Update Info Harga Biji Kopi Mentah Terbaru

No comment10722 views

Kopi masih menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Selain bisa membelinya di kafe-kafe atau warung kopi, Anda pun bisa membuat kopi kesukaan dengan berburu kopi langsung dari atau pedagang. Di pasaran, harga biji kopi untuk tahun 2020 ini masih cukup bervariasi, namun diprediksi tidak jauh berbeda dengan tahun 2019 lalu.

Sajian minuman kopi

Sajian minuman kopi

Biji kopi sendiri adalah biji dari tumbuhan kopi dan merupakan sumber dari minuman kopi. Warna biji kopi umumnya putih dan sebagian besar merupakan endosperma. Setiap buah kopi biasanya memiliki dua biji. Namun, buah yang mengandung satu biji dipercaya memiliki rasa yang lebih baik, dan disebut dengan peaberry.

Berdasarkan spesies , biji kopi secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu biji kopi arabika dan biji kopi robusta. Biji kopi arabika adalah jenis yang paling banyak ditemui dan digunakan untuk membuat minuman kopi. Kira-kira, 70 persen kopi yang dijual di pasaran saat ini berasal dari biji kopi arabika, dengan banyak tumbuh di Afrika bagian timur dan tengah, Amerika Selatan, serta Benua Asia bagian selatan dan tenggara.

Kopi arabika dipercaya sebagai biji kopi terbaik. Pasalnya, biji kopi ini lebih sulit diproses dan diolah. Selain itu, karena sangat peka terhadap perubahan suhu, tanaman ini lebih mudah diserang hama dan penyakit. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian hasil biji kopi arabika dalam setahun lebih sedikit dibandingkan kopi robusta.

Dari segi rasa, karena kandungan sukrosa atau gula dalam kopi arabika lebih tinggi, maka minuman kopi ini akan terasa agak manis dan asam. Namun, yang dihasilkan lebih wangi, seperti campuran bunga dan buah-buahan. Kopi arabika sendiri mengandung sekitar 1,2 persen kafein sehingga setelah diseduh, kopi ini akan terasa lembut, tidak terlalu pekat.

Sementara, untuk kopi robusta, banyak tumbuh di Benua Afrika bagian barat, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Tanaman ini lebih mudah tumbuh dan dirawat dibandingkan kopi arabika, bahkan bisa ditanam di dataran yang tidak terlalu tinggi dengan suhu yang berubah-ubah. Di dalam setahun, tanaman kopi robusta bisa menghasilkan lebih banyak biji kopi dibandingkan jenis arabika.

Dari segi rasa, ciri khas kopi robusta adalah pekat dan agak pahit. Pasalnya, kandungan kafein dalam kopi ini lebih tinggi dibandingkan kopi arabika, yaitu sekitar 2,2 persen. Cita rasa dan aroma kopi robusta sangat kuat, mirip dengan cokelat, teh hitam, dan kacang-kacangan. Setelah diolah menjadi minuman, beberapa jenis kopi robusta memiliki wangi yang seperti kayu.

Harga Biji Kopi Mentah di Pasaran

Jemuran biji kopi mentah

Jemuran biji kopi mentah

Nah, untuk harga biji kopi di tahun 2019, cukup bervariasi, tergantung jenisnya dan dikatakan tidak terlalu berbeda dibandingkan tahun 2018 lalu. Untuk biji kopi mentah jenis arabika Gayo, pada tahun 2018 kemarin dijual di kisaran harga Rp65 ribuan per kg untuk kualitas standar dan Rp100 ribuan per kg untuk kualitas terbaik.

Dari biji kopi Arabica Gayo seharga Rp100.000/kg tersebut, harganya akan kembali melonjak menjadi Rp150.000 di Aceh Tengah jika sudah melewati roasting. Beberapa pengepul dan pedagang kopi seduh di daerah Gayo juga seringkali mencampur bubuk kopi arabica dengan robusta dan dijual seharga Rp75.000/kg. Sementara, harga kopi arabika Jawa Barat berada di kisaran Rp85 ribuan per kg untuk biji yang masih hijau (green bean), dan Rp160 ribuan per kg untuk biji kopi arabica Bengkulu.

Untuk kopi jenis robusta, harganya relatif lebih murah dibandingkan kopi arabika. Biji mentah kopi jenis ini pada tahun 2018 lalu masih sekitar Rp35 ribuan per kg di daerah Lampung, atau setengah harga dari biji kopi arabica. Sementara, di beberapa situs jual beli online, biji kopi robusta Lampung ditawarkan dengan harga Rp55 ribuan per 500 gram untuk yang sudah di-roasted.

Kemudian, pada tahun 2020 ini di tengah pandemi virus corona (Covid-19) rupanya harga kopi dunia disebut naik akibat aturan lockdown di banyak negara yang memicu masyarakat memborong kopi untuk dikonsumsi selama di . Dilansir dari CNBC melalui Liputan6, harga kopi Arabika berjangka di benchmark New York untuk pengiriman Mei 2020 naik 15% bila dibandingkan bulan lalu, yang diperdagangkan sekitar USD1,20 per pon.

Sementara itu, di beberapa situs jual-beli online saat ini harga biji kopi mentah cenderung variatif, tergantung jenisnya. Sebagai contoh, biji kopi mentah excelsa dibanderol Rp50 ribu per kg, kemudian biji kopi robusta Temanggung Rp28.000-35.000 per 1kg, kopi Lampung Rp25.000-30.000 per kg, dan untuk kopi luwak liar Rp150.000-1.500.000 per kilo.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Harga Arang Batok Kelapa di Pasaran
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Info Harga Biji Kopi Mentah Terbaru"