Info Terkini Biaya Cuci Gigi (Scaling) di Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit

Ada banyak cara untuk membuat gigi lebih sehat dan tetap terawat, salah satunya dengan rutin melakukan cuci gigi. Memiliki istilah medis scaling gigi, ini adalah prosedur yang tidak hanya melakukan pembersihan gigi, melainkan juga pengecekan kondisi mulut dan gigi, menyikat gigi, menggunakan benang gigi, hingga pembilasan. Bisa dilakukan di puskesmas, rumah sakit, maupun klinik gigi, biaya atau harga cuci gigi berada di kisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: Karang Gigi (credit: Stuff)
Ilustrasi: Karang Gigi (credit: Stuff)

Bahaya Karang Gigi

Seperti diketahui, sisa makanan yang menumpuk rentan menimbulkan karang gigi, dan akhirnya menyebabkan beragam masalah gigi yang akan menyiksa di kemudian hari. Karang gigi sendiri adalah plak gigi yang menumpuk dalam waktu lama dan mengeras, Plak gigi sebenarnya masih dapat dibersihkan dengan menyikat gigi sehari dua kali. Namun, jika Anda jarang menggosok gigi atau bahkan tidak pernah menyikat gigi, plak gigi akan mengeras dan menjadi karang gigi.

Bacaan Lainnya

Dilansir Alodokter.com, karang gigi terjadi karena gigi tidak dibersihkan dengan menyikat dan kumur-kumur. Bakteri di dalam plak nantinya akan menghasilkan asam yang berpotensi merusak gigi, menyebabkan gigi berlubang, serta membuat racun yang mampu merusak gusi. Ketika plak di gigi bercampur dengan mineral dalam air liur, maka akan terbentuk endapan keras yang dinamakan karang gigi atau kalkulus.

Jika karang gigi ini sudah terbentuk, maka diperlukan bantuan dokter untuk menghilangkan gangguan tersebut, salah satunya dengan teknik scaling. Apabila Anda mengabaikan karang gigi ini, akibatnya bisa fatal. Tidak hanya menyebabkan peradangan pada jaringan gigi dan gusi, melainkan juga bisa meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung.

Baca juga  Info Biaya Konsultasi Psikologi ke Psikolog & Psikiater Terkini

Sekilas Tentang Prosedur Scaling

Seperti dituturkan di atas, untuk menghindari karang gigi menjadi semakin parah dan mencegah menimbulkan peradangan, diperlukan proses pembersihan gigi dengan cara scaling. Ini adalah metode atau cara membersihkan karang gigi yang ada pada bagian putih gigi, khususnya pada perbatasan dengan bagian gusi.

Ketika proses pembersihan mulai dilakukan, masih menurut sumber yang sama, dokter biasanya akan memberikan obat bius lokal untuk menghilangkan rasa selama proses pembersihan karang gigi, dan mungkin juga antibiotik jika Anda memiliki kondisi tertentu. Alat yang digunakan untuk melakukan scaling ini pun beragam. Sebagian dokter menggunakan alat pengikis standar dan sebagian lainnya menggunakan alat ultrasonik untuk menghilangkan karang gigi.

Ilustrasi: Prosedur Scaling Gigi (credit: johntgreendds)
Ilustrasi: Prosedur Scaling Gigi (credit: johntgreendds)

Secara umum, kedua metode scaling gigi ini memiliki efektivitas yang sama dalam membersihkan karang gigi. Namun, metode scaling konvensional dengan cara manual diklaim dapat membersihkan karang dan plak gigi dengan lebih rapi, dibandingkan dengan alat ultrasonik. Karena itu, sebelum melakukan prosedur ini, bicarakan dahulu metode apa yang akan digunakan dokter gigi Anda, agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Pembersihan karang gigi ini biasanya dilakukan sehari langsung pada satu kali kunjungan. Lama pembersihan atau pencucian gigi tergantung banyaknya karang gigi, biasanya sekitar 30 menit. Namun, durasi waktu pembersihan bisa berlangsung selama 2 jam jika karang gigi sangat banyak, disertai dengan stain atau noda gigi pada pasien perokok berat.

