Update Harga Pasang Behel Gigi Bagian Atas

No comment21600 views

Bagi seseorang yang merasa penampilan giginya kurang rapi, seperti ada jarak antar gigi, letak gigi yang tidak sama, dan lainnya, bisa diatasi dengan pemasangan atau behel. Behel lebih dikenal untuk tujuan estetika atau memperbaiki penampilan. Di samping itu, tujuan lainnya adalah memperbaiki fungsi mulut.

Pengguna kawat gigi (sumber: wprost.pl)

Pengguna kawat gigi (sumber: wprost.pl)

Secara umum, dari segi , kawat gigi berfungsi memperbaiki jarak antar gigi yang terlalu renggang, masalah rahang lain yang menyebabkan gigitan menjadi tidak rata, gigi yang berdesakan atau tumbuh bengkok, serta gigi depan rahang atas yang tumbuh tidak sejajar (lebih ke depan atau ke belakang) dibandingkan gigi depan rahang bawah. Selain memperbaiki penampilan, gigi yang rata dapat membuat Anda bicara lebih jelas dan bisa mengunyah atau menggigit makanan lebih baik.

Untuk mencapai hasil maksimal, setiap orang membutuhkan jenis kawat gigi berbeda sesuai kebutuhannya. Pemasangan behel tidak bisa dilakukan sembarangan, karena ada prosedur dan standar operasional yang harus dijalankan. Bila diperlukan, akan dilakukan pencabutan gigi untuk mendapatkan ruangan yang dibutuhkan untuk menggeser gigi yang posisinya perlu diperbaiki. Namun, tidak semua kasus mendapatkan tindakan pencabutan gigi, tergantung pada hasil periksa dengan .

Proses Sebelum Pemasangan Behel

akan diperiksa oleh dokter untuk dilihat secara saksama. Jika ada gigi yang perlu mendapatkan (misalnya penambalan atau pembersihan karang gigi), harus dirawat terlebih dulu sebelum dilakukan pemasangan behel. Jika sudah selesai diperiksa dan ditemukan bahwa gigi dalam keadaan baik, gigi akan dicetak untuk mendapatkan model atau duplikat gigi. Duplikat ini diperlukan untuk menganalisis kebutuhan ruang dan melakukan rencana perawatan.

Selain itu, perlu dilakukan foto rontgen (ada dua foto, yaitu panoramik dan cephalometri). Foto ini penting untuk membantu analisis kebutuhan ruang dan menilai posisi gigi terhadap tulang rahang sehingga dapat menunjang rencana perawatan.

Perawatan behel terdiri dari beberapa komponen, yaitu kawat gigi (wire), bracket (awam menyebutnya behel), rubber band (karet yang dipasang pada bracket untuk menahan kawat), dan molar band (dipasang pada gigi belakang, menahan ujung kawat agar tidak lepas dan melukai jaringan lunak mulut). Kawat yang dipasang pada bracket akan menghasilkan gaya untuk menggeser gigi.

Harga Pasang Behel Bagian Atas

perawatan behel ini bisa berbeda-beda, sehingga pada setiap dokter atau dan klinik memiliki biayanya sendiri. Perbedaan biaya ini disebabkan setiap dokter atau pihak yang terkait mempunyai kebijakannya masing-masing dan dipengaruhi juga oleh jenis bahan dan yang dipakai.

harga, pasang, behel, gigi, atas, rahang, bawah, waktu, lebih, lama, singkat, pasien, dokter, di, klinik, kebijakan, rumah, sakit, promo, cicilan, tanpa, bunga, ahli, infeksi, mulut, tujuan, estetika, fungsi, jenis, bahan, masalah

Pasien dan dokter usai pemasangan behel

Bahan behel dapat terbuat dari beberapa jenis, seperti metal, composite, dan ceramic. Sebagai patokan harga untuk pemasangan behel di klinik swasta wilayah Jakarta Selatan, berkisar Rp8 jutaan hingga Rp19 jutaan, tergantung dari jenis behel yang digunakan. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, harga pasang behel tersebut berkisar Rp6 juta hingga Rp23 juta.

Di klinik lain yang ada di kota berbeda, misalnya di Surabaya, ada yang mematok harga Rp6,5 juta hingga Rp11 jutaan. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, tarif pasang behel di Kota Pahlawan berkisar Rp4 juta hingga Rp8 juta. Harga tergantung masalah koreksi dan jenis behel yang diinginkan. Untuk pemasangan behel transparan, akan lebih mahal dibandingkan dengan pemasangan behel biasa.

Bagi Anda yang masih merasa keberatan dengan harga itu, kini beberapa klinik gigi ada yang sudah menyediakan kemudahan dengan sistem pembayaran cicilan tanpa bunga. Dengan adanya sistem itu, akan memudahkan pasien yang akan melakukan pemasangan behel sehingga mendapatkan harga yang terjangkau.

Selain sistem cicilan, beberapa klinik gigi juga ada yang menyediakan promo pemasangan behel, seperti Klinikita Kertajaya Surabaya. Anda bisa mendapatkan harga Rp2 juta (rahang atas dan bawah). Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, biaya pasang behel di Klinikita Kertajaya Surabaya berkisar Rp3,5 juta. Tidak hanya behel, promo lain juga diberlakukan untuk scalling gigi (rahang atas dan bawah), bleaching gigi (rahang atas dan bawah), lepas behel, dan tambal gigi.

Jika Anda ingin pasang behel hanya pada gigi atas, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter gigi. Karena, pada umumnya pemakaian behel dilakukan pada 2 rahang. Ada pengalaman yang pernah terjadi, awalnya pasien hanya ingin dipasang kawat gigi bagian atas. Lalu, setelah gigi atas rapi, maka terlihat gigi bawah menjadi tidak rata. Sehingga, pasien minta dipasangkan behel juga untuk gigi bawah. Hal ini tentu memakan waktu perawatan gigi yang lebih lama. Dengan memakai behel secara bersamaan gigi atas dan bawah, waktu perawatan akan menjadi lebih singkat.

Walaupun memang biaya pasang behel di dokter gigi lebih mahal daripada di ahli gigi, sebaiknya Anda tidak hanya memikirkan besar biayanya. Penting juga dipikirkan mengenai keamanan behel gigi yang dipakaikan nantinya. Tidak sedikit orang yang mengeluhkan efek samping pemakaian behel gigi yang tidak dipasang di dokter gigi. Efek samping yang ditimbulkan juga tidak main-main, bisa menyebabkan infeksi hingga ke penyakit lain yang jauh lebih berbahaya.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Manfaat dan Harga Serum Naavagreen (Semua Varian)
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Harga Pasang Behel Gigi Bagian Atas"