Harga Benzoyl Peroxide (5 gr & 10 gr), Obat untuk Jerawat

, meski masalah ini umum diderita, terutama oleh remaja, namun bisa sangat menjengkelkan. Karena, tidak hanya membuat penampilan menjadi menurun, gangguan yang sering muncul pada kulit wajah tersebut juga bisa bikin kepercayaan diri sirna. Nah, untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa mencoba memakai benzoyl peroxide yang kini telah tersedia bebas di pasaran dengan harga yang ternyata sangat terjangkau.

Mengoleskan krim obat jerawat (sumber: momspresso.com)

Mengoleskan krim jerawat (sumber: momspresso.com)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jerawat atau mungkin sering mengalaminya. Jerawat, seperti dilansir dari Alodokter.com, dapat dikatakan sebagai masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian , seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Punya nama Acne vulgaris, masalah ini tidak hanya dapat terjadi pada kaum wanita, melainkan juga kaum Adam.[1] Acne dikatakan dapat hinggap pada 80 persen populasi pada suatu saat. Gambaran khas adalah timbul pada remaja, seringkali muncul sebagai tanda-tanda awal pubertas, dengan beragam lesi yang hilang-timbul.[2]

Kasus jerawat tertinggi memang terdapat pada perempuan dengan usia antara 14 hingga 17 tahun dan laki-laki pada umur 16 hingga 19 tahun. Meski demikian, masalah ini juga dapat timbul ketika usia Anda memasuki 40 tahun ke atas dan juga dapat menetap pada usia lanjut. Sebanyak 10 persen kasus jerawat diketahui hinggap pada mereka yang berusia 30 hingga 40 tahun.

Meskipun jerawat tidak menimbulkan fatalitas, namun Acne vulgaris ini cukup merisaukan karena berhubungan dengan menurunnya rasa kepercayaan diri akibat berkurangnya keindahan pada wajah penderita. Bahkan, Acne yang diperiksa di pusat pelayanan tersier, disebutkan cenderung mengalami depresi, kecemasan, menarik diri dari pergaulan sosial, kemarahan, serta cenderung tidak memiliki pekerjaan dibandingkan mereka yang tidak berjerawat.[3]

Baca juga  Update Biaya Sedot Kotoran Telinga di Dokter THT

Dari hasil survei, terdapat 40 hingga 80 persen kasus jerawat di kawasan Asia Tenggara. Sementara, menurut catatan studi dermatologi kosmetika Indonesia, ada 60 persen penderita Acne vulgaris pada tahun 2006, kemudian meningkat menjadi 80 persen pada tahun 2007, dan kembali naik menjadi 90 persen pada tahun 2009. Dari jumlah tersebut, penderita terbanyak adalah wanita berusia 14 hingga 17 tahun, dengan total 85 persen kasus.[4]

Penyebab Jerawat

Jika berbicara mengenai penyebab jerawat, sangat banyak dan multifactorial. Masalah ini antara lain dapat dikarenakan faktor genetik, faktor bangsa ras, faktor makanan, faktor iklim, faktor kulit, faktor kebersihan, faktor penggunaan kosmetik, faktor stres, faktor infeksi, dan faktor pekerjaan. Selain itu, sejumlah kebiasaan juga dapat memicu munculnya jerawat di kulit Anda.

Beberapa rutinitas yang dikatakan dapat membuat jerawat timbul antara lain terlalu sering mencuci muka, memencet jerawat, serta menggunakan telepon seluler atau ponsel yang kotor. Selain itu, rambut yang menetes pada wajah, menggunakan make up secara berlebihan, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan olahan, serta kurang telaten mengobati jerawat juga dapat memunculkan jerawat atau membuatnya bertambah parah.

Masalah jerawat di wajah (sumber: wakegreatskin.com)

Masalah jerawat di wajah (sumber: wakegreatskin.com)

Pengobatan Jerawat

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati jerawat. Jika Anda menyukai cara tradisional, sejumlah masker dari buah-buahan dan sayuran dapat Anda coba. Salah satu tanaman yang dapat Anda pakai sebagai masker adalah tanaman Wasabi. Tidak hanya dapat mengobati jerawat, tanaman ini dikatakan dapat mengaktifkan antioksidan di dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangga dan bakteri, serta melindungi dari berbagai serangan kanker.[5]

