Harga Cat Air Pentel (12 Warna, 15 Warna, 18 Warna, 24 Warna)

Pentel, mungkin nama ini sudah cukup familiar, terutama bagi Anda yang hobi menggambar dan melukis. Pentel adalah sebuah cat air dan juga crayon yang cukup sering digunakan terutama oleh dan anak-anak TK. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak toko yang menjual cat air Pentel dengan yang sangat terjangkau.

Cat air Pentel 24 warna (sumber: prelo.co.id)

Cat air Pentel 24 warna (sumber: prelo.co.id)

Cat air sendiri adalah salah satu jenis cat yang sering digunakan dalam proses menggambar dan melukis. Selain cepat kering, pola gambar juga terasa full colour jika menggunakan cat air. Namun, Anda memerlukan tingkat kehati-hatian dalam memoles menggunakan cat air, karena jika teledor sedikit saja, maka cat air akan membuat gambar menjadi bergelombang. Jika dibandingkan dengan menggunakan cat crayon, cat air ini lebih sulit tingkatannya karena diperlukan kehati-hatian saat pengaplikasian.  

Media ini bisa digunakan dengan lancip dan bentuk lainnya yang berbulu lembut dan menggunakan air yang berlebih, tetapi bisa pula dicampurkan dengan material lain, biasanya cat . Cat air dengan campuran air berlebih menghasilkan warna yang terang dan segar. Warna ini dihasilkan oleh cahaya yang mampu menembus lapisan cat yang transparan. Sementara, warna putih biasanya dihasilkan dari bagian-bagian yang tidak diberi lapisan cat. Sangat jarang lukisan yang sengaja memberikan lapisan putih dari cat air.

Di dalam negeri, cat air seringkali dipandang sebagai media lukis anak-anak. Bahkan, anak-anak TK tidak sedikit yang sudah mengenal cat air. Pasalnya, media ini termasuk media yang mudah digunakan. Selain itu, harga cat air pun relatif murah, banyak dijual di toko stationery, mudah dibersihkan, serta tidak memiliki bau yang tajam. Siapa saja yang gemar melukis, cat air adalah media yang sangat direkomendasikan.

Ilustrasi: melukis di kanvas

Ilustrasi: melukis di kanvas

Jika Anda berniat melukis dengan cat air, beberapa peralatan yang wajib Anda miliki adalah:

  • Cat air, biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu student grade dan artist grade. Untuk artist grade, harganya memang lebih mahal dibandingkan student grade. Menurut beberapa sumber, cat air artist grade memiliki hasil yang halus, mudah blending, serta punya warna yang tidak kusam dibandingkan cat air student grade. Namun, bila Anda masih tergolong pemula, cat air student grade merupakan pilihan yang tepat.
  • Kuas cat air, umumnya lebih halus dibandingkan dengan kuas akrilik atau cat minyak. Karena kegunaannya, kuas cat air digunakan untuk zat cair dan tidak memiliki kepekatan dengan akrilik atau cat minyak. Pegangannya juga pendek, sedangkan kuas akrilik atau cat minyak didesain untuk digunakan melukis jauh dari jangkauan. Untuk keperluan melukis di atas kertas, sebaiknya Anda memilih kuas yang berbulu halus dan terasa lembut jika dipegang dengan jari, kuas ini cocok digunakan untuk cat pengencer air. Cat jenis pengencer air ini seperti watercolor, gouache, cat poster color, dan acrylic. Kuas dan ini cocok untuk anak-anak sekolah.
  • Palet, adalah atau tempat untuk mencampur cat atau tempat untuk menyiapkan cat sebelum diaplikasikan ke medium lukisan. Palet yang bagus dikatakan harus memiliki sifat licin karena minyak tidak dapat meresap ke dalamnya. Ada beragam jenis palet yang bisa Anda temukan di pasaran, yaitu palet kotak, palet berdesain khusus, hingga palet pelengkap.
  • Easel, mungkin sebagian dari Anda masih asing dengan peralatan yang satu ini. Ini adalah papan untuk menjepit kanvas, yang memiliki kaki dan berdiri agak miring. Easel dapat dibuat dari berbagai material, namun umumnya terbuat dari bahan kayu. Easel akan memudahkan pelukis melukis objek, daripada harus melukis di atas meja.
  • Masking tape, alat opsional, merupakan perangkat yang berfungsi merekatkan kertas di papan. Biasanya, bertujuan untuk merenggangkan kertas agar tidak keriting saat terkena air dan juga melindungi daerah yang tidak ingin diwarnai. Masking tape tahan air dan bisa dibuka saat cat air sudah benar-benar kering.

Review Cat Air Pentel

Cat air Pentel 12 warna (sumber: iconomarket.club)

Cat air Pentel 12 warna (sumber: iconomarket.club)

Ini adalah merek cat air yang pasti sudah tidak asing lagi bagi para siswa SD. Pasalnya, ini adalah yang memang sangat cocok bagi mereka yang masih termasuk level beginner dalam hal lukis-melukis. Harganya yang relatif murah serta aplikasi yang simpel membuat cat air ini sangat populer di kalangan pelajar di Indonesia.

Bagi kebanyakan pengguna, yang paling disukai dari cat air Pentel adalah warnanya yang benar-benar cerah. Anda cukup menggunakan sedikit cat di ujung kuas dan dicairkan dengan air, maka sudah memadai untuk melukis background langit. Meskipun sedikit, tetapi kekuatan dan kecerahan warnanya tetap bertahan.

Di samping itu, ketika sudah diaplikasikan ke kertas, kemudian warnanya dirasa terlalu tua, Anda bisa langsung membasahi kuas dengan air, dan dengan cepat warnanya bisa larut dan rata dengan air. Dari semua warna yang ada dalam varian cat air Pentel, warna putih dan biru menjadi favorit, karena punya tone sangat cerah dan hidup.

Jika Anda tertarik dengan cat air merek Pentel, tidak sudah mendapatkan produk ini. Anda bisa membelinya di berbagai toko peralatan melukis, toko alat tulis kantor (ATK), dan bahkan situs jual beli online. Harga bervariasi, tergantung dan jumlah warna. Berikut kami sajikan kisaran harga cat air Pentel di pasaran dalam negeri.

Harga Cat Air Pentel

Varian Cat Air PentelHarga
Pentel Water Colour 12 WarnaRp50.000 – Rp60.000
Pentel Water Colour 15 WarnaRp63.000 – Rp70.000
Pentel Water Colour 18 WarnaRp80.000 – Rp90.000
Pentel Water Colour 24 WarnaRp115.000 – Rp125.000

Harga cat air Pentel di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan melukis dan situs jual beli online. Harga cat air Pentel tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung berkunjung ke toko stationery terdekat di kota Anda.

Baca juga  Info Terbaru Harga Tiket XXI di Bintaro Plaza
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Cat Air Pentel (12 Warna, 15 Warna, 18 Warna, 24 Warna)"