Specs dan Update Harga Bor Bosch GBM 350

Bor telah lama digunakan untuk membuat lubang bundar pada material seperti kayu dan besi atau untuk mengencangkan mur dan baut. Di pasaran sendiri, jenis yang umum adalah hand drill karena lebih ringkas dan mudah dioperasikan. Nah, jika Anda juga memerlukan mesin bor tangan dengan harga terjangkau tetapi tetap berkualitas, mungkin Bosch GBM 350 bisa menjadi rekomendasi yang menarik untuk Anda.

Bor Bosch GBM 350 (sumber: lazada)
Bor Bosch GBM 350 (sumber: lazada)

Mesin bor adalah salah satu perkakas yang sering ditemui, bahkan wajib ada, ketika ada pengerjaan seperti bangunan maupun kayu. Ini adalah sebuah mesin dengan gerakan memutarkan alat pemotong dengan arah pemakaiannya mata bor hanya pada sumbu mesin tersebut. Mesin ini dapat digunakan untuk mengebor atau membuat lubang berbentuk bulat dalam lembaran kerja.

Bacaan Lainnya

Ada banyak jenis mesin bor yang telah beredar di pasaran. Mesin bor duduk misalnya, adalah alat yang biasa digunakan di bengkel, yang berfungsi untuk membuat lubang. Peran utama mesin bor duduk adalah menggenggam mata bor, memutarnya, lalu mengikis dengan puntiran mata bor untuk menghasilkan lubang pada benda kerja.[1]

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Ada pula mesin bor tangan, jenis yang paling sering dipakai. Mesin bor ini biasanya digunakan untuk mengebor besi maupun kayu, tergantung dengan mata bor yang digunakan. Di samping itu, mesin bor jenis ini juga bisa digunakan untuk mengencangkan atau melepaskan baut. Cara penggunaannya adalah menggunakan tangan dengan menekan tombol yang berada pada pegangannya. Bentuknya yang menyerupai pistol juga membuat jenis bor ini disebut sebagai bor pistol. Seiring waktu, berkembang pula mesin bor tangan yang dilengkapi elektromagnet, tujuannya merekatkan dinding permukaan material besi yang akan dibor dengan mesin bor tersebut.[2]

Review Bosch GBM 350

Nah, jika Anda membutuhkan mesin bor tangan berkualitas dengan harga , mungkin seri GBM 350 buatan Bosch bisa menjadi referensi yang menarik. Bosch sendiri telah dikenal sebagai brand power tools atau perkakas mesin yang sudah digunakan banyak orang karena punya kualitas yang andal. Divisi pada Bosch Group diklaim sebagai pemimpin pasar dunia untuk power tool dan aksesori power tool.

Kembali lagi ke varian Bosch GBM 350, seperti namanya, produk ini memiliki motor dengan listrik 350 Watt. Alat tersebut dibekali kecepatan putar hingga 2.800 rpm, yang dapat digunakan untuk melubangi material seperti kayu, besi atau baja, dan aluminium. Untuk kayu, kedalaman lubang yang dapat dibuat hingga 20 mm, sedangkan pada baja sekitar 10 mm dan pada aluminium hingga 13 mm. Tidak hanya itu, Bosch GBM 350 juga dapat dipakai untuk membantu mengencangkan atau melepaskan mur dan baut, seperti pada kaki meja atau mur pada casing CPU.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Kelebihan lainnya Bosch GBM 350 adalah memiliki desain yang ramping serta bobot hanya 1,2 kg. Dengan dimensi tersebut, bor Bosch GBM 350 dapat digunakan dengan mudah di tempat sempit atau area yang terbatas, seperti harus menyolder atau melubangi kaki tempat tidur. Bagian gagang pun ramping sekaligus ergonomis, memberikan kenyamanan ketika dipegang. Terdapat pula ventilasi udara untuk menjaga agar motor di dalam mesin bor ini tetap dingin atau tidak overheat dan terus bekerja optimal.

Bor Bosch GBM 350 - (www.bosch-pt.co.id)
Bor Bosch GBM 350 – (www.bosch-pt.co.id)

Spesifikasi Teknik Bosch GBM 350

Daya Input Terukur 350 Watt
Berat 1,2 kg
Kecepatan Tanpa Beban, Gigi ke-1 0 – 2.800 rpm
Kecepatan Terukur 2.000 rpm
Kapasitas Gagang, Minimal/Maksimal 1 – 10 mm
Dimensi Alat (Lebar) 70 mm
Dimensi Alat (Panjang) 240 mm
Dimensi Alat (Tinggi) 190 mm
Diameter Pengeboran Aluminium 13 mm
Diameter Pengeboran Kayu 20 mm
Diameter Pengeboran Baja 10 mm

Harga Bosch GBM 350

Jika Anda tertarik dengan Bosch GBM 350, tidak sulit mendapatkan bor tangan ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di gerai resmi Bosch di Indonesia, toko perkakas teknik, atau melalui situs jual beli online. Menurut website resminya, harga ritel yang direkomendasikan untuk Bosch GBM 350 saat ini adalah Rp476.000 (belum termasuk PPN), naik dari tahun lalu yang dilepas Rp467.000. Sementara itu, di beberapa situs jual beli online, harganya berkisar Rp394 ribu sampai Rp681 ribuan, tergantung kebijakan masing-masing toko (belum termasuk ongkos kirim).

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

(Panca)

[1] Aryanto, Alex Dwi. 2010. Rancang Bangun dan Perbaikan Mesin Bor Portable dan Uji Unjuk Kerja dengan Bahan Besi Tuang ST 40 dan besi Tuang ST 60 (Tugas Akhir). Program Studi Diploma III Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

[2] Purnama, Jaka, Bambang Setyono, Hanif Amrullah. 2015. Perancangan Mesin Bor Magnet Pendekatan Ergonomi untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers UNISBANK (Sendi_U).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *