Harga Kura-Kura Cherry Head per Ekor

No comment102 views

Bagi mereka yang memelihara atau mendalami tentang , pasti sudah cukup familiar dengan cherry head. Ini adalah jenis kura-kura darat yang memiliki cangkang atau tempurung dan kaki berwarna kemerah-merahan. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian kura-kura ini juga kerap disebut red foot. Di pasaran dalam negeri, harga satu ekor kura-kura cherry head bisa mencapai angka jutaan rupiah.

Kura-kura cherry head (sumber: pinterest)

Kura-kura cherry head (sumber: pinterest)

Kura-kura adalah binatang reptil yang sangat mudah dikenali karena memiliki bentuk tubuh yang khas, yakni adanya cangkang yang disebut karapas pada bagian dorsal dan plastron pada bagian ventral.[1] Di seluruh dunia, diperkirakan ada 285 spesies kura-kura yang terbagi dalam 14 familia. Sementara itu, di Indonesia, diketahui ada 45 spesies kura-kura dari 7 familia, dengan 25 spesies di antaranya ditemukan di kawasan Kalimantan.[2][3]

Karakteristik Kura-Kura Cherry Head

Dari sekian banyak jenis kura-kura yang ada, salah satu yang cukup unik adalah kura-kura cherry head atau kerap juga disebut red foot. Kura-kura berukuran sedang ketika dewasa ini (rata-rata 30 cm) konon merupakan spesies yang berasal dari kawasan Amerika Selatan. Kura-kura cherry head dikatakan masih satu kerabat dengan kura-kura kaki kuning yang ditemukan di Lembah Amazon.

Baca juga  Info Lengkap Harga Lovebird Lutino Mata Hitam

Secara umum, kura-kura cherry head menunjukkan jenis kelamin, regional, dan variasi individu dalam warna, bentuk cangkang, dan -ciri anatomis minor. Karapas dewasa biasanya berbentuk oval memanjang dengan sisi yang hampir sejajar, meskipun sisi jantan mungkin melengkung ke dalam. Tempurung mereka cukup tinggi dan licin, dengan punggung agak datar (meskipun sisik mungkin terangkat pada beberapa individu, terutama spesimen penangkaran).

Plastron (bagian bawah shell) berukuran besar dan tebal sepanjang tepi. Sementara itu, gular (sepasang sisik plastron paling depan) tidak terlalu menonjol, melewati bagian depan karapas. Plastron kura-kura jantan menjorok ke dalam, dan sisik anal (sepasang sisik plastron paling belakang) dapat digunakan untuk kebutuhan seks, sedangkan pola warna bervariasi menurut wilayah.

Kepala varian ini relatif kecil, dengan profil persegi dan rata di atasnya, lebih panjang dari lebar. Mata berukuran besar dengan iris cokelat hampir hitam, dan jarang ada sklera yang terlihat di sekitarnya. Bagian rahang atas agak bengkok, sedangkan rahang atas berlekuk di tengah depan. Sekitar 15 hingga 20 ‘gigi’ atau lekukan halus terjadi di setiap sisi setiap rahang. Tympanum yang hampir melingkar terletak di belakang dan di bawah mata, ditutupi dengan sisik gelap.

Tungkai hewan umumnya berbentuk silinder dengan empat cakar di tungkai depan dan lima di belakang, tetapi tidak ada jari kaki yang terlihat. Tekstur tungkai depan agak pipih dan permukaan depan tertutup sisik besar, kebanyakan berwarna sama dengan kepala. Mereka tidak sebesar atau menonjol seperti pada spesies yang lebih primitif seperti kura-kura pacu Afrika (Geochelone sulcata). Ekornya berotot, panjangnya bervariasi dan bentuk keseluruhannya berdasarkan jenis kelamin.

Baca juga  Info Terbaru Harga Diva Family Karaoke Cabang Malang

Ukuran kura-kura cherry head dewasa bervariasi menurut wilayah dan jenis kelamin, rata-rata 30 hingga 35 cm, dengan jantan secara keseluruhan sedikit lebih besar dibandingkan betina. Kura-kura dengan ukuran hingga 45 cm cukup umum ditemukan, sedangkan yang berukuran lebih dari 50 cm kadang-kadang ditemukan. Spesimen terbesar yang diketahui berasal dari Paraguay, memiliki panjang 60 cm, dengan berat lebih dari 28 kg.

Kura-kura cherry head ini sering ditemukan di atau dekat daerah transisi antara hutan dan sabana, tepi kayu, atau di sepanjang saluran air. Di air dangkal, kura-kura tersebut biasanya segera minum air dan menyiram tubuh mereka pada saat yang bersamaan. Kalau Anda merawat kura-kura ini, Anda bisa merendamnya di luar selungkup di air dangkal selama 15 sampai 30 menit setiap dua kali seminggu.

Kura-kura cherry head (sumber: pinterest)

Kura-kura cherry head (sumber: pinterest)

Apabila Anda tertarik dengan kura-kura cherry head, tidak sulit menemukan spesies ini. Pasalnya, walau berasal dari Amerika Latin, kura-kura ini ternyata sudah menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, untuk memiliki varian tersebut, harga yang harus dibayarkan memang cukup mahal. Lalu, berapa harga kura-kura cherry head tersebut?

Baca juga  Info Terbaru Harga Bunglon Jawa di Pasaran

Harga Kura-Kura Cherry Head

Ukuran Kura-Kura Cheery HeadHarga
Kura-Kura Cherry Head 6 – 7 cmRp1.700.000 – Rp2.500.000 per ekor
Kura-Kura Cherry Head 8 cmRp2.800.000 per ekor
Kura-Kura Cherry Head 12 cmRp4.000.000 per ekor
Kura-Kura Cherry Head 15 – 18 cmRp6.750.000 – Rp10.500.000 per ekor

Harga kura-kura cherry head di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa jual beli . Perlu Anda catat bahwa harga kura-kura cherry head tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing toko hewan atau peternak juga dapat berbeda walaupun ukurannya sama.

[1] Setiadi, Anandita Eka. 2014. Identifikasi Jenis Kura-Kura di Kalimantan Barat. Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS: 493-497.

[2] Iskandar, D. T. 2000. Kura-Kura dan Buaya Indonesia dan Papua Nugini. Bandung: ITB.

[3] Liat, Lim Boo dan Indraneil Das. 1999. Turtles of Borneo and Peninsular Malaysia. Kinabalu: Natural History Publications (Borneo).

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Kura-Kura Cherry Head per Ekor"