Info Terkini Harga Busi Avanza Original (All Merk)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan komponen kendaraan bernama busi. Walaupun memiliki ukuran yang kecil, tetapi bunyi punya fungsi penting untuk kendaraan bermotor. Jika tidak ada busi, maka mesin kendaraan Anda dijamin tidak akan menyala. Karena itu, penggantian busi secara teratur perlu dilakukan untuk menjaga performa kendaraan. Nah, apabila kendaraan Anda kebetulan adalah Toyota Avanza, harga busi untuk mobil tersebut berada di kisaran puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Busi mobil bekas (sumber: kompas.com)
Busi mobil bekas (sumber: kompas.com)

Seperti dikutip dari Wikipedia, busi berasal dari Belanda, yaitu bougie. Ini disebutkan sebagai suatu suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran dengan ujung elektrode pada ruang bakar. Busi dipasang untuk membakar bensin yang telah dikompres oleh piston. Percikan busi berupa percikan elektrik. Pada bagian tengah busi terdapat elektroda yang dihubungkan dengan kabel ke koil pengapian (ignition coil) di luar busi, dan dengan ground di bawah bagian busi, membentuk suatu celah percikan di dalam silinder.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, kerja busi adalah busi tersambung ke tegangan yang besarnya ribuan Volt yang dihasilkan oleh koil pengapian (ignition coil). Tegangan listrik dari koil pengapian ini menghasilkan beda tegangan antara elektrode di bagian tengah busi dengan yang di bagian samping. Arus tidak dapat mengalir karena bensin dan yang ada di celah merupakan isolator, namun semakin besar beda tegangan, struktur di antara kedua elektrode tersebut berubah. Pada saat tegangan melebihi kekuatan di elektrik daripada gas yang ada, gas-gas tersebut mengalami proses ionisasi dan yang tadinya bersifat isolator, berubah menjadi konduktor.

Baca juga  Info Terbaru Harga Kompon KIT (Semua Varian)

Setelah ini terjadi, arus elektron dapat mengalir, dan dengan mengalirnya elektron, suhu di celah percikan busi naik drastis, sampai 60.000 Kelvin. Suhu yang sangat tinggi ini membuat yang terionisasi untuk memuai dengan cepat, seperti ledakan kecil. Inilah percikan busi, yang pada prinsipnya mirip dengan halilintar atau petir mini.

Fungsi Busi Mobil

  • Busi berguna untuk menstabilkan mesin. Busi yang bagus dan tidak bermasalah berpengaruh ke kestabilan mesin mobil, entah secara langsung atau tidak. Kadang kala, busi yang sudah waktunya ganti bisa membuat mesin mobil agak terganggu, atau bisa juga mesin malah tidak bisa dinyalakan. Lebih baik Anda segera membawa mobil ke bengkel.
  • Busi juga bisa digunakan sebagai cadangan listrik pengganti aki mobil. Biasanya, sumber listrik berasal dari aki. Tetapi, aki memiliki umur tersendiri. Tentu, dari waktu ke waktu, performa dan keandalan aki semakin berkurang. Ketika aki sudah tidak bisa diandalkan lagi, Anda masih memiliki busi. Busi sendiri berpotensi sebagai penghasil listrik karena ada elektrode yang terhubung ke koil pembakaran dan ini mampu mengeluarkan listrik, meski kemampuannya tidak sekuat aki. Walau begitu, Anda tidak boleh terus-terusan mengandalkan busi karena sama seperti aki, usia busi juga akan berkurang.
  • Busi memiliki fungsi sebagai pembakaran bensin, dan dari sini, maka mesin mobil bisa menyala. Masalahnya, jika busi buruk atau dalam kondisi rusak, maka mesin mobil tidak akan menyala. Mungkin bisa menyala, tetapi dengan jalan yang tersendat. Apabila Anda mengalami kondisi demikian, sebaiknya lebih baik dibawa ke bengkel atau mengganti busi.
  • Menyalakan mesin kendaraan. Ini merupakan fungsi vital dari sebuah busi. Percuma Anda memiliki sebuah mobil bagus dan mahal, tetapi mesinnya tidak bertenaga. Mungkin salah satu penyebabnya terletak pada busi yang tidak beres. Cobalah cek pada bagian busi untuk mendapatkan fungsi busi yang optimal, bersihkan busi-busi tersebut. Mesin mobil yang bagus akan selalu terdengar lembut dan tidak berisik. Saat dikendarai pun tidak terasa tersendat-sendat. Busi bisa menjadi kunci utamanya, dan karena itu, jangan pernah disepelekan fungsinya.

