dengan efek marmer. Kemudian, cat permukaan pilar dengan warna dasar cat acrylic. Pengecatan ini bisa dilakukan dengan teknik kuas, namun usahakan dengan cara miring atau diagonal, yang bertujuan agar warna dan tekstur bisa menjadi lebih rata.

Cat Motif Marmer - jasa-decoration.blogspot.co.id

Cat Motif Marmer - jasa-decoration.blogspot.co.id

Setelah selesai, lanjutkan dengan membuat motif marmer. Caranya adalah dengan menyapukan warna gradasi yang agak gelap secara diagonal dengan acak. Yang perlu Anda ingat, arah sapuan cat harus sama dengan sapuan cat dasar supaya mengesankan arah serat marmer yang sama. Kemudian, ambil kuas berukuran lebih kecil untuk menyapukan warna gradasi yang lebih tua. Bila perlu, ketika masih basah, usap dengan lap microfiber untuk mengesankan serat marmer yang alami.

Nah, untuk menghasilkan efek retakan warna ster pada marmer, seperti diutarakan sebelumnya, Anda bisa menggunakan koran sebagai cetakan. Caranya adalah dengan menyobek koran secara memanjang, lalu tempelkan sobekan tersebut pada pilar yang dikehendaki. Nah, jadikan sobekan koran tersebut sebagai cetakan pembuat retakan ster pada marmer sehingga hasilnya akan lebih alami.

Jika Anda tidak terlalu mahir dalam mengecat pilar dengan motif marmer, Anda bisa menggunakan jasa tukang cat yang lebih ahli. Biasanya, untuk mengecat pilar atau tiang dengan motif marmer, tukang cat mematok biaya jasa sebesar Rp300 ribuan per meter persegi, dengan cat acrylic. Sementara, untuk mengecat dinding dengan motif marmer, biaya jasa sekitar Rp250 ribuan per meter persegi.

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Harga Terjangkau, Sendok Makan Super Doll Jadi Pilihan
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Cat Motif Marmer untuk Pilar Bangunan"