Harga Beras Ketan 1 kg di Pasaran

No comment117 views

Bahan pangan pokok ternyata tidak hanya seputar dan jagung. Di beberapa daerah di , juga menggantungkan beras atau sebagai sehari-hari. Beras merupakan salah satu jenis beras dengan tanaman berbentuk fisik hampir sama dengan padi. Seperti beras, harga beras per kg pun tidak selalu stabil, terkadang naik dan terkadang turun.

Ketan matang (sumber: thekitchn.com)

Ketan matang (sumber: thekitchn.com)

Sebelum kita membahas mengenai harga beras ketan di pasaran, tampaknya menjadi beras ketan bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Dilansir dari Info Pangan Jakarta, pada tahun 2019, harga beras ketan di Jakarta sudah mencapai Rp10 ribuan per 1 kg. Menanam beras ketan juga tidak sesulit ketika Anda mencoba menanam padi, bahkan Anda bisa lebih hemat lagi karena tanaman beras ketan lebih tahan terhadap cuaca dan hama.

Cara Menanam Beras Ketan

  • Sangat penting memulai sebuah usaha dengan mempertimbangkan lahan tanam dan lokasi terlebih dahulu. Lahan tanam dan lokasi yang tepat untuk menanam beras ketan adalah tidak jauh dari sumber air dan jauh dari pemukiman. Pastikan juga bahwa lokasi tidak terkena polutan yang dapat meracuni tanaman Anda nantinya. Anda bisa menggunakan lahan tanam berlokasi dekat dengan rumah agar mudah dijangkau dan mempermudah Anda dalam melakukan perawatan hingga panen.
  • Langkah berikutnya dalam cara menanam beras ketan, yaitu membuat media semai. Media semai bisa dibuat secara langsung di lahan tanam atau menggunakan tray semai dan polybag. Akan lebih baik jika Anda menggunakan tray semai, karena ini mempermudah Anda ketika menanam bibit nantinya. Media semai harus diisi dengan tanah dan sekam sebanyak 2:1. Pastikan Anda menggunakan tanah dengan pH tidak di bawah 5.
  • Sangat penting juga memilih benih beras ketan untuk mendapatkan hasil panen yang sukses. Benih dipilih dengan cara melakukan uji kelayakan budidaya, ini juga bertujuan untuk mendapatkan dengan kualitas terbaik. Rendamlah benih beras ketan yang ingin Anda tanam, Anda bisa memilih jenis beras ketan hitam atau putih. Pastikan juga air rendaman merupakan air bersih, dan rendam selama kurang lebih 2 jam. Ciri dari beras ketan yang baik adalah tidak akan mengapung dan tetap tenggelam selama direndam. 
  • Untuk menyemai beras ketan, tidaklah sulit. Anda hanya perlu menebar biji di atas media semai. Beras harus ditebar secara merata dengan jarak minimal 3 cm hingga 5 cm. Tutup dengan tanah bagian atas beras agar benih dapat tumbuh menjadi bibit layak tanam. Lakukan perawatan hingga bibit tumbuh dan memiliki helai daun sebanyak 7. Pastikan juga bahwa bibit sudah berumur 25 hari hingga 40 hari setelah semai.
Beras ketan (sumber: eatingthaifood.com)

Beras ketan (sumber: eatingthaifood.com)

  • Sembari Anda melakukan perawatan pada langkah semai, Anda juga perlu menyiapkan lahan tanam. Cara mengolah tanah yang baik untuk menanam beras ketan, yaitu dengan melakukan proses pembajakan, penggemburan, pemupukan dan pengapuran, serta pengairan. Pembajakan dilakukan sebanyak 3 kali dengan menambahkan sedikit air sebagai proses penggemburan tanah. Ukurlah pH tanah sebelum melakukan pemupukan. pH tanah yang baik yaitu sekitar 5,5 hingga 7, Anda bisa melakukan pengapuran bila pH di bawah 5,5. Pemupukan dilakukan setelah pengapuran, Anda bisa menggunakan jenis pupuk organik dicampur dengan pupuk kimia sebanyak 2:1. Pengairan dilakukan seminggu sebelum masa tanam dengan ketinggian air mulai 10 cm hingga 25 cm.
  • Menanam bibit beras ketan. Bibit dengan ketinggian 25 cm sudah siap untuk ditanam di lahan tanam. Menanam beras ketan harus dengan pola larikan dengan jarak 20 cm x 20 cm. Bibit ditanam dengan cara berjalan mundur, ketika tangan kanan Anda menanam bibit, maka tangan kiri memegang tanamannya. Cara ini terbukti lebih efisien, karena tidak memakan waktu terlalu lama. Anda bisa memasukkan tanaman dalam lubang tanam dengan jumlah 4 batang dan menancapkannya ke dalam lubang hingga kedalaman 4 cm.
  • Perawatan tanaman beras ketan. Perawatan tanaman beras ketan hingga siap panen dengan ciri tumbuhan sudah mencapai ketinggian hingga 1,8 m. Anda perlu melakukan pemupukan secara rutin menggunakan pupuk kandang dicampur dengan ZA dan Urea dengan perbandingan 2:1:1. Lakukan juga proses pengurasan air seminggu sebelum panen. Panen dilakukan dengan cara memotong batang padi beras ketan atau mencabutnya. 

Jangan lupa untuk menyortir beras ketan yang akan dijual atau dikonsumsi sendiri. Langkah-langkah di atas merupakan cara sederhana dalam melakukan budidaya beras ketan. Jika Anda ingin berbisnis beras ketan, tentunya Anda juga perlu mengetahui harga beras ketan di pasaran.

Harga Beras Ketan di Pasaran

Penting bagi Anda untuk mengetahui harga beras ketan di pasaran, ini dapat Anda jadikan sebagai patokan dalam menentukan ketan Anda. Perlu Anda ketahui pula, harga ketan di pasaran berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Ketan putih, harganya lebih mahal dibanding ketan hitam. Beras ketan putih saat ini memiliki harga mulai Rp9.800 hingga Rp15.000 per 1 kg, sedangkan ketan hitam memiliki harga mulai Rp7.500 hingga Rp11.800. Harga tersebut tidak terikat dan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, ini tergantung dari permintaan pasar serta toko yang Anda kunjungi.

Baca juga  Info Terbaru Pergerakan Harga Komoditas Karet
loading...
author

Leave a reply "Harga Beras Ketan 1 kg di Pasaran"