Update Harga Bread Improver Kemasan Sachet di Pasaran

Bagi Anda yang berkecimpung dalam bisnis berskala besar, pasti sudah tidak asing lagi dengan produk bread improver. Sesuai namanya, produk ini merupakan tambahan yang digunakan untuk membantu mempercepat pengembangan adonan . Di pasaran, satu sachet bread improver saat ini ditawarkan dengan sekitar seribuan rupiah, tergantung mereknya.

Seperti dituturkan sebelumnya, bread improver adalah bahan tambahan yang dapat membantu mempercepat proses pengembangan adonan roti dengan memproduksi gas dan meningkatkan kekuatan gluten dalam menahan proses pengembangan tersebut. Bread improver lazim digunakan dalam industri untuk mempercepat proses pembuatan roti. Namun, bakery skala kecil ada juga yang memilih tidak menggunakan bahan ini karena proses fermentasi yang lama dipercaya mampu meningkatkan citarasa roti yang dihasilkan.

Bread Improver - www.kingarthurflour.com

Bread Improver - www.kingarthurflour.com

Produk ini umumnya hadir dalam bentuk bubuk dengan kandungan enzim ascorbic acid (pelunak gluten), sodium metabisulfit (pelunak gluten), ragi (amonium klorida), Alfa amylase, emulsifier (surfactant atau lecithin), dan tepung soya, dengan penampakan umum berwarna cokelat muda. Fungsi bread improver secara terperinci dapat disebutkan sebagai berikut.

  • Membantu yeast dalam hal produksi gas sehingga menjadi lebih mengembang.
  • Membantu gluten menahan kerangka roti yang mengembang.
  • Meningkatkan roti, baik dari segi volume maupun dari sisi tekstur.

Saat ini, sudah banyak merek bread improver yang beredar di toko bahan baku makanan. Merek S-One misalnya, dikatakan mampu memberikan penampilan roti khas Eropa (hard roll type), dan memberikan penampilan yang crusty, kulit permukaan roti yang crispy, namun masih tetap menjaga kelembutan roti. Produk ini dapat digunakan untuk aneka hard roll maupun produk pastry seperti croissant dan Danish.

Selain itu, ada juga Volatex Frozen, yang merupakan bread improver khusus adonan yang dibekukan (frozen dough bread improver). Sebagai bread improver, produk ini diklaim mampu menjaga kestabilan pengembangan adonan roti dan penampilan roti atau produk pastry untuk jangka waktu yang relatif lama.

Kemudian, ada produk Instant Plus yang dikatakan mampu meningkatkan volume roti ekonomis dan cocok untuk produksi roti massal dengan metode rolling atau do break. Sementara, merek Instant Plus Super memiliki fungsi dan penggunaan yang sama dengan Instant Plus, namun dengan hasil yang lebih optimal. Adapun merek IF-100, diformulasikan untuk membuat roti ekonomis berkualitas dari segi volume dan keempukan, yang dapat digunakan untuk segala jenis proses pembuatan roti.

Harga Bread Improver

Tidak susah menemukan produk bread improver di pasaran. Anda bisa membeli bubuk pengembang adonan roti ini secara sachet atau satu pack. Bread improver merek Big One misalnya, saat ini dijual dengan harga mulai Rp3.375 per sachet kemasan 15 gram, sedangkan merek Baker’s Bonus A ditawarkan dengan harga Rp5.000 per sachet kemasan 10 gram. Sementara, merk Bakerine Plus dijual Rp13.500 untuk kemasan 110 gram dan Rp36.500 untuk kemasan 500 gram, merek IF-100 kemasan 500 gram dilepas Rp35.000, MJ Bread Improver Premium Rp1.500 per sachet, dan merek S500 Acti-Plus dijual Rp12.000 untuk kemasan 100 gram.

[Dian]

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Burung Puyuh (Semua Jenis)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Bread Improver Kemasan Sachet di Pasaran"