Baca juga  Update Harga Suplemen Asam Folat Folavit di Apotek

Bahan lainnya yang dapat dipakai adalah campuran daun kelor, daun salam, dan tepung Garut. Masker dari ketiga bahan ini dikatakan layak dipakai untuk kebutuhan mengurangi jerawat pada wajah. Berdasarkan uji inderawi, ketiga bahan memiliki kemudahan pengolesan dan tekstur yang cukup halus. Sementara, berdasarkan uji klinis, masker ini mampu membuat jerawat mengering selama satu bulan pemakaian.[6]

Indikasi dan Benzoyl Peroxide

Jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk membuat masker, Anda bisa memakai krim atau gel dengan kandungan benzoyl peroxide untuk mengatasi jerawat pada kulit Anda. Ini merupakan obat luar (topikal), bisa sebagai satu-satunya kandungan atau dicampur dengan kandungan lainnya, misalnya antibiotik, untuk mengatasi jerawat. Obat ini berfungsi mengurangi peradangan, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan membuka pori-pori kulit yang tertutup.

Benzoyl peroxide dianggap efektif karena punya tingkat penetrasi yang tinggi, sehingga bisa bekerja sampai menyerap ke folikel rambut. Meski bisa mengobati beragam jerawat, namun perlu diperhatikan kadar serta jangka waktu pemakaiannya. Biasanya, benzoyl peroxide hadir dalam kadar 2,5-10%. Sesuaikan kadarnya dengan kebutuhan dan jenis jerawat yang ingin diobati.

Untuk menghilangkan jerawat, benzoyl peroxide dapat digunakan selama 6 minggu. Namun, beberapa penderita dapat disarankan untuk terus menggunakan obat ini dengan frekuensi yang lebih jarang, untuk mencegah jerawat kembali muncul. Jika Anda membutuhkan keterangan lebih lanjut, dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit.

Yang perlu diingat, gunakan obat ini secukupnya karena penggunaan yang berlebihan dapat memicu iritasi kulit. Hindari pula paparan sinar matahari selama menggunakan obat ini, karena bisa menyebabkan kulit wajah menjadi lebih sensitif. Selain itu, jangan sampai obat ini mengenai rambut atau pakaian karena dikhawatirkan akan mengubah warna rambut atau pakaian tersebut.

Baca juga  Update Harga Retainer Gigi (Fixed & Removable)

Selain dapat membuat kulit kering, beberapa efek samping yang bisa muncul dari pemakaian benzoyl peroxide adalah gatal, sensasi rasa terbakar di kulit, serta kulit menjadi kemerahan dan mengelupas. Namun, efek samping tersebut biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah pasien selesai menjalani pengobatan jerawat.

Produk benzoyl peroxide

Produk benzoyl peroxide

Harga Benzoyl Peroxide

Kemasan Benzoyl PeroxideHarga
Benzoyl Peroxide (BENZOLAC) 2,5%  5 gramRp18.000 – Rp25.000
Benzoyl Peroxide (BENZOLAC) 5% 10 grRp40.000 – Rp60.000

Harga benzoyl peroxide di atas kami rangkum dari sejumlah sumber, termasuk beberapa apotek terkenal dan situs jual beli online. Perlu diingat bahwa harga benzoyl peroxide tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, bisa langsung meluncur ke toko obat atau apotek terdekat di sekitar rumah Anda.

[1]Susanto, R. Clereve dan GA Made Ari M. 2013. Penyakit Kulit dan Kelamin. : NuhaMedika.

[2]Graham-Brown, Robin, Johnny Bourke. 2011. Dermatologi Dasar untuk Praktik Klinik. Jakarta: EGC.

[3]Andri. 2009. Cara Pandang Psikologis Akne Vulgaris: Berhubungan dengan Stres dan Gejala Psikiatrik. Jurnal Kedokteran Medik, Vol. 16(2).

[4]Saragih, Dicky F., Hendry Opod, Cicilia Pali. 2016. Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri dan Jerawat (Acne vulgaris) pada Siswa-Siswi Kelas XII di SMA Negeri 1 Manado. Jurnal e-Biomedik, Vol. 4(1).

[5]Asmawati. 2016. Efektivitas Sediaan Masker Anti Jerawat yang Mengandung Ekstrak Batang Wasabi (Wasabia Japonica (Miq) Matsum) terhadap Pertumbuhan Propionibacterium Acnes. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Masyarakat, Vol. XI(2): 65-72.

[6]Marwiyah dan Megawati Kusuma Pertiwi. 2019. Masker Daun Kelor, Daun Salam, dan Tepung Garut untuk Mengurangi Jerawat pada Wajah. TEKNOBUGA, Vol. 7(1): 39-45.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Benzoyl Peroxide (5 gr & 10 gr), Obat untuk Jerawat"