Cara Membuat dan Update Harga Kue Bola-Bola Susu

Mendapatkan yang sehat untuk si kecil tidaklah susah, salah satunya bola-bola susu. Selain membelinya di sejumlah toko kue dengan harga yang tak terlalu mahal, Anda pun bisa membuatnya sendiri dengan dibantu putra/putri Anda. Namun, karena terbuat dari susu, lebih baik camilan ini segera dikonsumsi hingga 3-7 hari dari awal pembuatan.

Bahan-bahan membuat bola susu (youtube: Dafa TubeHD)
Bahan-bahan membuat bola susu (youtube: Dafa TubeHD)

Resep bola-bola aneka warna warni pelangi kian populer menjadi ide usaha kreatif. Dengan cara ditaburi gula halus atau gula donat, membuat bola-bola susu (bosu) lebih menarik. Walau sepintas padat dan keras, tapi mudah dan kenyal empuk ketika dikunyah, karena terbuat dari bahan sederhana dari campuran susu bubuk (milk powder) dan susu kental manis dengan tepung kanji/aci maupun sagu.

Bacaan Lainnya

Bola-bola adalah kue kering yang bentuknya unik karena selain bulat, warnanya dibuat tidak sama (warna-warni). Bahan utama membuat bola susu adalah tepung tapioka, susu kental manis, dan beberapa macam pewarna. Cara membuatnya juga tergolong mudah. Berikut cara membuat bola-bola susu untuk keluarga dan buah hati.

Resep Bola-Bola

Bahan yang diperlukan untuk membuat bola-bola adalah 250 gr tepung sagu, 90 gr susu bubuk, 200 gr susu kental manis putih, 3 lembar daun pandan, 1 sdt vanili bubuk, 30 ml air panas, pewarna makanan, dan gula putih untuk taburan. Setelah semua bahan disiapkan, saatnya memasak kue bola-bola susu.

Pertama, sangrai tepung sagu dan daun pandan menggunakan api kecil hingga matang, yang ditandai dengan teksturnya menjadi ringan, lalu buang daun pandan yang telah mengering. Tambahkan vanili dan bubuk ke dalam tepung sagu yang sudah disangrai, lalu aduk rata. Masukkan susu kental manis putih sedikit demi sedikit dan aduk perlahan sampai membentuk adonan yang bisa dibentuk. 

Baca juga  Kisaran Biaya Hidup di Melbourne dan Sydney

Hentikan penambahan susu kental manis apabila adonan sudah bisa dibentuk. Namun, bila belum bisa dibentuk, tambahkan sedikit air. Selanjutnya, beri pewarna makanan dan aduk rata. Buat bola-bola seberat 10-15 gr atau sesuai selera. Lalu diamkan sekitar 30 menit agar sedikit mengeras.

Setelah adonan kalis, bagi adonan menjadi empat bagian atau sesuai selera, masing-masing diberi pewarna lalu uleni lagi hingga rata. Bentuk menjadi bulat-bulat kecil, taburkan atau gulingkan pada gula halus. Gulingkan bola-bola susu ke dalam gula putih hingga tertutup rata. Sebelum disantap, bola-bola susu lebih baik dimasukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan sebentar dalam kulkas agar teksturnya menjadi lebih padat serta berwarna-warni setelah gula halusnya menyerap.

Penggunaan daun pandan bertujuan agar kue bola susu ini tidak bau tepung sagu ketika dimakan. Jadi nanti hasilnya wangi pandan dengan susu yang lembut di mulut. Kalau Anda ingin membuat bola bola susu sagu coklat, Anda tinggal ganti saja penggunaan susu menjadi susu coklat. Cara membuatnya tetap sama, hanya saja tanpa menggunakan pewarna. Bisa diberi sedikit coklat bubuk dan keju agar warnanya cantik dan rasanya lezat.

Kue bola-bola susu (sumber: tukangreview.com)
Kue bola-bola susu (sumber: tukangreview.com)

Kue bola-bola susu ini bisa dijadikan alternatif untuk bekal sekolah anak Anda. Rasa dan teksturnya manis susu dan kenyal sepintas mirip dengan kue mochi. Selain enak untuk anak, bola-bola susu warna warni ini cocok juga dijadikan sajian kue Lebaran. Jadi tak aneh lagi jika menjelang Idul Fitri, banyak penjual kue kering yang ikutan menjajakan bola bola susu.

