Update Harga Buah Blueberry per Kg (Dried & Frozen)

Blueberry, seperti namanya, merupakan salah satu jenis beri yang memiliki segudang bagi tubuh. Buah ini dikatakan mampu membantu mencegah penyakit kronis, meningkatkan daya ingat jangka pendek, serta mengandung kalori yang rendah. Di , buah blueberry saat ini ditawarkan dengan sekitar Rp300 ribuan per kg untuk yang sudah kering (dried blueberries).

Blueberry kering/dried blueberry (sumber: foodmemories.com)

Blueberry kering/dried blueberry (sumber: foodmemories.com)

Blueberry sendiri adalah berbunga dalam genus Vaccinium, bagian dari Cyanococcus. Spesies ini berupa semak dengan ukuran mulai 10 cm hingga 4 m, dengan daun yang berganti atau hijau sepanjang tahun, serta berbentuk bel berwarna putih, merah, merah muda pucat, atau kehijau-hijauan. Buah blueberry sendiri banyak tumbuh di kawasan Amerika Utara.

Ada tiga nutrisi utama yang terkandung dalam buah blueberry. Nutrisi pertama adalah C yang dikatakan sebesar 10,8 mg. C sendiri merupakan salah satu antioksidan serta mampu meningkatkan produksi kolagen untuk mendapatkan kulit lebih halus dan lebih sehat. Dengan satu cangkir blueberry utuh dan segar, Anda mampu memenuhi kebutuhan C harian sebesar 24 persen. Selain C, buah ini juga mengandung A, K, dan B6.

Nutrisi utama lainnya yang terdapat pada buah blueberry adalah serat. Zat ini memiliki banyak , seperti membantu mengontrol kadar gula darah, kolesterol, dan berat badan, sera mencegah dan mengobati sembelit. Mengonsumsi tiga porsi blueberry per minggu yang dikombinasikan dengan buah-buahan lainnya juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar tujuh persen.

Kandungan nutrisi utama berikutnya dalam buah blueberry adalah mineral yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti mangan, tembaga, zat besi, kalium, dan zinc. Karena itu, dengan rajin mengonsumsi buah ini, diklaim mampu membantu memberikan perlindungan terkait kesehatan tulang sehingga Anda jauh dari risiko mudah patah tulang.

Buah Blueberry - www.agrowindo.com

Buah Blueberry - www.agrowindo.com

Selain manfaat-manfaat di atas, ada lagi beberapa penyakit yang mampu dicegah jika Anda rutin mengonsumsi blueberry. Karena memiliki kandungan vitamin B6 dan asam folat sebagai nutrisi pencegah penumpukan senyawa homosistein, blueberry diklaim bermanfaat menurunkan kolesterol dalam darah, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Di samping itu, blueberry juga dikatakan bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit Parkinson, yaitu gangguan pada sistem saraf karena kematian sel pada otak. Buah ini juga baik mencegah penuaan dini karena kaya vitamin C, serta membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker.

Saat ini, tidak susah menemukan buah blueberry, karena sudah dijual bebas di pasaran. Umumnya, blueberry yang ditawarkan sudah dalam bentuk dried atau kering dan juga bentuk beku. Untuk dried blueberries, sekarang harganya sekitar Rp350 ribuan hingga Rp420 ribuan per kg, sedangkan frozen blueberries ditawarkan Rp125 ribuan hingga Rp200 ribuan per kg.

[Update: Galih]

Baca juga  Update Daftar Harga Pupuk (Subsidi, Non-Subsidi, dan Organik)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.
  1. author

    liza3 bulan ago

    Nutrisi nya lebih banyak yg frozen apa dried ya? Thx

    Reply
    • author

      redaktur1 bulan ago

      Proses pengeringan bahan makanan dengan sendirinya meningkatkan konsentrasi kadar nutrisi pada setiap gram bahan makanan tersebut. Maka, dengan sendirinya, makanan yang dikeringkan lebih bernutrisi daripada yang frozen 🙂

Leave a reply "Update Harga Buah Blueberry per Kg (Dried & Frozen)"