Baca juga  Pendaftaran dan Biaya Kuliah Universitas Sahid (USAHID) TA 2022/2023

Untuk meningkatkan kebersihan gigi, Anda mungkin juga akan memerlukan proses polish (poles gigi). Polish ini dilakukan dengan tujuan untuk menghapus noda atau tanda yang dihasilkan oleh karang gigi. Proses scaling dan juga polish gigi mungkin juga perlu dilakukan lebih dari satu kali, jika plak dan karang gigi sudah menumpuk.

Manfaat Scaling Lainnya

Selain membersihkan karang gigi, scaling juga dikatakan mampu mengobati masalah lainnya yang terkait dengan gigi, salah satunya adalah gingivitis. Ini adalah masalah gigi yang disebabkan oleh karang gigi, dan apabila disepelekan, akan membuat iritasi dan menyebabkan peradangan gusi. Penyakit ini membuat gusi menjadi merah, bengkak, dan mudah berdarah.

Masalah lain yang bisa dicegah dengan scaling adalah periodontitis. Ini adalah masalah yang lebih parah jika gingivitis tidak segera diobati. Penyakit ini dapat menyebabkan adanya jarak antara gusi dan gigi yang disebut dengan kantong. Ketika kantong tersebut dipenuhi dengan bakteri, sistem kekebalan secara alami akan melepaskan zat kimia untuk melawan bakteri tersebut. Nah, reaksi dari zat kimia yang dilepaskan tubuh dan bakteri ini dapat merusak tulang gigi.

Penyakit yang lebih gawat jika gigi tidak pernah dicuci adalah penyakit jantung. Bakteri yang terkandung dalam karang gigi dapat menginfeksi jaringan penyangga gigi dan dapat menyebar ke seluruh tubuh. Bakteri tersebut kemudian masuk ke aliran darah dan dapat menyebar ke organ yang lain, salah satunya adalah jantung.

Seperti dijelaskan di atas, cuci gigi atau scaling gigi bisa Anda lakukan di puskesmas, rumah sakit, maupun rumah sakit. Biaya untuk melakukan prosedur ini memang bervariasi, namun rata-rata berada di angka ratusan ribu rupiah. Bahkan, jika Anda merupakan peserta BPJS, biaya untuk cuci gigi bisa gratis. Berikut kisaran biaya atau harga cuci atau scaling gigi.

Ilustrasi: Dokter Gigi Melakukan Prosedur Pembersihan Karang Gigi (credit: parodontaxarabia)
Ilustrasi: Dokter Gigi Melakukan Prosedur Pembersihan Karang Gigi (credit: parodontaxarabia)

Biaya Scaling Gigi

Lokasi Kisaran Biaya Scaling
BPJS Kesehatan Gratis (1 tahun sekali)
Puskesmas Rp50.000 per rahang
RS Lancang Kuning Pekanbaru Rp250.000
Griya Denta Pondok Gede & Duren Sawit Rp255.750
RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati Rp275.000
RSIA Cinta Kasih Tangerang Selatan Rp300.000
O-Smile Dental Yogyakarta Rp300.000 – Rp400.000
Klinik Sola Gracia Jakarta Rp400.000
Baca juga  Update Harga Vaksin Influenza untuk Cegah Penyakit Flu

Informasi biaya pembersihan karang gigi atau scaling di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk pengumuman resmi masing-masing klinik dan rumah sakit. Perlu Anda catat bahwa biaya scaling tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu, biaya scaling di puskesmas berkisar Rp100 ribu hingga Rp150 ribuan, biaya di rumah kira-kira Rp250 ribu hingga Rp500 ribuan, sedangkan biaya di klinik gigi swasta mulai Rp400 ribuan.

Menurut drg. Callista Argentina, konsultan di situs Klikdokter.com, memang tidak ada patokan pasti mengenai biaya melakukan cuci gigi. Meski demikian, ia menyarankan bahwa waktu ideal untuk membersihkan karang gigi ini adalah setiap enam bulan sekali untuk keadaan susunan gigi yang normal. Sementara, apabila ada kelainan pada susunan gigi, misalnya gigi renggang dan gigi bertumpuk (yang lebih cepat membentuk karang gigi), maka pembersihan bisa dilakukan tiga bulan sekali. 

[Update: Panca]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.