Baca juga  Manfaat dan Update Harga Peanut Butter atau Selai Kacang (All Merk)

Sayangnya, karena adonan dibuat dari susu, bola-bola sagu susu ini hanya bertahan 3 sampai 7 hari. Nah, kalau Anda ingin membuat permen bola susu ini, disarankan secukupnya saja. Jangan terlalu banyak, agar permen susu sederhana bentuk bola aci ini selalu fresh dan enak untuk dimakan. Selain bisa dibuat sendiri di rumah, di sejumlah toko kue online maupun offline juga sudah banyak yang menjual sehat untuk anak ini. Berikut informasi terbaru harga kue bola-bola susu.

Harga Bola-Bola Susu

Kemasan Kue Bola-Bola Susu Kisaran Harga
Kue Bola-Bola Susu 100 gr Rp13.000
Kue Bola-Bola Susu toples kecil 125 gr Rp25.000
Kue Bola-Bola Susu kemasan plastik 500 gr Rp45.900
Kue Bola-Bola Susu toples besar 650 gr Rp54.000
Kue Bola-Bola Susu kiloan Rp80.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga kue bola-bola susu di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, kue bola-bola susu kemasan plastik 500 gram yang semula dijual seharga Rp34.000, kini naik menjadi Rp45.900. Tak jauh berbeda dengan harga bola-bola susu kemasan toples besar 650 gr yang naik dari Rp45.500 menjadi Rp54.000.

Selain kue bola-bola susu, kini ada banyak jajanan sehat untuk anak yang dapat Anda suguhkan untuk bekal sekolah. Bagaimana memilih makanan dan resep yang cocok? Anda dengan mudah bisa melihatnya di Cookpad, layanan berbagi resep yang menyediakan wadah bagi setiap orang untuk berbagi resep dan mencari resep dengan cara yang mudah. Berikut lima makanan diambil dari resep terpopuler di Cookpad.

Ilustrasi: anak makan camilan (pexels: Alex Green)
Ilustrasi: anak makan camilan (pexels: Alex Green)

Alternatif Sehat untuk Anak

  • Cilok. Makanan yang berasal dari Jawa Barat ini menjadi jajanan yang tidak hanya dikonsumsi oleh anak kecil. Bahan dan cara pembuatan yang praktis pastinya bisa dibuat sendiri di rumah. Anda tinggal menyesuaikan bumbu apa yang cocok dipadukan,misal cilok bumbu kacang/pecel atau cilok basah (berkuah). Untuk isiannya, Anda juga bisa menambahkan telur, daging cincang atau keju sesuai selera.
  • Sate Gulung Telur. Sekaligus nostalgia masa-masa sekolah dulu, sekarang Anda bisa membuatnya sendiri untuk anak-anak tercinta. Selain cara membuatnya yang mudah, bahan-bahannya juga praktis. Siapkan sate gulung telur ini untuk bekal anak-anak sekolah beserta saus tomat atau mayones, dijamin mereka akan ketagihan.
  • Martabak Mini. Rasanya hampir semua anak-anak suka makanan manis. Martabak mini adalah salah satu penganan manis yang banyak dijajakan di sekitar sekolah. Topping mulai dari meses, selai strawberry, atau kepingan coklat jadi pilihan anak-anak. Saatnya Anda membuat martabak mini dengan kreativitas sendiri dengan menambahkan toping sesuai kesukaan anak-anak Anda.
  • Leker. Dengan bahan-bahan yang mirip seperti martabak mini, leker juga menjadi favorit anak-anak bila jajan di sekolah. Konon berasal dari Kota Surabaya, leker ini disebut juga dengan kue pisang Surabaya karena aslinya kue ini berisi potongan kecil pisang, coklat tabur, gula pasir, dan susu kental manis.
  • Sosis Gulung Mie. Sosis berbalut mie kesukaan anak ini merupakan salah satu makanan yang cukup mengenyangkan bila dijadikan snack. Kreasi paduan sosis, telur, dan mie sangat cocok untuk dijadikan bekal anak sekolah.
Baca juga  InfoHarga Menu Burger King Terkini & Terlengkap

Memang anak-anak bisa jajan di kantin sekolah. Namun apakah yang lebih sehat dari makanan bikinan rumah? Apalagi ada banyak informasi yang beredar tentang kandungan bahan kimia yang dicampur dalam jajanan anak-anak. Cara terbaik mengatasinya adalah dengan membuat sendiri makanan atau jajanan sekolah yang disukai oleh anak agar tetap terjaga kebersihan dan keamanannya.

Kue Bola-Bola Susu Kemasan - www.lazada.co.id
Kue Bola-Bola Susu Kemasan – www.lazada.co.id

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.