    Ilustrasi: mesin mobil Avanza (sumber: zigwheels.ph)
    Ilustrasi: mesin mobil Avanza (sumber: zigwheels.ph)

Penyebab Busi Rusak

  • Pemasangan yang kurang tepat. Ini adalah hal sepele yang bisa membuat busi tidak bekerja secara maksimal. Pemasangan kurang tepat ini bisa disebabkan terlalu longgar atau posisi busi yang tidak pas karena jalur baut sudah rusak. Untuk mengatasi hal ini, cek dan pastikan posisi busi sudah pas.
  • Kompresi mesin yang bocor bisa menyebabkan hilangnya tekanan di silinder ruang pembakaran atau combustion chamber. Ciri khas utama kebocoran pada kompresi mesin adalah tenaga mesin berkurang, sistem pembakaran yang tidak berjalan maksimal, serta busi cepat mati. Untuk mengatasinya, Anda disarankan langsung membawa kendaraan untuk pengukuran nilai kompresi mesin memakai compression tester.
  • Penggunaan bahan bakar yang salah bisa menyebabkan isapan bensin terlalu banyak. Selain kendaraan menjadi lebih boros, busi akan cepat mati karena terlalu banyak disiram bensin. Jika bahan bakar terlalu boros, biasanya bagian atas busi akan selalu basah. Solusi mengatasi hal ini adalah segera setting ulang setelan bahan bakar Anda.
  • Penyebab lain busi cepat rusak adalah korsleting di jalur pengapian. Indikatornya, kendaraan ngadat atau brebet. Selain itu, kendaraan biasanya akan mati total (tidak bisa dinyalakan) setelah dibersihkan dengan air. Selain menyebabkan busi cepat mati, korsleting juga bisa mengakibatkan komponen lain, seperti CDI dan koil cepat rusak.

Busi harus selalu dijaga kualitasnya serta diganti tepat waktu. Karena, jika terlambat, maka tidak hanya busi yang harus Anda ganti, namun juga beberapa komponen lain yang terkena dampak terlambatnya penggantian busi. Dalam buku panduan kendaraan, biasanya pemilik kendaraan disarankan mengganti busi setiap kelipatan 6.000 km untuk sepeda motor dan 20.000 km untuk mobil.

Di pasaran sendiri, tidak susah menemukan busi. Anda bisa membeli komponen ini di bengkel resmi atau bengkel-bengkel umum. Jika kebetulan mobil Anda adalah Toyota Avanza, ada beberapa pilihan merek busi yang bisa Anda gunakan. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga busi untuk mobil Toyota Avanza.

Komponen Kendaraan Busi Mobil
Komponen Kendaraan Busi Mobil

Harga Busi Avanza

Merk Busi Harga
NGK BKR6E-11 Rp17.000
Denso XU22PR9 Rp22.500 – Rp25.900
Bosch YR7DC Rp25.000
NGK DCPREA-9 Rp25.000 – Rp36.500
NGK DCPR7EA-9 Rp30.000
NGK BKR6EGP Rp37.500
Denso XU22TT Rp37.500
NGK DCPR7EGP Rp44.000
Bosch Super 4 FR78X Rp59.000
Denso IK16 Rp72.800
Denso IK20 Rp75.000
Bosch Super 4 YR78X Rp77.000
Toyota 9004A-91068 Plug Spark Rp81.900
Denso Iridium IXU22 Rp85.000
NGK Iridium BKR6EIX Rp99.900
NGK Iridium DCPR7EIX Rp99.900
Duration Racing DKR7TC9SU Rp175.000
NGK DF6H11B Rp226.800
Brisk BOR14LGS Rp279.000
Brisk ER15SXC Rp300.000
Brisk DR15SXC Rp344.850

Harga busi untuk mobil Toyota Avanza di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bengkel dan situs jual beli online, dan berlaku untuk harga satu buah. Dibandingkan tahun sebelumnya, harga busi tersebut ada yang naik dan ada yang turun. Harga Brisk ER15SXC misalnya, awalnya Rp330 ribu dan sekarang turun menjadi Rp300 ribuan. Sementara itu, harga Denso  IK16 yang semula Rp68 ribu, naik menjadi Rp72 ribuan.

Varian Busi Mobil Original - www.forbes.com
Busi Mobil Original – www.forbes.com

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.